Inspirasi : Memulai Bisnis Makanan ala Chef William Gozali

September 17, 2020

Spontan mata saya berbinar-binar melihat jejeran keripik pisang tertata rapi di etalase tukang serabi, apa jadinya kalau saya jadikan bisnis rumahan? Beberapa waktu lalu saya jajan serabi hijau di karawang , nah sang penjual menyajikan dagangan sampingan berupa keripik pisang kepok. 

 

Bukan keripik pisang biasa, ini terlihat dari teksturnya yang tipis, warnanya yang keemasan menyankinkan untuk disebut enak dan benar saja memang terbukti. Berbeda dengan keripik pisang lampung yang irisannya cenderung tebal dan berbumbu perisa. 

Saya pecinta makanan berbahan pisang, mulai dari keripik pisang, bolu pisang, bolen pisang , hingga kolak. Tak heran toh, saat melihat keripik pisang mata langsung melek hahaha... Karena jarang menemukan keripik pisang yang sesuai selera dan standar enak saya, tiba tiba akal ini mengirim sinyal untuk mencoba bisnis makanan ringan jualan keripik pisang. Langsung saja saya hubungi kontak yang tertera di label bungkusnya. 
 
Singkat cerita produk saya pasarkan melalui status whatsApp, setiap hari saya tampilkan gambar dan video. untuk instagram saya pasarkan di IG story setiap hari. Alhamdulilah, tanpa menunggu lama pembeli pertama pun berhasil saya dapat. 

Hari berikutnya saya kembali berselancar di dunia maya sembari memasarkan keripik pisang kepok. Di halaman utama instagram saya ramai menampilkan flyer talkshow yang temanya memulai bisnis makanan. Pas banget dong, saya lagi memulai bisnis makanan ringan. Langsung saja gabung di Instagram live bersama chef hits, pemenang MasterChef Indonesia 3. Ternyata @HomeCreditID mengadakan Fun talk #AyoMajuBersama dengan menghadirkan tokoh inspiratif. 

Tidak tanggung tanggung Omesh pun digandeng sebagai pembicara. Awalnya saya mengira Home credit adalah platform untuk jual beli rumah ternyata salah pemirsa, Homecredit adalah perusahaan pembiayaan multiguna mternyataultinasional yang menyediakan layanan pembiayaan berbasis teknologi. 

Tak sekadar dapat melihat chef idola live di IG , ternyata banyak Ilmu yang didapat tentang memulai bisnis makanan, belum lagi voucher belanja hadiah menjawab kuis. Alhamdulilah tidak sia sia saya ikutan fun talk bersama Chef yang sukses menjalani bisnis kuliner ini.  Akrab disapa willgoz , ia berbagi kiat menjalani bisnis food and beverages selama pandemi. 

Jelas berimbas pada penjualan Sunny Fatday resto yang dikelola William, namun ia menyiasati dengan menekan biaya operasional dengan mengurangi SKU bahan produksi, mengurangi varian menu. Chef jebolan MasterChef Indonesia 3 ini juga membagikan tips memulai bisnis makanan ala Willgoz. ini nih yang saya butuhkan mengingat bisnis keripik pisang baru saya rintis. 



PRODUK
Penyuka makanan negara asal Valentino Rossi ini menjelaskan ketika akan memulai bisnis makanan ada beberapa hal yang harus diperhatikan.
  • Pertama, buat atau ciptakan sesuatu yang memang layak untuk dijual, artinya makanan tersebut pantas dijual karena enak rasanya, bagus kualitasnya. Gampangnya begini, sebagai tolak ukur apakah diri kita pribadi mau makan makanan tersebut, paling tidak 2 kali dalam seminggu? jika tidak, jangan harap orang lain mau makan makanan tersebut, ungkap Willgoz. 
  • Kedua, pilihlah makanan yang long lasting atau klasik, artinya makanan yang sudah dikenal banyak orang, banyak diminati dan sebagian besang orang paham dengan makanan tersebut. Nah kita dapat menghadirkan ciri khas kita atau buat cita rasa berbeda tanpa menghilangkrasa aslinya. Seperti nasi goreng betutu.

  • Ketiga, produk tersebut harus solid dan konsisten citarasnya sehingga ketika kita tidak hadir saat memasak, rasa khasnya tetap ada. 




