5 Alasan Memilih Sekolah Internasional

Setiap Orang Tua akan memberikan pendidikan terbaik bagi anak-anaknya, baik di Sekolah Internasional atau Nasional kembali ke pilihan masing-masing. Tujuannya agar anak-anak mendapatkan kehidupan yang berkualitas di masa depannya. 

                          
**

Salut bercampur cemburu, ketika membaca ratusan chat ibu-ibu di dalam grup komunitas mama yang sedang membahas kurikulum dan metode belajar. Di Sekolah tersebut anak kelas dasar sudah bisa mempresentasikan sesuatu di depan guru bahkan membuat maket sederhana untuk tugas sekolahnya.

Saya cemburu kapan sekolah yang disediakan pemerintah menerapkan metode belajar seperti sekolah yang menggunakan kurikulum internasional. Membekali peserta didik dengan softskill selain hard skill serta pembentukan karakter disamping kemapuan akademik. 

Ternyata hampir 50 persen dari mama di komunitas tersebut memilih sekolah Internasional untuk menyekolahkan anak-anak mereka.

Baca Juga : KEMDIKBUD Gandeng Ibu Penggerak Komunitas Sidina 

Mengapa Memilih Sekolah Internasional

Tak sedikit orang tua menyekolahkan anak-anaknya di Sekolah Internasional dengan harapan masa depan mereka lebih gemilang dari pada orang tuanya.

Dalam kegiatan belajar mengajar Sekolah Internasional menggunakan bahasa pengantar bahasa internasional yaitu Bahasa Inggris ini merupakan poin plus pertama, secara otomatis peserta didik akan mampu menguasai bahasa internasional yang nantinya akan digunakan dalam segala aspek baik di kehidupan, pendidikan maupun karier.

Selain bahasa Sekolah Internasional menggunakan kurikulum internasional dimana kurikulum ini mengutamakan pembangunan karakter, mengasah potensi yang dimiliki masing-masing individu, mengasah keterampilan berpikir logis dan kritis selain mencetak nilai akademik yang memuaskan. Dan yang pasti kurikulum internasional sudah mengikuti standar pendidikan yang diakui di banyak negara di dunia.

Untuk menjalankan kurikulum tersebut Sekolah Internasional menggunakan metode belajar yang memusatkan keaktifan peserta didiknya seperti Project Based Learning (PBL), Student Centered Learning (SCL), STEAM, Multiple Intelligent dan lain-lain. Jadi tidak terpaku ke satu bidang melainkan menguasai banyak bidang.

Kurikulum internasional dan metode belajar yang digunakan sebuah sekolah nantinya akan berpengaruh pada kualitas sumber daya yang diluluskan. Tingginya tingkat pendidikan seseorang akan mempengaruhi kualitas hidupnya lebih jauh lagi dengan banyaknya penduduk suatu negara yang berpendidikan maka negara tersebut akan maju pula.

Kurikulum internasional yang digunakan sekolah-sekolah di Indonesia akan memicu sekolah lainnya bersaing meluluskan SDM yang berkualitas. Jika sebuah sekolah banyak diminati karena kualitas maka akan baik dari segi bisnis begitu pula sebaliknya.

Sebab itu tiap sekolah harus terus mengembangkan kurikulum yang akan digunakan, menyesuaikan dengan perkembangan jaman dan dunia kerja juga bisnis terus yang bergerak mengikuti perkempangan teknologi.

Alasan memilih Sekolah Internasional

Semakin tinggi kualitas hidup seseorang semakin tinggi pula kualitas pendidikan yang ingin didapatkan. Selain itu ada tujuan tujuan khusus yang ingin dicapai sehingga harus memilih sekolah yang menggunakan kurikulum Internasional.  

1. Soft Skill yang Lebih Terasah

Memiliki kemampuan akademis menjadi hal utama yang dibutuhkan untuk mendapatkan pekerjaan kerja namun soft skill  seperti kreatifitas, kemampuan berkomunikasi, berinteraksi dengan individu lain atau berkolaborasi serta mengelola emosi juga menjadi hal penting.

Sekolah internasional menggunakan kurikulum internasional peserta didik sedemikian rupa distimulus menjadi individu yang kreatif, berpikir kritis, mampu mempresentasikan sesuatu.Tugas sekolah yang diberikan biasanya berbentuk studi kasus, esai  yang hasilnya harus dipresentasikan dihadapan guru.

