Modal 5000 Rupiah Bisa Investasi Emas

Mendengar kata investasi tak sedikit orang yang berpikir bahwa itu mainannya para pengusaha dan kaum elite sekelas juragan 99, kelas ekonomi minimalis tidak perlu repot-repot membayangkan punya investasi saham, obligasi apalagi emas.

Namun pada kenyataan sejak dulu orang sudah memiliki simpanan emas, tanah yang ternyata merupakan poduk investasi tanpa disadari mereka sudah berinvestasi hanya saja bukan dalam bentuk saham seperti yang dibayangkan kebanyakan orang.

https://www.remahkata.com/2023/02/modal-5000-rupiah-bisa-investasi-emas.html?m=1

Gold Jewelry (source : canva)

 

Apa itu Investasi

Investasi adalah penempatan sejumlah dana atau modal pada satu jenis atau lebih asset (bisa perusahaan atau bentuk benda atau proyek) selama jangka waktu yang ditentukan dengan tujuan mendapatkan keuntungan berlipat dari modal awal.

Mengapa Perlu Investasi

Investasi bisa dijadikan solusi keuangan karena dalam jangka panjang dana atau modal tadi sudah menghasilkan keuntungan. Lalu apa bedanya dengan menabung, toh menabung juga bisa menjadi solusi keuangan? 

Menabung artinya menyimpan uang untuk tujuan tertentu dalam jangka waktu tertentu. Jumlah uang yang didapat sama dengan akumulasi uang disetor selama periode menabung. 

Berbeda dengan investasi, modal atau dana awal yang disetor untuk jangka panjang diharapkan mendapat keuntungan (jumlah return lebih dari modal yang disetor).

Tujuan investasi tiap orang berbeda-beda ada yang jangka menengah ada jangka panjang  menyesuaikan dengan kebutuhan contoh untuk kepemilikan rumah, biaya hidup dimasa setelah pensiun, pendidikan anak dan sebagainya. 

Investasi ditujukan untuk mendapat keuntungan dimasa mendatang karena jika hanya mengandalkan tabungan nilai mata uang relatif akan terus turun sehingga kecil kemungkinan tabungan digunakan untuk jangka panjang.

Kapan Mulai Berinvestasi

Idealnya investasi dimulai sedini mungkin saat seseorang sudah berpenghasilan dan diusia yang masih produktif dengan harapan semakin cepat mulai semakin besar hasil yang didapat kemudian.

Sebelum memulai pertama-tama tentukan tujuan berinvestasi lalu pelajari dengan seksama instrumennya. Ada banyak jenis investasi diantaranya saham,obligasi,reksadana, property dan emas. Bagi pemula jenis investasi yang paling aman artinya kecil resiko seperti investasi emas dan reksadana.

Keuntungan Investasi Emas 

Emas dikenal sebagai instrumen investasi yang paling mudah dan rendah resiko.

Apa saja keuntungan berinvestasi dalam bentuk emas.

1. Aman 

Investasi emas disebut aman karena nilainya yang stabil cenderung naik. Harga logam mulia  jarang mengalami penurunan yang signifikan.

2. Mudah dicairkan

Keuntungan investasi emas lainnya dapat dicairkan menjadi uang tunai dengan mudah dan  kapan  saja.

3. Modal Kecil

Investasi emas sangat cocok untuk Ibu Rumah Tangga, karena dapat dimiliki mulai dari nominal dibawah seratus ribu.

4. Bisa dijadikan Jaminan 

Jika tidak ingin dicairkan tapi sedang butuh dana darurat emas bisa dijadikan jaminan, nantinya akan ditebus kembali serelah pemilil memiliki uang.

5. Mempertahankan Kekayaan

Nilai logam mulia emas yang cenderung stabil dapat menjadi asset kekayaan yang dimiliki dalam jangka panjang. Alasan itu pula yang menyebutkan dengan investasi emas dapat bertahan dari inflasi.

