“World Of Imagination” Dunia Dongeng Dan Imajinasi Anak


“Papah jadi King Ghidorah, terus Kei jadi Godzilla yah”. Percakapan itu sampai ke telinga saya, sembari  meracik sop di dapur.


Itulah anak anak dunia mereka hanya bermain, bermain dan bermain. Dunia bermain yang penuh imajinasi, alami, spontan dan menabjubkan terkadang tak masuk akal orang dewasa. Bermain dan berimajinasi adalah sarana anak untuk  belajar.
Disebutkan dalam sebuah artikel di theasiaparent, Imajinasi lahir dari proses mental yang manusiawi dan merupakan bagian dari aktivitas otak kanan yang bermanfaat untuk kecerdasannya. Beberapa manfaat imajinasi diantaranya; membuat anak berpikir kreatif, mudah bersosialisasi dan berkomunikasi , lebih percaya diri.

Megalodon, Kraken (koleksi pribadi)


Kemampuan berpikir kreatif ini penting untuk tahap kehidupan selanjutnya dalam menghadapi dan memecahkan permasalahan. Untuk menumbuhkan Imajinasi diperlukan stimulus dan respon positif terhadap imajinasi mereka. Luangkan waktu bermain bersama anak dan hindari terlalu banyak melarang.

Salah satu  bentuk stimulus yang dapat dilakukan adalah mendongeng. Aktivitas mendongeng dipercaya berhubungan dengan kemampuan bahasa. selain itu dipercaya berhubungan dengan tingkat kecerdasan.

Dongeng dan perkembangan otak anak
Nutrisi dan stimulasi adalah faktor terpenting dalam proses tumbuh dan kembang anak selain faktor lain yang mempengaruhi seperti ; genetik, ras, usia, jenis kelamin, penyakit dan lingkungan. Bukan hal yang perlu dikhawatirkan jika Ibu dan Ayah tidak memiliki kecerdasan yang tinggi , dengan nutrisi dan stimulus yang tepat anak anak kita bisa lebih cerdas pastinya.

Source : remahkata.id

Kegiatan mendongeng meliputi beberapa hal termasuk neural coupling yaitu mendengarkan, memproses informasi, mengolah informasi menjadi data-data sesuai dengan imajinasinya. Itu yang disampaikan Dr. Herbowo Soetomenggolo SpA(K) saat jumpa pers di acara peluncuran World of Imagination, di kawasan senayan, (13/11/2019) lalu.

Source: Remahkata.id

Ketika mendengarkan ibu ayah mendongeng bagian otak kanan akan aktif, hal ini yang dapat merangsang tumbuhnya imajinasi pada Anak.

Selanjutnya ada pula proses mirroring , dimana otak si pendengar memiliki cara kerja yang sama dengan otak si pendongeng. saat mendengarkan.
Disaat yang sama otak akan melepaskan hormon seperti dopamine, kortisol, dan oksitosin. yaitu hormon yang mengatur perubahan emosi, kewaspadaan dan empati.

Aktivitas di cortex terjadi ketika otak memproses fakta sehingga dapat mengaktivasi bagian otak lainnya termasuk, motor cortex, sensory cortex, dan frontal cortex. selain itu penelitian menunjukan kegiatan mendogeng membantu kemampuan literasi yang sejalan kemampuan kognitif anak.




Begitu pula yang disampaikan Kak Aio yang memiliki nama lengkap Mochamad Ariyo Faridh, selaku pendiri komunitas Ayo Dongeng Indonesia. “Mendongeng bisa menjadi salah satu kegiatan orang tua dengan anak". Apalagi ditunjang dengan kisah-kisah yang menarik, karakter yang lucu unik.
Libatkan juga anak-anak saat mendongeng, ajukan pertanyaan tentang nama karakter atau alur cerita. Gunakan juga alat peraga sehingga dongeng menjadi lebih seru.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam mendongeng, adalah;
Ø  Waktu yang tepat, luangkan waktu khusus agar cerita dapat tersampaikan dengan tepat. Perlu diperhatikan suasana hati saat mendongeng, usahakan dalam keadaan senang.
Ø  Bangun komunikasi dua arah, tak hanya anak mendengarkan, sesekali Ibu atau ayah bisa melemparkan pertanyaan umpan balik. Boleh juga bergantian anak yang bercerita sebaliknya Ibu Ayah mendengarkan.
Ø  Pilih tema yang disukai Ibu dan Anak sehingga imajinasi bisa terbebaskan.
Ø  Menciptakan pengalaman bersama dan momen yg yak terlupakan bersama Ibu.

