Tebet Eco Park Buka Kembali dan Gratis, Cek Ada Apa Saja

Tebet Eco Park sudah dibuka kembali, ada yang sudah kesana? 

Beberapa waktu lalu kami ke Tebet Eco Park,  setelah tertunda karena ditutup sementara. Taman kota di daerah Tebet seluas 7ha ini menjadi sarana bermain, olahraga, hiburan dan berkumpul bagi masyarakat.

Jakarta banyak berbenah taman dan membangun taman baru sejak 2017 hingga 2022.

Seperti Taman Sambas Asri, Taman Literasi Martha Christina Tiahahu di Blok M, termasuk Tebet Eco Park.

Menuju Tebet Eco Park

Pukul 7 pagi, waktu tempuh sekitar 30 menit ke TEP kami naik kendaraan roda dua.
Dari Pasar Palmerah ambil arah ke jalan Gatot Subroto lalu terus laju melewati Plaza Semanggi hingga ke Patung Dirgantara Pancoran.

Masuk jalan MT. Haryono tinggal cari SPBU di sisi kiri jalan artinya bersiap belok ke kiri tepatnya samping Bellevue Place Apartemen. Selanjutnya ikuti jalan menuju area parkir dan pintu masuk.

Parkir, dari info yang beredar parkir di pintu Utara sering penuh, menurutku lebih aman cari parkir alternatif. 

Kami parkir disebelah gerai kopi Nako tepat di belakang SPBU MT Haryono. Dari sana menuju pintu masuk Utara TEP lumayan jaraknya kira kira 500 meter, kalau bawa anak pastikan bawa stroler atau scooter agar tidak lelah.
 
Bagi yang ingin naik Transjakarta bisa turun di halte Tebet BUMD lalu naik tangga penyebrangan ke arah SPBU MT Haryono. Langsung saja berjalan menuju SPBU dari sana ada jalan kebelakang yang tembus ke TEP. Sedangkan untuk rekan  Commuters yang biasa menggunakan commuterline bisa turun di ST. Cawang lalu sambung ojek daring. asiun terdekat dengan Tebet Eco Park adalah Stasiun Cawang. Namun tidak ada mikrotrans atau angkutan umum yang melintas dari Stasiun Cawang ke Tebet Eco Park. Dari Stasiun Cawang bisa naik ojek online ke Tebet Eco Park dengan jarak sekitar 1,1 kilometer.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Cara Ke Tebet Eco Park Naik KRL, Transjakarta, dan Mikrotrans", Klik untuk baca: https://megapolitan.kompas.com/read/2022/05/19/01150041/cara-ke-tebet-eco-park-naik-krl-transjakarta-dan-mikrotrans.
Penulis : Tari Oktaviani
Editor : Nibras Nada Nailufar

Download aplikasi Kompas.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat:
Android: https://bit.ly/3g85pkA
iOS: https://apple.co/3hXWJ0L
Untuk rekan commuters bisa turun di Stasiun Cawang lalu lanjut naik ojek online ke Tebet Eco Park dengan jarak kurleb 1.5 kilometer. 

Sedangkan para pengguna Transjakarta bisa turun di halte Tebet BUMD (sekarang namanya halte TEP) lalu berjalan menyusuri JPO ke arah SPBU MT Haryono. Masuk ke area SPBU ambil jalan arah kebelakang dari sana bisa tembus ke kawasan TEP .

Kalau Kamu naik MRT turun di stasiun sekitar senayan lalu berganti moda transportasi Transjakarta ke arah MT Haryono.
 

8 Zona TEP

Taman ini di buka 2 sesi, pagi hari pukul 7 hingga 11, sore hari pukul 1 hingga pukul 5.

Masuk TEP Gratis tidak dipungut biaya namun calon pengunjung harus daftar dulu melalui aplikasi JAKI unduh disini. Isi data sesuai KTP dan informasi yang dibutuhkan sampai muncul barcode lalu tunjukkan barcode kepada petugas.

Yuk masuk...

The PLAZA 

www.remahkata.com
The Plaza Tebet Eco Park (dok. Pri)

Masuk melalui pintu Utara, begitu masuk kami langsung berada di zona The Plaza, tempat berkumpul sekaligus menjadi ikon TEP. Dirancang seperti mini stadium menghadap ke taman tema dilengkapi tempat duduk dari batu yang buat berundak-undak. 

The Plaza juga menjadi ikon TEP dimana disediakan spot foto dengan lambang infinity khas TEP. Beberapa fasilitas seperti toilet, mushala ada di zona ini.

Community Lawn 

Setelah berkeliling di area Plaza kami bergeser ke kiri menuju zona Community Lawn. Sebelum sampai ke sana ada spot foto cantik di jembatan kecil yang menghubungkan area yang terpisah oleh saluran air. 

Mamah langsung ambil kesempatan untuk berfoto. 


Dari jembatan terus ambil arah ke kiri mengikuti jalur pejalan kaki yang telah di sediakan.  Nanti akan sampai di area rumput yang berbukit bukit, disini relatif lebih sepi pengunjung karena memang diperuntukan menikmati suasana asri, dan tenang. Beberapa pengunjung melakukan aktivitas yoga di area ini.

Tersedia juga buku bacaan, Kei suka sekali  karena menemukan pop Up book Dinosaurus disana.

Namun sayang sungguh tidak terawat karena tangan-tangan yang tidak bertanggungjawab. 

www.remahkata.com
BookHive Tebet Eco Park (dok.pri)


www.remahkata.com
at community clown (dok.pri)

Thematic Garden

Zona Community lawn adalah yang batas paling ujung sisi utara dari TEP, jadi untuk menyambangi zona lainnya kami kembali lagi ke arah jembatan  pertama tempat mama berfoto.