PEMASARAN 
Untuk pemasaran william menyarankan metode pemasaran hard sell di inner circle kita ,lalu mnfaatkan sosial media. Karena marketing sangat memakan biaya maka hal pertama yang bisa dilakukan adalah 
  1. Memasarkannya di lingkaran pertemanan seperti grup keluarga, grup sekolah, arisan ,grup komunitas dan lainnya. 
  2. Manfaatkan media sosial untuk pemasaran, fitur iklan pada instagram juga bisa digunakan dan biayanya jauh lebih murah. 
  3. Manfaatkan bantuan teman teman influencer, blogger untuk menyebarluaskan informasi produk ke masyarakat. bisa dalam bentuk endorse maupun kerjasama lainnya.

METODE PENJUALAN
Untuk produk makanan dan minuman tertentu bisa dijual di market place dan e-commerce. Buatlah metode pesan dahulu (Pre-order) untuk menghindari penumpukan persediaan barang, seperti produk frozen food , kue kering , dessert dapat dijual di pasar online. 

Pada awal awal memulai bisnis hindari penjualan melalui ojek daring, alasannya produk harus selalu tersedia sedangkan ini menyebabkan persediaan bahan baku harus selalu ada, otomatis biaya produksi bertambah. Selain itu jualan di ojek daring, kita harus bersaing dengan pelaku bisnis kelas besar yang marketingnya sudah jago. 
Nanti kalau produk sudah dikenal di e-commerce dan sosial media barulah ke ojek online. 
"Nah, bagaimana sudah tercerahkan ya, ready memulai bisnis makanan?" menurut will bisnis Food and Beverages ini murah  dan menjanjikan sekaligus menantang.

Fun Talk #AyoMajuBersama 
Bincang bincang yang dikemas santai dan seru ini hadir setiap rabu jam 7 malam di Instagtam Live @homecreditid. Menghadirkan tokoh inspiratif yang berbagi pengalaman, tips dan trik.  Tak ketinggalan keseruan sesi bermain games, kuis dan bagi bagi voucher belanja hahaha... 

Yuk langsung follow akun @homecreditid , catat ya Rabu jam 7 Malam. Oh ya bagi kamu yang ketinggalan tonton keseruan Fun Talk edisi William Gozali, bisa tonton disini ya



  • Share:

You Might Also Like

44 comments

  1. nonton ig live yang berfaedah yah mom jul inimah, bisa sekalian nambah ilmu berdagang juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya May, manfaat bangetbini, kebetulan aku juga baru mulai

      Delete
  2. Wah seru banget kayaknya ya kegiatannya. Next ikutan ah..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mam tiap rabu malam jam 7 ya. Kerekln Keren mom pembicaranya. Artis juga ada

      Delete
  3. Waaaah ada WillGozz nyaa hehe seru pasti!

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya seruuu banget , aku suka nonton kreasi masaknnya di channel youtube Wilgoz

      Delete
  4. bermanfaat sekali ya mom tips dalam memulai bisnis kuliner, thanks infonya 🙏

    ReplyDelete
  5. Terima kasih infonya Mom

    ReplyDelete
  6. Keripik pisang. Jadi mau ngemil deh jadinya.

    Thanks banget info Mba. Bikin semangat buat mulai bisnis juga nih. Semangat juga nungguin IG Live FunTalk di IG Home Credit selanjutnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya next episode ada wilgoz lagi ngebahas tentang bisnis online

      Delete
    2. Eh iya ya? Japri dong MomJul kalo ada WillGoz lagi. Aku ngefans ih sama beliau ini.

      Delete
  7. Keren ya ig live nya pembahasan bermutu bgt

    ReplyDelete
  8. wah, aku kelewatan ini nih... padahal aku juga punya produk cemilan kecil kecilan dirumah hehehe pengen dapet ilmunya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ndak apa Masih Ada next episode , semoga Bermanfaat ya

      Delete
  9. Kalau udah ketemu makanan kesukaan terus di bisnisin enak, nih. Karena sesuai passion. Jadi semangat jualannya.

    ReplyDelete
  10. Kalau udah ketemu makanan kesukaan terus di bisnisin enak, nih. Karena sesuai passion. Jadi semangat jualannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget. Aku pun jadi pengen ikutan bisnis deh 🤭 tapi kondisi dua anak yang super aktif. Jadi nanti dulu deh

      Delete
    2. iya mom rina, nanti kalau sudah kondusif mulai deh jualan online , heheh

      Delete
  11. Keripik pisang salah satu makanan kesukaanku, btw mau ngintip IG nya @homecreditid ah

    ReplyDelete
    Replies
    1. cuss mom meluncur ke IG nya home credit

      Delete
  12. Pengen bisnis makanan juga tapi kayaknya untuk sekarang belum bisa karena anak-anak masih super aktif.

