Resep Opor Ayam Tombo Kangen dari Yummy App

Apa yang Mama rasakan jika anak lebih memuji masakan orang lain ketimbang masakan mama?
Kalau saya sudah pasti merasa cemburu. Lain hal jika saya tidak pandai memasak, tak masalah anakku memuji masakan orang lain.
Anak-anak selalu bicara jujur dengan apa yang mereka inginkan dan rasakan. Terutama soal makanan, sangat mengerti  mana yang enak dan mereka suka.
Hal ini terjadi pada saya beberapa waktu lalu. Ketika itu anak saya berbicara sama mbah utinya (nenek) melalui telepon. Saya  mendengar sekilas perkataan Kei.”Mbah Uti,  nanti kalau si korona sudah pergi kita ketemu ya. Khalif udah rindu makan opor ayam buatan Uti”. Tahun ini kami tidak pulang kerumah Ibu Mertua. Jadi lebih sering menelpon ibu sebagai pengobat rindu.

Segera seusai percakapan di telepon itu, saya pun menawarkan pada Kei, “Kamu kepingin makan opor, Nak?. Mama masakin opor kayak dirumah uti, ya?”. Spontan Kei menjawab, “gak usahlah Mah, nanti aja dirumah uti". Opor buatan mama gak sama, kurang enak rasanya”. mendengar jawaban itu serasa diputusin pacar gaes, jleb banget kaaan.

Tapi itu hanya rasa sesaat, tak mungkin bersaing dengan ibu mertua. Mbah nti, nenek atau apapun panggilannya mereka adalah Master chef. Masakan mbah uti dan nenek memang legend juara dan tidak ada duanya. Bahkan ketika resep yang sama sudah diturunkan ke saya tetap saja hasilnya berbeda, hahaha.

Pernah saya masak opor,  hasilnya laris dimakan anak dan suami. Namun opor ini beda versi dengan opor mbah utinya Khalif.  Saya menggunakan resep turunan dari ibu saya yang sejak kecil tinggal di sumatra. opor versi ibu saya bumbunya lebih cenderung banyak rempah. Mirip bumbu masakan ‘Ayam Rempah Masak Kurma’. hanya saja kami tidak menggunakan kurma. Jadilah opor ayam putih. Sedangkan opor versi mbah uti adalah opor otentik jawa yang berwana kuning.

Ingin menyenangkan sang anak, saya memutuskan untuk memasak opor ayam kuning. Pada dasarnya bumbu masakan hanya itu itu saja. Bumbu dasar ada di bawan merah,bawang putih,kemiri,cabe dan kunyit. Nah tinggal bumbu khasnya yang perlu dicari tau.
Sempat  saya bertanya ke teman melalui pesan pribadi namun lama direspon. Lalu saya coba tanya "mbah Google" namun terlalu acak. Akhirnya saya ingat beberapa waktu lalu di WhatsApp grup komunitas Popmama pernah di info ada aplikasi memasak dan aneka resep baru namanya Yummy App.
website Yummy.co.id
Saya pun mengunduh aplikasi Yummy App, lalu mencari resep opor ayam kuning. Muncul beberapa referensi resep. Ada resep opor dari chef Yummy  ada pula dari unggahan pengguna aplikasi.
berikut resep opor yang muncul lalu saya modifikasi sedikit sesuai selera.

Resep opor ayam tombo kangen
Dada Ayam / paha (10 potong) kalau mbah Uti biasa pakai ayam kampung, baiknya direbus dulu setengah matang.
200 ml santan (saya pakai 2 kotak kecil santan instant)
750 ml air.
Bumbu halus (tumis)
8 siung bawang merah
6  siung bawang putih
5 butir kemiri butir sangrai
2 ruas Kunyit
2 ruas jempol lengkuas dan jahe
1 sdt ketumbar
3 lembar daun salam
3 lembar daun jeruk
2 batang serai
garam,gula,lada bubuk sesuai selera
(Saya tambahkan rempah sesuai selera seperti, Pala cengkeh, bunga lawang, kapulaga, jintan)

Opor Ayam Kuning (Yummy App)
Yummy App
adalah aplikasi resep masakan yang tak sekedar menyajikan resep. di Yummy App kita bisa kita bisa mengungah hasil kreasi masakan, berkumpul dalam komunitas dengan teman yang memiliki hobi yang sama. Serta banyak lagi aktivitas dan kegiatan seru lainnya. cek deh instagram Yummy disini.