Di Sekolah Internasional secara tidak langsung dikenalkan dengan budaya dari berbagai negara, karena biasanya sekolah Internasional menerima peserta didik dari berbagai negaraini berkaitan dengan soft skill bagaimana setiap anak bisa berkomunikasi dan bergaul dengan lingkungan yang beragam.

2. Berorientasi Pada Kemampuan Diri

Pada umumnya sekolah nasional secara tidak langsung mewajibkan peserta didik untuk mampu di segala mata pelajaran, terlepas dari mereka minat dan tidak. Padahal setiap anak adalah unik memiliki minat dan bakat masing-masing. Tak jarang peserta didik merasa frustasi karena harus menjalani sesuatu yang tidak mereka sukai.

Di Sekolah dengan kurikulum internasional peserta didik bebas memilih mata pelajaran sesuai minatnya, tak hanya kemampuan kognitif yang dikembangkan melainkan kemampuan lain sesuai bakat dan minat yang dimiliki. Hal ini melatih peserta didk menjadi lebih percaya diri dengan kemampuannya, lebih kreatif, inovatif dan menjadi ahli di bidangnya.

3. Tersedia Jenjang Pendidikan Dasar hingga Tingkat Tinggi

 Kelebihan Sekolah Internasional lainnya adalah menyediakan jenjang pendidikan yang lengkap mulai dari pendidikan dini, dasar , menengah hingga tinggi. Jadi bagi orangtua yang memiliki beberapa anak bisa sekaligus menyekolahkan di sekolah yang sama.

4. Melanjutkan Pendidikan di luar negeri

Banyak orang tua menginginkan anak-anaknya melanjutkan pendidikan tinggi di Universitas terbaik di luar negeri. Untuk mewujudkan hal tersebut diperlukan sekolah dasar dan menengah yang mendukung.

Kurikulum Internasional digunakan di Sekolah Internasional, dalam proses belajar kurikulum ibarat rancangan sebuah bangunan, diperlukan sketsa (desain) untuk gambaran bentuk dan diperlukan bahan-bahan untuk membangunnya serta cara yang digunakan untuk membangun. 

Agar tujuan pembelajaran tercapai dibutuhkan pedoman belajar, bahan ajar dan cara yang digunakan. Ada beberapa kurikulum internasional yang digunakan di Indonesia umumnya, Cambridge International dan International Baccalareate (IB), SPC dan IPC. 

Kurikulum internasional memiliki standar yang diterima di seluruh dunia sehingga sangat memungkinkan dan mudah bagi siswa sekolah internasional untuk melanjutkan studinya di luar negeri karena sudah terbiasa dengan kurikulum Internasional

5. Bekerja dan Berkarier di Luar Negeri

Melanjutkan pendidikan di Luar Negeri biasanya berlanjut untuk bekerja disana, salah satu alasannya adalah upah yang lebih besar dibanding di negara sendiri, ya ini yang mendasari orang-orang ingin bekerja di luar negeri. Tujuannya kembali lagi taraf hidup, selain upah dilansir dari detik finance faktor fasilitas yang diberikan perusahaan pada karyawan juga mempengaruhi. Lulusan sekolah Internasional akan lebih diperhitungkan jika melamar pekerjaan di Luar Negeri.

Sampoerna University 

Cita-cita belajar dan bekerja di Luar Negeri bisa juga di tempuh dengan jalan beasiswa, magang atau riset. Salah satu universitas bertaraf internasional yang menawarkan beasiswa ada Sampoerna University .

Menjalin kerjasama dengan Universitas of arizona sebuah intitusi pendidikan tinggi dan riset negeri yang berlokasi di kotan Tucson, Arizona, Amerika Serikat. Sampoerna University satu-satunya universitas di Indonesia yang menawarkan pengalaman belajar ala Amerika. Tersedia pula program Double Degree bagi mahasiswa yang ingin meraih dua gelar akademis sekaligus, Gelar Sarjana AS terakreditasi University of Arizona dan Gelar Sarjana (S1) terakreditasi Sampoerna Universit.