6. Macam-macam bentuknya

Investasi emas bisa dalam bermacam bentuk yaitu emas perhiasan yang bisa digunakan sekaligus berinvestasi, ada juga emas Batangan dan emas digital

Investasi Emas Mudah

https://www.remahkata.com/2023/02/modal-5000-rupiah-bisa-investasi-emas.html?m=1

Nabung 5000 (sumber: foto pribadi)


1. Kumpulkan Setiap hari

Bagi seorang Ibu rumah tangga bisa ambil sebagian dari uang harian misal disisihkan dari uang belanja, sebesar 5000 rupiah. Atau jika Ibu memiliki sumber lain misal uang bulanan pribadi dari partner hidup. 

https://www.remahkata.com/2023/02/modal-5000-rupiah-bisa-investasi-emas.html?m=1
Ilustrasi Investasi Emas Modal 5000

Bagi mahasiswa yang ingin berinvestasi emas bisa diambil dari jatah uang saku harian.

Apabila kamu seorang karyawan maka ambilah sebagian dari tunjangan makan dan transport harian.

Jika setiap hari menyisihkan 5000 rupiah maka selama seminggu akan terkumpul 35.000  dan menjadi 140.000 dalam sebulan. Jika harga emas 1 gram di kisaran 1,030,000 - 1,100,000 maka dalam 8 atau 9 bulan sudah bisa dapat emas 1 gram. 

2. Pisahkan dari kantong penyimpanan uang operasional harian.

Usahkan menyimpan uang tersebut di tempat berbeda yang tidak langsung terlihat, hal ini dapat membantu kita lupa akan uang yang sudah terkumpul. Bisa juga disimpan di dompet digital jika unag makan dan transport disimpan di dompet digital.

3. Tahan untuk tidak di ambil, dalam keadaan darurat sekalipun.

Jika sekali sudah diambil maka akan cenderung ada keinginan untuk terus mengambil akhirnya tujuan kian menjauh.

4. Konsisten 

Ini yang paling menentukan keberhasilan, tanpa konsisten menyisihkan setiap hari maka tidak akan terwujud.

5. Beli di Tempat Terpercaya 

Saat ini akses untuk membeli emas batangan sudah sangat mudah, di market place juga sangat banyak namun bijaklah memilih di tempat yg resmi dan terpercaya.

Emas Antam Indonesia

Saat ini memiliki investasi dalam bentuk emas sangatlah mudah, kita bisa mendapatkannya dari toko perhiasan, toko online, atau emas digital melalui platform investasi. 

Ada pula distributor resmi produk logam mulia dari Antam seperti Emas Antam Indonesia. Jika mencari produk ini di market place carilah dengan nama Butik Emas Antam Official.

Harga emas yang ditawarkan EAI bersaing cara pembelian pun sangat mudah dan sudah pastinterjamin keasliannya. Tersedia pula di tokopedia, shopee dan tik tok official. 

https://www.remahkata.com/2023/02/modal-5000-rupiah-bisa-investasi-emas.html?m=1


Mudah bukan? kini punya emas bukan sekedar mimpi apalagi berinvestasi, sangatlah memungkinkan bagi siapa saja, tak menutup kemungkinan bagi Ibu rumah tangga yang mengandalkan bulanan dari sang suami. 

Jadi siap menyisihkan uang belanja setiap hari? semangat, niat dan konsisten. Yuk segera  miliki investasi emas.


 

Comments

Diah Alsa said…
So far, saya sih baru berani investasinya lewat emas karena udah merasakan gimana manfaat investasi emas ini.
sekarang mau mulai nabung lagi buat beli emas, boleh juga nih ide nabung 5000an nya buat bisa segera beli emas lagi, Aamiin :)

makasih ya Mak idenya :)
Julia.K said…
Iyah lumayan 5000 gak berat banget
lendyagasshi said…
Ngiler banget pengen investasi emas, karena termasuk investasi yang minim resiko dan terjamin bisa memberikan manfaat di masa depan dan bisa digunakan bila dibutuhkan mendadak.
Beli emas di Antam, terjamin keasliannya.