Seperti biasa agar bisa leluasa menggunakan aplikasi tersebut kita harus mendaftar terlebih dulu. Berikut langkah-langkahnya. Buka  aplikasi disini, lalu klik daftar, isi data dengan alamat email dan lainnya lalu ubah foto profil mama, seperti dibawah ini.
tampilan halaman daftar akun di Yummy, tampilan profil dan halaman utama (source: Yummy App)
 
Sekarang bisa berselancar cari resep dengan leluasa. Yummy App sangat membantu ketika saya atau mama bingung mau masak apa lagi. Bosan dengan menu yang itu itu lagi setiap harinya. Cukup masukkan ke kolom search bahan masakan yang tersedia dirumah lalu klik terapkan, secara otomatis akan muncul varian menu yang cocok dengan bahan tersebut.


Lagi lagi aplikasi ini membuat saya terkesima. Menurut saya yang suka masak masak tapi agak gaptek  Yummy sangat mudah digunakan (user friendly). Fiturnya plus dari aplikasi memasak pada umumnya. Seperti fitur filter harga dan komunitas. Dan yang paling saya suka adalah tampilannya.

Oh ya di Yummy App, kita bisa mengunggah resep masakan atau kreasi menu baru lho. Setiap resep atau konten yang berhasil tayang akan mendapat poin. Sebelum resep berhasil tayang di laman aplikasi, resep terlebih dulu melalui proses penilaian oleh tim Chef Yummy. Jika sesuai, nanti mama akan mendapat  Yummy Poin untuk setiap konten. 1 resep tayang = 100 Yummy poin yang bisa ditukarkan dengan uang tunai. Senang dong mama dapat tambahan uang belanja. Yuk unduh sekarang juga, disini.

Untuk mengunggah resep kreasi mama, pertama  masuk ke fitur komunitas, lalu pilih buat resep, beri judul masakan, tulis bahan-bahannya, berikan foto padda tiap tahap pembuatannya. lalu berikan foto terbaik untuk hasil akhir kreasi masakan mama.

Ikuti juga media sosial Yummy App yah, untuk mendapatkan kreasi menu terbaru dan even terkini. Facebook, Instagram dan twitter.

Oh ya diawal saya sempat singgung tentang komunitas popmama, mungkin ada yang ingin kenal lebih lebih dekat. Popmamaadalah portal parenting yang menyajikan konten informasi, tips ,trik artikel dan kolom sharing yang relevan untuk millenial mama di indonesia. parenting guide for millenial mama.

Comments

Belgie said…
Wih yummy yaa, pingin coba, udah lama jg nih gak masak opor
Dita Suryo said…
Yummy banget mom Jul.. langsung pengen cobain deh resepnya..
Annafi said…
Aplikasi bagus nih, lumayan buat referensi dikala bosan menu itu-itu lagi ya mbaa
Orin's Journal said…
aplikasi kayak gini tuh beneran ngebantu banget disaat bingung mau masak apa dan menolong para newbie kayak aku buat belajar masak hehe
Nyi Penengah said…
Aduh lezat sekali penampakan opor ayammu mba, apalagi ditambah dengan taburan bagor
dengan nasi anget, yakin abis banyak daku wakakak. Aku juga punya akun di yummy app mba
yummy app memudakan kita berkreasi. aku juga download aplikasi ini. banyak inspirasi masakan jadi gak perlu bingung.
atiqoh said…
waaah sneneg yaaa masak jd terasa lbh mudah karena ada contekannya hehehe jd ga takut salah rasa hehe..

btw follback yaa kak :)
Visya Al Biruni said…
Wah bener bener obat kangen yah Mbak? Betewe aku baru tahu Ayan opor kurma hehe jadi penasaran.