    ReplyDelete
  13. Aku juga nonton ini Mom. Seru yah.

    ReplyDelete
  14. Metodenya sangat bagus yach, baik dari segi produk, pemasaran dan metode penjualan

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul Mba Ina,karena sekarang ini sudah serba digital ya

      Delete
  15. Aku juga sering mbak, memasarkan jualan ke teman sendiri. Dan Alhamdulillah, teman-temanku dulu suka beli daganganku

    Duh jadi kangen dagang lagi aku

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayuk dimulai lagi... makanan kering, cemilan, frozen food , dll

      Delete
  16. Pelaku bisnis juga harus belajar digital marketing nih.. Heheh

    ReplyDelete
  17. Chef William punya tips jitu nih bisa diaplikasikan buat yang benar2 mau usaha apalagi untuk pemula. Ini sudah diberikan panduan step by step nya.
    Bisnis kuliner tak ada sepinya.

    ReplyDelete
  18. Bagus dan bermanfaat banget nih tipsnya buat yg mau mulai jualan makanan online. Apalagi di masa skrg kan semua2nya bisa dilakukan via online.

    ReplyDelete
  19. Wah, ini rutin ya acaranya, aku kira cuma event yang satu kali gitu. Kalau rutin begini, kalau rajin nyimaknya bakal dapat banyak pengetahuan buat bekal biar bisnis yang lagi dirintis tambah maju ya.

    ReplyDelete
  20. Saya setuju banget, kalo mau usaha kuliner perlu pilih makanan yang long lasting atau klasik, yaitu makanan yang sudah dikenal banyak orang. Kalo makanan baru, orang cenderung beli karena penasaran sesaat saja. Tapi setelah itu orang akan kembali lagi beli makanan klasik

    ReplyDelete
  21. Bener ya Mba, sebisa mungkin pilih makanan yang ever lasting. Jadi buka cuma ikut-ikutan trend aja. Karena biasanya yang trend-trend an gitu suka cepet hilangnya.

    ReplyDelete
  22. Chef Wilgoz ini jadi panutan banget. Dia juga ternyata mulai dari nol banget. Bahkan bela2in ga kelar kuliahnya ya demi belajar masak, terus ikutan masterchef dan menang deh.

    Tipsnya juga mantep banget. Memilih produk yang longlast dan bnyk disukai orang2 adalah pertimbangan awal ya

    ReplyDelete
  23. menu long lasting ini suka bangeeet. kalau yg trend sesaat abis gitu gak berbekas. Tips metode penjualannya juga kece dimulai dari lingkar dalam dulu.

    ReplyDelete
  24. Wah bermanfaat banget nih tipsnya. Soalnya saya juga lagi kepikiran pengen jualan kuliner. Thx for share mba :)

    ReplyDelete
  25. Pelaku bisnis jadi makin bersemangat nih karena funtalk ini memberikan inspirasi dan masukan positif

    ReplyDelete
  26. bisnis makanan ini memang gak ada matinya ya, hehe tp memang kudu pinter nih biar gak sesaat aja larisnya ya :) waaah semangaaat yg sdg mulai bisnis :)

    ReplyDelete
  27. saya subscriber willgoz karena pemenang Master Chef 3 ini emang keren banget

    menu yang muncul di youtubenya gampang dibuat, dia juga ngga pelit ngasih ilmu

    ReplyDelete
  28. Aku justru mikirnya klo mau bikin produk harus yang unik gitu, biar ga pasaran. Tapi ternyata harus lihat pasar juga, lagi ramenya apa...

    ReplyDelete
  29. Materinya bagus banget :) memang masa pandemi seperti ini butuh keberanian untuk memulai usaha baru

    ReplyDelete
  30. Dimasa pandemi gini harus pintar mencari peluang bisnis yah dan bisnis makanan ini sekarang bisa jadi usaha baru

    ReplyDelete
  31. Jual beli dengan sistem pre order atau dropshipper makin diminati setelah era pandemik saat sekarang ini, saya juga tertarik nih kak

    ReplyDelete
  32. Ternyata buat bisnis kuliner lebih baik yang long lasting ya menunya. Iya juga sih yang ngetrend-ngetrend orang gampang bosan ya, Teh :)

    ReplyDelete
  33. hehehe aku awalnya juga mengira home credit adalah bisnis kredit rumah mbak :D
    kalau ngomongin bisnis, aku pengen bikin usaha kecil kecilan, yang ada cuman ide tapi actionnya ga ada. ampun dah

    ReplyDelete