Mungkin beberapa Orang tua berpikir, mendongeng sulit dilakukan karena harus ada alat peraga, harus bisa menirukan mimik atau suara. Kalau meniru gaya mendongengnya Kak Aio ya jelas sulit, karena kita hanya Ibu rumahan, Ibu kantoran dan bapak kantoran hehe...

Make it Simple ya Ibu  dan Ayah, lakukan dengan gaya kita sendiri. Jika tidak ada ide bercerita, bisa bacakan buku cerita kesukaan anak, Ingat yang penting lakukan komunikasi dua arah. jika lelah membacakan buku bisa mengarang cerita bebas. karena imajinasi adalah bebas dan tak terbatas.

#SentuhanIbu World Of Imagination
Percaya bahwa kegiatan mendongeng dapat menumbuhkan daya imajinasi anak, NIVEA sebagai brand perawatan kulit terkemuka, berkomitmen untuk mendukung kegiatan "bonding time" antara Ibu dan Anak. Nivea membantu merawat kulit Ibu agar tetap lembut saat Ibu menyentuh anak anaknya. Dalam aktivitas mendongeng Ibu bisa sambil melakukan sentuhan, pijatan lembut atau pelukan mesra yang akan selalu diingat oleh sang Anak, kelak Ia dewasa.

Ditahun sebelumnya NIVEA #SentuhanIbu menggelar drama musikal dongeng pohon Impian, berbeda Di tahun ini, NIVEA #sentuhanIbu akan menghadirkan taman bermain World of Imagination.


Resmi di buka oleh Holger Welters sebagai President Director PT Beiersdorf Indonesia, dan Brigitta Dewi Pricillia selaku brand Executive NIVEA Body and Creme, di Jakarta, 13 November 2019.




World of Imagination adalah taman bermain interaktif yang menggabungkan dunia imajinasi dengan  permainan dan seni digital. 
Taman bermain ini menyediakan empat tema, yaitu dunia Air, dunia Angin, dunia hutan dan dunia pasir. Dalam taman bermain ini akan ada misi misi yang harus diselesaikan oleh Sang Ibu juga Anaknya. Dalam permainan nantinya terdapat  rintangan serta petunjuk bermain, Ibu dan anak harus kompak menggunakan imajinasi mereka agar misi dapat terselesaikan.

Ada beberapa pihak yang terlibat dalam terwujudnya World Of Imagination ini diantaranya ; Komunitas Ayo Dongeng Indonesia sebagai penyaji  alur cerita, Komunitas waktunya Main untuk jenis jenis permainan didalam area dan Video Mapping seni digital laser oleh sembilan matahari.

Remahkata.id


Merchandise pembelian tiket #worldOfImagination

Untuk pembelian tiket dapat dilakukan secara online melalui Tokopedia maupun langsung ke Website NIVEA. Tiket untuk Paket Keluarga dibandrol dengan harga Rp.450,000.- (4 tiket NIVEA #SentuhanIbu World of Imagination, 3 buah NIVEA Creme, 2 buah buku mewarnai, 2 buah pensil warna dan 1 buah scarf). Sedangkan Tiket Individu dibandrol seharga Rp. 150,000.- (1 tiket NIVEA #SentuhanIbu World of Imagination, 2 buah NIVEA Creme, 2 buah buku mewarnai, 2 buah pensil warna dan 1 buah scarf).
Yuk, Ibu rayakan hari Ibu dan liburan sekolah bersama si kecil ditaman bermain interaktif NIVEA #SentuhanIbu World Of Imagination , di EcoPark, Ancol pada 20-22 desember 2019.
Sampai berjumpa di Ancol ya...