Jaman sekarang emang udah ngga ada alasan susah belajar masak hihi
dianisekaring said…
Mantap mba opornya, jadi kangen makan opor waktu lebaran, hihi. Ahh banyak banget yang review Yummy app aku jadi pengen download, lumayan buat inspirasi masak sehari-hari :)
Jihan Fauziah said…
Mbk, popmama juga punya whatshapp group ya... caranya gabung gimana??? Aku udah download yummy app juga btw. Fiturnya lengkap banget ya... bikin masak itu gampang.
Nickn - Kal said…
Aku jadi auto kangen makan opor ayam buatan ibu. Hiksss. Kangen ortu. Yummy app membantu banget dalam olahan masakan. Apalgi ada kegiatan beragam juga yang dihadirkan ya.
iffiarahman.com said…
Bagus nih aplikasinya. Kalau postingannya di acc oleh yummy app, dpt fee brp mamjul?
evhy said…
Bagus ya kak aplikasinya. Bisa dapat ilmu dan bisa juga share ilmu. Jadi bisa saling membantu satu sama lain. Ini juga bisa jadi referensi buat saya yang malas masak hehehe
Resepnya banyak sekali di yummy. Ku kadang cari resep disitu juga. Sama aku kalau masak opor ayam, gulai ayam, ayam goreng. Selalu ayamnya di rebus dulu setengah matanglah tapi gak sampai lama. Biar gak merah dagingnya hehehe. Jadi masaknya juga menghemat waktu juga karena ayamnya sedikit lagi udah matang.yummy memang jadi referensi untuk masak enak di rumah ya
Niwanda said…
Haduuh, aku pun bakal patah hati kalau dapat komentar begitu huhuhu.... Alhamdulillaah yaa, udah sukses bikin yang disukai anak. Jadi pingin ikutan bikin deh dari resep yang sama, makasih udah berbagi,ya, Mbak.
Emang deh ya sekarang jamannya apa-apa serba mudah termasuk mencari resep masakan. Karena aku juga salah satu pengguna Yummy Apps.
Desri Desri said…
ahahaha pas banget, aku lagi bingung mau diapain nih stok daging ayam dirumah, ijin nyontek resepnya ya mba.
Triyatni A. said…
Ayam tombo kangen ini baru denger lho. Mirip-mirip opor ayam ya. Tapi kayaknya rasanya beda. Bikin ngiler ...
Aku juga download aplikasi ini. Ngebantu banget untuk mencari inspirasi memasak.
atiqoh said…
hihiii seneng yaa sekarang masak jd mudah kalo banyak referensi yg gampang gini :)
Larasatinesa said…
Memang aplikasi kayak Yummy gini dibutuhkan banget saat di rumah aja. Soalnya kadang suka kehabisan ide gitu mau masak apa lagi mbak. Asik nih aplikasinya user friendly. Bisa aku suruh Ibuku download juga karena gampang dimengerti. Btw opor ayamnya menggoda, menu ini bakalan ada di rumah aku pas lebaran haji besok. Hehe.
Desy Yusnita said…
Baru dengar aku soal yummy apps ini, sebagai seorang yang baru belajar masak informasi ini bermanfaat banget. Udah ada di ios belum ya?
Orin's Journal said…
thank u mbak ini sangat berguna bgt buat aku yg newbie belajar masak hehe
Nyi Penengah said…
Opor ayam salah satu menu favoritku Mba hehehe
dulu aku nggak bisa masak, tapi alhamdulillah ada aplikasi macam yummy app ini jadi membantu yang nggak bisa masak jadi pinter
EkaKuncoro said…
Aku juga download lho aplikasinya. Bantu banget apalagi kemaren pas puasa itu mager banget buat mikir menu buka puasa yang bervariasi setiap harinya.
Iva C Wicha said…
Ku juga pake aplikasi Yummy mba, seru dan mudah bgt mau cari resep yg Ok
Andiyani Achmad said…
fix ini resepnya ayam opornya boleh ya dicontek, anakku suka sekali ayam opor yang yummy.. eh kayaknya aku mesti instal deh aplikasi yummy
Niwanda said…
Bukan sekadar aplikasi resep ini sih ya, ada komunitas dan kegiatan barengnya segala, bisa dapat uang pula 😍. Kalau selama ini mungkin aktivitas cari dan share resep masih nyebar-nyebar di aplikasi lain, kali ini cukup di satu aplikasi aja udah mencakup banyak kegiatan yaa....
Hwaaa auto ngiler deh lihat opornya. Apalagi aku penyuka makanan bersantan 😂 makasih sharenya ya mbak, bakal nyoba nih bsk kl udah beli ayam 😆
Aduh, opor ayam emang selalu sukses bikin kangen rumah. Ngiler banget lihat opornya, jadi kangen makan opor kan, padahal baru beberapa bulan yang lalu makan opor hihihi.
Visya Al Biruni said…
Iya bener banyak reviewnya cakep cakep pula.
Diah Alsa said…
senang banget ya Mbak, kalau masakan kita diapresiasi anak.
rasanya lelah karena ulek-ulek bumbu hilang sudah :D

Yummy App ini benar-benar memudahkan kita ya dalam masak-memasak :)
Mirza Pradita said…
Yummy apps langgananku buat cari resep masakan. Asli berguna banget nih aplikasi, fiturnya inovatif pula
Mellisa said…
Harus sedia aplikasi ini di gadget ya, biar kalau lagi bingung pilih menu masakan tinggal browsing aja di aplikasi ini.
Fenni Bungsu said…
Bikin opor ayam jadi bisa lebih ada variasi lagi nih bareng aplikasi yummy app. Sedia terus sama app nya buat cari resep lainnya
Baca tulisannya bikin jadi laper mom. Wkwk
Abis ini mau recokk deh. Thank u mom udh kasih tau app buat cari resep makanan hihi