 Dunia kerja saat ini, tidak melulu menilai akademik tapi lebih ke kreatif, kritis, inovatif. Maka dari itu Sampoerna University mempersiapkan mahasiswa dengan standar internasional.
  
Itu sebabnya melalui program-program Sampoerna University mahasiswa dijamin memiliki kredensial dan keterampilan lebih baik di tingkat nasional maupun internasional.

Di Sampoerna University terdapat fakultas Bisnis, Fakultas Tekni dan Teknologi, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Fakultas Seni & Ilmu Pengetahuan.
 
Biaya yang dikeluarkan untuk sekolah di Sampoerna University pun lebih hemat dari biaya pendidikan ke luar negeri dengan fasilitas dan kualitas pendidikan yang sama.

***
Dengan banyaknya sekolah di Indonesia yang menerapkan kurikulum internasional akan berdampak ke sistem pendidikan artinya sumber daya manusia di Indonesia semakin berkualitas nantinya akan bisa berkontribusi untuk kemajuan negara. Mengapa demikian tingkat pendidikan yang tinggi disuatu negara akan merubah standar hidup masyarakatnya. Standar hidup yang tinggi serta berkualitas menjadi tolak ukur kesejahteraan masyarakat dan majunya suatu negara

Berkiblat ke Amerika sebagai negara maju, memiliki  tingkat pendidikan yang tinggi artinya jumlah penduduk yang berpendidikan lebih banyak. Jika di suatu negara tingkat pendidikannya tinggi maka akan menciptakan sumber daya yang berkualitas kaitannya dengan dunia kerja, penghasilan naik, standar hidup naik, inilah salah satu faktor yang dapat mendongkrak sebuah negara menjadi kategori maju.

 

Comments

Maya Rumi said…
salah satu nilai plus menyekolahkan anak di sekolah internasional seperti Sampoerna University ini anak-anak jadi lebih mahir berbahasa inggris.
aku jadi penasaran deh sama S&K untuk mendapatkan penawaran beasiswa
Dee_Arif said…
Sekolah International banyak dipilih saat ini ya mbak
Karena pakai kurikuluk internasional yang kompetensinya sangat dibutuhkan di era saat ini
Fasilitas sekolah swasta biasanya lebih unggul. Apalagi sekolah seperti Sampoerna University. Kurikulumnya juga tentu dipilih yang terbaik
lendyagasshi said…
Kurikulum ini menjadi penting sekali karena akan membawa ke cara belajar dan mengajar yang seru dan bisa dinikmati anak-anak zaman sekarang. Dengan belajar di Sampoerna University, maka banyak kelebihan dan soft skills yang bisa terasah sehingga meningkatkan kemampuan terutama bila memasuki dunia kerja setelahnya.
Antung apriana said…
menyekolahkan anak di sekolah internasional memang bisa menjadi pilihan buat orang tua yang goalnya anaknya bisa sekolah di luar negeri ya, mbak. saya pun kagum sih sama kurikulum internasional itu yang lebih menekankan soft skill ke anak-anak kita. semoga saja ke depannya sekolah negeri juga bisa menerapkannya
Fenni Bungsu said…
Kampus dengan kurikulum yg berkompeten bisa bantu tingkatkan kompetensi diri agar makin siap lagi hadapi dunia kerja
Siwi Ragil said…
Salah satu sekolah yang jadi idaman nih..selain memang kurikulimnya bagus, biasanya sekolah internasional seperti ini anak2 bisa mengembangkan bakatnua dengan baik
Yanti Alif said…
SAMPOERNA sekolah idaman bngt ini mah dengan kurikulum yang bagus dan fasilitas sekolah yang lengkap pastinya mampu mencetak generasi2 unggulan yang siap bersaing di dunia kerja
Indri said…
Banyak sekali kelebihan yang bisa didapat ketika menyekolahkan anak di sekolah Internasional, semoga kelak bisa kesampean anak-anakku jd siswa di Sampoerna Academy
Leyla Hana said…
Aku juga pengen nguliahin anak di kampus yang pake kurikulum internasional. Jadi penasaran pengen tau lebih lanjut tentang Sampoerna University ini.
Nabilla DP said…
sampoerna univ emang bagus yaa karena kurikulumnya sudah bertsandar internaisonal dan juga sudah bekerjasama dengan arizona university juga