#NIVEA #SentuhanIbu #WorldOfImagination



Comments

Fenni Bungsu said…
World of imagination bisa makin merekatkan hubungan anak dan ibunya agar semakin akrab ya. Petualangan menyelesaikan misi ini nih pasti seru
Selvijua said…
Dunia dongeng memang dunia kesukaan anak2, dengan mendongeng ternyata banyak manfaatnya ya, jadi pengen ikutan eventnya yang di ancol itu, lebih hemat yang tiket 4 orang.
Miskah Khairani said…
Wah seru bgt acaranya
katatian said…
Yay ga sabar nih nunggu acaranya, sepertinya seru bangeet yah Mom.
Bloomy13 said…
wah.. keren nih acaranya. dongeng adalah salah satu cara bonding terbaik antara anak dan orang tua...
Keren ya World of Imagination, taman bermain interaktif yg menggabungkan dunia imajinasi dengan  permainan dan seni digital.. Terus ada misi yg misi dengan segala rintangan yg harus diselesaikan oleh Ibu dan Anak tuh jadi nilai tambah utk Bonding time ya Mom..
Pengen ahh ajak Abang kesini, bulan depan ya..
Nona Septiana said…
Acaranya temanya seru. Ga sabar nggu acaranya.
Ika Gifka said…
Benar banget. Anak-anak kalau dengar dongeng langsung anteng. Waktunya pas ini saat anak-anak libur sekolah, bisa masuk daftar tempat yang harus dikunjungi nih.
Anak2ku sangat suka didongengin. Setuj7 sekali dongeng itu mwnunbuhkan imajinasi dan proses kreatif, btw Mbak tiket individunya antara dewasa dan anak kecil apa sama harganya?
EkaKuncoro said…
Dongeng itu penting ya ternyata. Cuma anakku kalau dikasih dongeng, agak susah ,ujung-ujungnya minta setelin musik terus dia joged-joged. Kudu dilatih nih, biar dia ahak anteng juga.
dianisekaring said…
Seru ya Mbak acaranya. Memang menstimulasi anak itu penting bangeet, agar kemampuannya dapat berkembang sesuai dengan usianya.
K. Niken said…
Anak-anakku suka sekali kalau aku bacakan bukuku. Bahkan hampir setiap hari ada jadwal baca buku. Tapi kalau aku lagi ajak ke event mendongeng kenapa malah suka nggak fokus ya? Gimana iniiiii wkwkwkw
Diah Agustina said…
Dari Gendish masih di perut, aku sering banget ngajak ngobrol mbak, karena salah satu dosen ku, pernah berkata kalau mengajak anak bercerita walau da lari masih di dalam kandungan, itu sangat bagus sekali

