Usia 40 , Pilih Sehat atau Cantik, Metabolisme Tubuh Rahasianya

https://www.remahkata.com/
 women in frame


Usia 40, sering dikaitkan dengan menurunnya tingkat kecantikan dan kesehatan seorang wanita. Mungkin mom pernah merasa berat badan naik tanpa sebab di usia 40? atau berat badan stuck di angka tertentu?

Enam bulan lalu waktu saya mengukur berat berat masih ada di angka 55 kg namun saat ini bergeser 5 garis ke kanan. Sontak saya bete, kenapa jadi tambah berat yah... Sejak itu saya anti kalau liat timbangan berat badan, berasa ketemu mantan bawaannya pengen buang muka, ya gak sih...

Tidak ada yang berubah dengan porsi makan saya, 3 sendok makan nasi putih, lauk plus 2 porsi sayur rebus. Olahraga hanya sabtu minggu sih, bersepeda atau jogging. Tidak makan malam diatas jam 6 sore. Kalau ngemil, nah ini masih harus dikurangi.

Saya coba cari tau dari beberapa sumber ternyata salah satu penyebabnya bisa dari metabolisme tubuh. Apa hubungannya ya? apa metabolisme berpengaruh dengan umur seseorang? Memang usia saya tidak lagi termasuk usia mahmud alias mamah muda tapi sudah masuk usia siaga 1.
 
Metabolisme tubuh mulai mengalami penurunan fungsi di usia 40. Itu sebabnya banyak kaum hawa yang takut memasuki usia 40. Namun tak sedikit yang semakin mempesona di usia ini sebut saja Yuni Shara, Sophia Latjuba, yang tidak kalah cantiknya dengan gadis belia. Apakah hanya wanita, bagaimana dengan para pria? 
 
Saya sendiri memandang usia 40 sebagai alarm tubuh untuk lebih disiplin menjalani pola hidup sehat. Ini investasi jangka panjang saya di usia lanjut nanti. Bonusnya kecantikan yang lebih awet , setuju ...
 

Apa itu metabolisme tubuh?

Setiap mahluk hidup membutuhkan energi untuk keberlangsungan hidupnya. Energi dibutuhkan agar sel dan jaringan tubuh tetap sehat. Berkembang serta fungsinya dapat berjalan dengan baik seperti fungsi pernapasan, detak jantung, fungsi otak dan lainnya.
Proses kimiawi  yang terjadi di dalam sel tubuh tiap organisme untuk mengubah makanan dan minuman menjadi energi inilah yang disebut metabolisme. Tujuan metabolisme selain mengubah seluruh makanan menjadi energi, juga mengubah makanan menjadi bahan baku penyusun protein dan mengeliminasi limbah.

Ketika seseorang memasuki usia 40 tahun metabolisme tubuh mulai melambat. Penurunan fungsi ini mempengaruhi tubuh dalam mengolah makanan untuk menghasilan energi, menjadi lebih lambat. Akibatnya terjadi penurunan massa otot dan membentuk lapisan lemak lebih banyak. 

Bisa jadi ini yang menyebabkan berat badan sulit turun. Semakin lanjut  usia seseorang maka metabolismenya akan semakin menurun. Banyak perubahan yang terjadi  saat usia seseorang bertambah banyak. 

Tak hanya perubahan pada fisik yang terlihat signifikan namun beberapa fungsi organ tubuh juga mengalami penurunan. Hal ini dapat menyebabkan gangguan pada kesehatan fisik maupun mental.  

Selain masalah berat badan resiko penyakit lain pun meningkat seperti jantung, kolesterol sampai kanker. Selain itu beberapa sumber menyatakan usia 30 tahun tubuh kita akan kehilangan jaringan ikat yaitu sel sel otot sehingga massa otot akan menurun tiap per 10 tahun. 
https://www.remahkata.com/

 

Khusus kaum wanita, dalam beberapa kasus kelebihan berat badan bisa merembet ke gangguan kesehatan tulang, sendi. Tubuh yang berat akan memberi tekanan lebih pada tulang hal meningkatkan resiko cedera akibat sendi lutut yang bekerja ekstra untuk menopang tubuh.