Dan informasi yang baru aku tau banget kalau kini bisa dibeli di ecommerce seperti Shoppee, Tokped atau tiktok official.
Yanti Alif said…
Penting banget investasi supaya kita punya tabungan buat masa depan shingga ada proteksi buat kedepannya bisa kita gunakan untuk kebutuhan2 penting
Sitatur Rohmah said…
Nah, sama ini kaya aku. Bedanya aku memaksa diri membeli barang 1 gram . Nggak harus ketika ada uang lebih. Karena kayaknya sama aja kita pegang uang segepok atau seikat sama- sama merasa aman belanja. Jadi biasakan aja pegang uang dikit biar tiap bulan bisa beli Antam. Yuhuu
Aku pun lebih senang investasi emas sih, karena memang selain lebih mudah juga kalau mau jual lagi lebih gampang ya. Aku biasanya ada tempat langganan nih, dan suka minta di wa sama tokonya.
Tetty Hermawati said…
Kalau nunggu uang besar, emang lama ya, susah kayaknya ngumpulinnya, tapi kalau bisa sedikit2 tapi pasti, mending yg sedikit2 gini deh, jadi lebih enak juga ga berat untuk memulai
Lina said…
waah in judul ternyata jebakan batman jg, 5rb ternyata satu hari ya, pantas aja kalau satu bulan bisa dapat satu gram

tapi tetep bisa dicoba sih
Ketika berinvestasi, saya memilih yang risikonya rendah. Menurut saya, investasi emas termasuk yang aman dan rendah. Cocok buat saya
Akarui Cha said…
Cara berinvestasi yang sudah diajarkan turum temurun di keluarga mama saya juga investasi emas begini walau dulunya lebih ke emas perhiasan. Namhn makin ke sini, rasanya akan lebih menyenangkan jika investasi emas beralih pada emas batang atau koin keluaran ANTAM. Karena kalau emas perhiasan, misal dia cacat atau gimana himana, nilainya tetap agak turun sedikit
CMIIW.
Diah Alsa said…
investasi emas itu gak ada matinnya ya, meski sekarang semakin banyak cara untuk berinvestasi tapi investasi emas tetap jadi pilihan banyak orang apalagi Buibuk ya :)
Antung apriana said…
investasi emas ini kayaknya memang nggak pernah ketinggalan zaman ya, mbak dari jaman ibu-ibu kita dulu. malah sekarang lebih banyak lagi pilihan investasinya nggak harus perhiasan tapi bisa jadi logam mulia juga bahkan yang minigold juga
Fenni Bungsu said…
Emas ini memang mengasikkan buat dijadikan investasi masa depan.
Karena mudah dijangkau dan cepet juga buat dipahami
Lia Yuliani said…
Dengan konsisten ngumpulin uang atau nabung 5 ribu per hari dalam jangka waktu tertentu pasti udah terkumpul lumayan nih uangnya. Jadi memang yang namanya emas itu investasi yang bagus menurut saya. Saya sukanya sih emas yang dijadikan perhiasan selain dipakai bisa juga buat investasi atau dijual lagi
duniaeni.com said…
Iya, ini aku pernah ditawarin sama temen buat nyicil emas sedikit demi sedikit biar jadi bukit. Kebetulan aku juga suka banget invest emas, tapi memang yang kecil-kecil mesti hati-hati penyimpanannya. Aku pernah hilang yang senilai 5orb, sedih juga deh
Mugniar said…
Waah baru tahu saya kalau emas Antam bisa diperoleh di tokopedia, shopee dan tik tok official. Emasnya terpercaya, aman deh pokoknya.
Nabilla DP said…
saya pun juga ada invest pakai emas, kak, soalnya yang udah keliatan gimana prospeknya ya.. meski sebetulnya nilainya juga ngga besar amat tapi lumayan untuk diversivikasi
Melyluthia said…
Investasi emas udah jadi pilihan yg paling tepat untuk invest, asal nabungnya juga konsisten yah, jangan kaya saya yg gak pernah busa konsisten menabung, hehe
Linda Puspita said…
Emas memang mudah ya kak, kalau tiba tiba butuh tinggal jual dengan harga yang masih lumayan, bahkan tiap tahunnya selalu naik. Semangat menabung emas
Yayat said…
Investasi yang relatif aman emang emas antam.. logam mulia ya nyebutnya.. kalo lagi perlu uang bisa digadai dulu.. cuman kalo dijual sayang sik.. selain harganya flutuatif, nanti takut nggak bisa kebeli lagi hihihi
Siska Dwyta said…
Saya baru berencana mau investasi emas karena lebih aman juga ya. Nah, boleh juga nih ide 5000-nya. Receh tapi lama2 kalau sudah dikumpul bisa buat investasi yang menguntungkan ya^^
Tira Soekardi said…
Memang emas lebih stabil ya, makasih sharingnya