Ngomongin dongeng, aku jadi penasaran nih sama Word of Imagination apalagi bertepatan dengan hari ibu ditambah lagi liburan anak sekolah pasti bakalan rame banget nih, jadi harus beli tiket dari sekarang
Khoirur Rohmah said…
Event ini cocok banget buat Adek adek saat liburan sekolah ya mbak. Mereka bisa dapat simulasi yg bisa berguna utk otak mereka.
Mending booking jauh jauh hari deh ini keknya ya buat tiketnya
Btw aku juga suka dongeng mbak. Tapi dongengin lonakan kwkkw
Herva Yulyanti said…
iya banget kalau lagi dongeng sama ana-anak suka pada imajinasi gitu hahaha...btw keren deh eventnya pengen datang cuman jauh euy di Ancol hahaha
Visya Al Biruni said…
Sejak punya anak kumakin memahami bahwa skill mendongeng penting banget dimiliki oleh orangtua, hehe. Beneran banyak manfaatnya apalagi soal bonding antara anak dan orangtua.
Irena Faisal said…
Sejujurnya aku jarang mendongeng untuk anak... karena biasanya aku tertidur duluan pada saat mendongeng T_T
Nyi Penengah said…
Keren ini acaranya.
Penyelenggara berbagai pihak dqn biaa ikutan itu kece banget ya Mba. Ak belum pinter mendongeng nih. Pengen bisa juga. Suka didongengin akunya wakakka
Julia.K said…
Iya , sepertinya baru kalinini Ada Di Indonesia ya
Julia.K said…
Iyah Masih Bulan depan, carat ya mom tanggal mainnya
Julia.K said…
This comment has been removed by the author.
Julia.K said…
Iyah Mom Atha, baru pertama nih Di Jakarta Ada Taman bermain seperti ini
Keke Naima said…
Suka banget dengan acara NIVEA ini. Gak sekadar mengisi liburan. Tetapi, juga bisa meningkatkan bonding ibu dan anak
Damar Aisyah said…
Alhamdulillah, mendongeng sudah jadi kegiatan rutin di rumah. Sekarang malah gantian, kadang-kadang anak dongengin Emaknya. Seru juga sih, jadi muncul ide baru.
Reni said…
Menarik sekali nih acaranya, anakku paling senang klo udh di dongengin,maka tak heran klo dia bawel ��
Okti Li said…
Kedekatan antara ibu dan anak sudah sejak dulu ada melalui perantara tradisi mendongeng sebelum tidur. Tradisi mendongeng ini bagus banget kalau dibiasakan lagi oleh para orang tua jaman now
dianisekaring said…
Penting banget memang mendongeng itu, aku biasanya mendongeng sambil bernyanyi sebelum si bayi tidur :)
Fenni Bungsu said…
Dengan kegiatan mendongeng baik yang mendongeng maupun si pendengar dapat manfaat yang sama ya kak. Keren deh sudah menerapkan di rumah.
Udah keep tanggalnya, mayan tuh paket familynya...pas buat liburan anak.
Dan, setuju sekali mendongeng menciptakan imajinasi dan memiliki manfaat banyak untuk anak
Ajenghimme said…
Aku belum sampai tahap mendongeng, tapi kalau baca buku wajib minimal sehari sekali. Anak-anak seneng dibacain buku, mungkin karena mereka tahu emaknya kalau baca buku tuh lebay, jadi seru. hehehe
Renayku said…
wah aku juga mau mendongeng ke anak-anak nanti karena aku tau manfaat mendongeng.. asik bgt bisa ngobrol dan bercerita dgn si kecil sebelum dia bobo jadinya dia pasti hepi dan mimpi indah deh :D
Visya Al Biruni said…
Ahhh iya banget dunia imajinasi anak anak memang luas, walau kadang kita orang dewasa dibikin bingung sekaligus takjub. Tentang manfaat dongeng aku setuju banget, buat stimulasi anaknjuga
Aini dian said…
Aku selalu salut sama orang tua yang sering mendongengkan anaknya. Selain menambah sisi kreatif pada anak, mendongeng juga dapat memperkuat bonding antara ibu dan anak. Kelak juga akan menjadi kenangan karena pernah didodengkan sang ibu. Eh iya ga sih?
Niwanda said…
Pas banget ini jadwalnya in sya Allah ketika anak sudah beres ujian semesternya, jadi semacam pembuka buat acara liburan, ya. Lihat konten promosinya jadi tertarik banget buat datang ke sana.
Mellisa said…
Kalau mendongeng itu sebenarnya sederhana juga bisa ya, yang penting gimana cara menyampaikan dongeng itu supaya anak juga bisa mengembangkan kemampuan menalarnya.
Udah liat videonya World of Imagination, seru banget ya buat ngisi liburan bareng anak.
Anak anak suka dibacain buku cerita, biasanya sebelum bobo malem. Banyak pembelajaran yang bisa diterapkan saat mendongeng. Biasanya saya sambil tanya gambar yang ada di buku cerita
Nyi Penengah said…
Dunia dongeng jadi sarana mengasah imajinasi ya Mba
aku pengen juga belajar mendongeng, tapi kok kayaknya ga bisa wakakak, soalnya harus memadupadankan gesture gitu ga sih. Paling seneng didongengin jadi nyenyak
Rika Handayani said…
Ga sabar nunggu acaranya di ancol mau dateng bawa rombongan 😍
Julia.K said…
Cuss mama, tinggal klik link langsung booking😉
Julia.K said…
Iya sebelum tidur Malam. Malah anakku bobo Siang juga Minta baca cerita
Julia.K said…
Hahaha iya Khalif juga Begitu, dirumah sambil boboan serius. Giliran Di event dongeng ambyar kabeh😂
Julia.K said…
Nah iya Kan , Sejak Dari Dalam kandungan pun penting
Julia.K said…
Hahaha iya Mba, rata rata jago Dan banyak ngomong anak-anak yg Komunikasi ya sudah baik
Julia.K said…
Wkwkwk jangan rombongan bajunya Buk
Julia.K said…
Dibuat simple aja Mam, seperti membacakan buku tapi sesekali lontarkan pertanyaan pertanyaan agar terjalin Komunikasi dua arahnya
Ria Andika said…
Berarti hampir semua anak punya daya imajinasi dan suka didongengin ya,pengen ke acara nivea itu deh semoga dapet invitationnya nih hehe
Syaiful BS said…
Bener kak, dulu aja pas aku kecil sering banget berangan-angan jadi dokter lah apa lah hehe. Dan sekarang peranan orang tua sangat memperngaruhi yaa kak
Andy Hardiyanti said…
Baca postingan ini dan lihat ada tulisan Megalodon itu bikin saya ingat obrolan sama ponakan dulu. Saya pikir dia ngasal aja nyebut nama Megalodon wkwkwk, ternyata emang ada toh yang namanya itu.