Menjaga metabolisme mulai usia 30

Beberapa tanda penurunan  metabolisme dapat terlihat dari kenaikan berat badan tanpa sebab, kelelahan kronis, depresi, kulit kering, rambut rontok, sakit kepala. Berikut beberapa cara yang saya rangkum dari berbagai sumber.

Perbaiki Kualitas Tidur 

Kesehatan optimal bisa didapat dari jam tidur yang teratur setiap harinya. Tidur dapat memulihkan kembali kondisi tubuh yang lelah. Dalam tidur pula tubuh memproses makanan dan melakukan regenerasi sel sel.

Dikutip dari detik health, jam internal tubuh yang berubah dapat merusak  bagaimana cara tubuh memproses makanan itulah sebabnya tidur mempengaruhi metabolisme.

Idealnya orang dewasa tidur 7-9 jam sehari. Selain frekuensi yang teratur tidur juga harus nyeyak dengan kata lain mendapatkan deep sleep.Bisa ditandai dengan kondisi tidur yang tidak sering terbangun. Kalau pun terbangun hanya sebentar dan tak lebih dari satu kali. waduh, kalau saya bisa 3-4 kali bangun gara gara si kecil, ada sama?

Saat tidur tubuh Kita bekerja lebih lambat, nah disinilah sel-sel penyembuh bekerja memperbaiki sel yang rusak. Jadi pastikan tidur kita cukup dan berkualitas ya. Tidur berkualitas dapat membangun suasana hati lebih baik pada keesokan hari, sehingga terhindar dari stress.

Stress dapat mempengaruhi keberhasilan diet. Saat stress hormon ghlerin meningkat. Salah satu hormon yang mempengaruhi rasa lapar dan kenyang. 


Tidur yang cukup dapat menjaga berat badan  tetap ideal, mengapa demikian? tubuh sudah mendapat cukup energi dari tidur sehingga tidak memerlukan kalori atau pun lemak dari makanan untuk mendapatkan energi.
Ini penting Karena keinginan untuk ngemil pun berkurang. Apalagi bagi saya yang sedang menjalani program penurunan berat badan.
 

Perhatikan Asupan Makanan 


Ada istilah "Kamu adalah apa yang kamu makan". Ini ada benarnya karena tubuh pada hakikatnya membutuhkan makan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi dan energi. Sedangkan yang terjadi sebagian besar adalah makan karena nafsu indera pengecap/perasa. Semata memuaskan rasa lapar dan keinginan otak. itu sebabnya makanan tersebut mungkin saja menjadi manifestasi penyakit dikemudian hari.
 
Perhatikan 3J  (Jadwal, Jumlah, Jenis) makanan. Mungkin ada yang tau kalau ini rumus makan bagi penderita  diabetes. Jangan pernah melewatkan jadwal makan sarapan, makan siang dan makan malam. Perhatikan jumlahnya, takaran nasi, sayur, laup pauk per setiap kali makan. Dan yang terakhir jenisnya seperti daging, sayur mayur, kacang-kacangan, biji-bijian, dan buah.
 
Makan dalam porsi kecil namun sering membuat pencernaan memproses secara optimal. Cukupi kebutuhan cairan karena tubuh manusia 80% terdiri dari air.
 

Olahraga

www.remahkata.com
sumber: remahkata.com 
 
Salah satu jenis olahraga yang dapat dilakukan untuk mempercepat metabolisme  adalah berlari. Lakukan 45 menit setiap harinya dan tingkatkan kecepatannya secara bertahap. Dengan berlari secara rutin lemak dalam tubuh dapat terbakar menyeluruh. 
 
Bagi kaum perempuan jalan kaki 10,000 langkah sehari setara 6 km ideal untuk mencegah osteoporosis. karena dapat menjaga kepadatan tulang dan tentunya memperlancar peredaran darah. secara  otomatis terjaga kesehatan jantung dan paru - paru. 
 
Olahraga penting tidak hanya untuk golongan usia tertentu namun semua usia. Mulai dari anak-anak, remaja, dewasa sampai Usila. Olahraga disesuaikan dengan usia dan kondisi kesehatan tertentu. 
 
Berenang termasuk olahraga yang baik untuk mempercepat metabolisme tubuh. Selain itu terbaik karena minim cidera, juga banyak membakar kalori saat melakukannya namun tidak semua orang bisa berenang. baca juga : renang untuk kesehatan
 
Oh ya , jangan kecewa dulu jika menjalankan program penurunan berat badan tapi beratnya lama turun. Bisa jadi massa otot anda bertambah karena itu mempengaruhi timbangan berat badan.
 
Bagi yang tidak bisa berenang seperti suami saya, jogging, running bisa jadi pilihan dan ini terbukti effektif lho, menurunkan berat badan. 
 
Untuk usia 40 tahun bisa lakukan olahraga yang fokus pada aktivitas kardio (berkaitan dengan otot jantung dan paru-paru) seperti jalan kaki, berlari, bersepeda, berenang. Sedangkan untuk kesehatan tulang fokus olahraga dengan menggunakan beban (Fitness, squat, running, yoga dll). 
 

Kelola stress dan jalani pola hidup sehat

Hidup haruslah seimbang tak hanya jasmani namun juga rohani harus diperhatikan dan dicukupi kebutuhannya. Bisa lakukan latihan pernapasan 1-2 kali seminggu  untuk membantu melepaskan tekanan dalam diri.

Perbanyak kegiatan yang memicu pelepasan hormon endorphin yaitu hormon yang bekerja melawan hormon stres, dan menghasilkan zat serotonin yang dapat membantu meredakan perasaan stres dan depresi.

Yoga bisa jadi pilihan untuk latihan pernapasan. Selain itu teknik mencintai diri sendiri atau self love juga bisa membuat hidup lebih relaks karena dengan mencintai diri kita, cara pandang dan cara kita bersikap bisa lebih ringan, tidak memberi tekanan pada diri sendiri. Sebuah proses menerima diri kita apa adanya disebut self love.

Banyak cara mengelola stress walau tak mudah. salah satunya dengan beribadah, relaksasi, meditasi. Nah bagi kaum Muslim, boleh banget nih melakukan tambahan tips menjaga metabolisme tubuh di usia 40 dengan berpuasa rutin 2-3 kali seminggu. Sudah tak asing di telinga bahwa puasa memberikan efek detoks pada tubuh, setuju ya.
 
Selain menjaga metabolisme yang berhubungan  dengan kesehatan, Kecantikan di usia 40 juga tidak kalah penting. Terutama area kulit wajah, tubuh, rambut, organ intim dan kesehatan mata.
Semangat dan konsisten menjalani hidup sehat duhai perempuan usia 40, demi kesehatan dan kecantikan yang hakiki.
 
Yuk, kita mulai lebih sehat sekarang juga untuk investasi masa depan.


Comments

Wah, Mbaknya lagi penurunan berat badan ya? :) Mau diturunin sampai berapa kilo, Mbak?
nchie hanie said…
Semenjak 6 tahun lalu mulai memasuki usia 40, udah mempersiapkan diri, kalo usia 40 begini begitu.
Kenyataannya ya sama saja happy, yang penting tanamkan dalam diri untuk selalu sehat jiwa dan raga. Kalo aku olahraganya suka yang kalem tapi nendang kek Yoga, sekalian healing ato buat detox dengan puasa.
Raja Lubis said…
Tapi makcik kelihatan seperti ABG 20-an lho. Heheh
Raja Lubis said…
Tips-tips di atas lebih baik dijalanan sedini mungkin sejak usia muda sih. Saya juga mulai terbiasa melakukannya ya dari yang kecil - kecil dulu semisal kalau olahraga cukup jalan kaki, jogging, dan skipping depan rumah.

Terus mulai tidur teratur. Yang paling susah memang asupan makan. Karena anak kost, jadi makan apa yang ada. Hehe
adhealbian said…
Udah lama banget nih nggak olahraga. Lagi mencoba untuk jalan kaki setiap hari dan mengubah kebiasaan jam tidur. Tidur pagi terus, jadi pas mau jalan kaki eh udah sibuk ngerjain ini dan itu eh malah jd lupa pengen olahrga jalan kaki. Tips ini mau aku coba jalanin mba tujuannya tentu biar bisa sehat. Thanks yah mba ;)
pilih keduanya mbak, ya pingin cantik .... juga pingin sehat :D :D

rakus ya?

agar sehat dan cantik, penting banget emang menjaga pola makan serta disiplin olah fisik

karena sehat dan cantik ngga datang begitu saja
Erly Damayanti said…
Saya fokus pengen bugar di usia 40 an makanya berusaha kelola stress agar tidak berlebihan, yang masih susah itu ngatur pola tidur yang berantakan hehee.. kalo cantik, siapa yang gak pengen cantik, walau gak muda lagi tapi pengen tetap cantik dan segar di usia 40 an hehee..
Shyntako said…
aku tim fokus di sehat mba, kalo sehat kita bisa mempercantik diri kok hehehe, dan memang metablisme adalah kuncinya ya mba
Makasih mbak Julia, berasa diingatkan kembali nih dengan postingan ini untuk hidup lebih sehat lagi. Banyak yang bilang katanya umur 40, penyakit akibat gaya hidup kita yang kurang baik akan muncul. Semoga saja kita termasuk yang selalu sehat ya
Alya said…
tips-tips sehatnya bagus banget, mbak. Boleh nih pingin saya belajar sambil terapin untuk menjelang memasuki umur 40 tahun nanti
Visya Al Biruni said…
You are what you eat, jleb banget. Meskipun masih 20-an tapi memang segala sesuatunya harus dimulai sejak dini termasuk jaga pola dan asupan makanan.

Tentunya aku pilih sehat, hehe.
Iva C Wicha said…
Bru aja masuk kepala 3 bner2 harus lebih ketat lgi pola makan dan tidurku nih mba
Marantina said…
Metabolisme itu memang sangat memengaruhi kesehatan dan kecantikan, mom. Resep sehat dan cantik di usia matang sih udah sering baca ya, prakteknya nih yang masih belum konsisten
Ima Rochmawati said…
"Kamu adalah apa yang kamu makan"
Dulu pernah food combining bareng suami selama masa pengobatannya, badan jadi terasa lebih segar. Tapi godaan bala-bala itu kada terlalu kuat. Menjadi sehat sekaligus cantik butuh perjuangan, minimal mengatur jadwal pertemuan dengan gorengan. Semangat 40 yuk.
Kualitas tidurku mulai beraturan lagi nih. Jadi harus mulai diperbaiki, sebelum masuk usia 40 ya
Antung apriana said…
waduh sama masih 30an aja sudah susah banget mbak nuruning berat badan. huhu. entah ini apakah faktor kb suntik juga jadinya saya tambah gemuk. tapi memang sih kemarin sempat nggak kekontrol makannya pas awal pandemi
CacaDit said…
Setujuu saran mu. Aku oun umur 30an aja merasa disentil. Semangat kardio
Sariah Ridwan said…
I6a bener banget makin bertambah umur harus banyak konsumsi dan pola hidup sehat yaa... aku menjelang2 niih😁, semoga kita diberikan kesehatan selalu yaaa🥰
Rizkhaandhini said…
Pengennya sih dua2nya mom 😁 thanks tipsnya
Renayku said…
Wah tips ini mah berlaku untuk semua usia deh supaya tetap sehat dan produktif. Thanks for sharing