Berjalan menyusuri jalur pejalan kaki ke arah zona Thematic garden. Di sini ada tempat duduk, meja-meja yang bisa digunakan untuk santai sejenak, menikmati minuman, makanan maupun berkumpul bercengkrama dengan keluarga atau teman.


Tak sedikit keluarga yang piknik ala-ala, cukup membawa alas tikar untuk lesehan di area Thematic Garden ini. Ingat ya jaga kebersihan taman.


Di area Thematic Garden tersedia permainan seperti Ayunan, jungkat jungkit yang bisa di nikmati sambil berpiknik.

Jungkat jungkit Tebet Eco Park (dok.pri)

Infinity Link Bridge

Setelah puas bermain ayunan, jungkat jungkit kami berjalan Iagi ke arah selatan menuju Infinity Bridge. 

Ini dia most popular ikon di Tebet Eco Park. Saya sendiri tertarik ke Taman ini karena melihat foto seorang influencer Pink Traveloque di Instagram yang membagikan foto dirinya di Infinity Link Bridge. Mamah pingin foto juga hehehe...

Jembatan setinggi 6 meter menghubungkan taman bagain utara dan bagian selatan TEP. Banyak banget spot foto di atas Infinity Link Bridge ini.

Infinity Link Bridge (dok.pri)


Infinity Link Bridge (source. TEP)

Children Playground 

Setelah menaiki jembatan infinity sekarang kami berada di sisi Selatan taman. Taman bermain spot ini yang paling ramai pastinya, terutama di waktu weekend. Berhubung waktu itu belum tau ada playground kami terlalu banyak menghabiskan waktu berkeliling menyusuri area taman. 

Tiba di playground sudah pukul 10, suasana tidak terlalu ramai. Kei langsung main trampolin, ini arena kesukaannya. 

Saat itu matahari mulai menyengat kulit aku dan si papap memilih berteduh, maklum eman-eman kulit wajah yang sudah putih karena kelamaan dirumah.




Dari trampolin Kei lanjut ke arena berbentuk buaya. Disini anak-anak bisa memanjat, menaiki tangga juga berseluncur.

https://www.remahkata.com/2022/11/tebet-eco-park-buka-kembali-dan-gratis.html?m=1
Bermain di Buaya (dok.pri)

https://www.remahkata.com/2022/11/tebet-eco-park-buka-kembali-dan-gratis.html?m=1
Merangkat seperti Cricket (dok.pri)

Selain itu banyak arena permainan yang bisa dijelajahi, seperti kolam pasir, gundukan semut, memanjat seperti cricket dan lainnya.
Di arena ini bisa bergelantungan di balok-balok kayu untuk melatih kekuatan tangan dan keseimbangan.


Senang bisa menemukan arena bermain di luar ruangan seperti di TEP ini karena bermain di luar sangat baik untuk anak-anak.

Membantu menstimulus motorik kasarnya, memperkuat otot juga tulang mereka. Masih banyak area bermain lainnya seperti rumah semut, memanjat tali temali dan lainnya.

Community Garden

Ini dia tempat terakhir yang kami lalui sekaligus mengarah ke pintu keluar. Sesi kunjung pertama akan segera habis pukul 11, setelah puas bermain kami pun pulang.

Untuk keluar kita diarahkan ke pintu Selatan, mengarah pulang ada taman hewan peliharaan yang di peruntukan bagi pengunjung yang membawa hewan peliharaannya bermain.

Tak jauh dari area ini kita akan menemui Community Garden, hampir mirip seperti The Plaza, area ini diperuntukan bagi komunitas atau pengunjung yang mengadakan pertemuan.

Seperti minggu lalu komunitas keluarga kita mengadakan acara Bermain Sama Bapak di Community Garden ini.

Waaah sungguh senang kami bisa ke Tebet Eco Park. Banyak pohon pohon rindang, sangat pas untuk olahraga mengitari taman seluas 7 ha.
Juga menjadi tempat hiburan dan olahraga bagi anak-anak di arena bermain. 

Yuk, kapan mom dan keluarga mau ke Tebet Eco Park. 



 

Comments

Niwanda said…
Terima kasih sharing-nya, Mom. Jadi lebih ada gambaran. Seru banget ya, belum jadi-jadi juga nih mau ke sana.
Blogger Tasik said…
Infinity Link Bridge nya keren banget Kak, bagus buat foto-foto disana
Julia.K said…
sama sama mom Lei, semoga ada waktu tepat ya
Fenni Bungsu said…
Daku pengen bawa ponakan pas liburan sekolah ke sana jadinya. Cuma lumayan juga ya kalau dari stasiun KRL maupun Tije
Ririn Erviana said…
Seru sekali ya kalau di dekat tempat tinggal kita ada tempat semacam ini, sayangnya kalau ditempat tinggalku belum banyak tempat seperti ini. Kayaknya nyaman sejuk dan menyenangkan, apalagi kalau bawa anak-anak.
Waktu ke Jakarta pengen banget main kesini, tapi gak jadi terus. Semoga next bisa kesini lagi. Pasti seru banget ini.
Ova Forlendy said…
Juni kemaren sebelum ditutup aku ngadem di Tebet Eco park nyambi streaming lagu baru BTS. Adem banget apalagi klo di bawah pepohonan. Dan skrg bnyk perubahannya ya.
enak juga ini untuk menghabiskan waktu bersama keluarga, aku jadi ingin kesana juga dan bersantai-santai
Rendi Riansyah said…
mumpung masih suasana tahun baru, sepertinya bisa jadi list tempat yang harus dikunjungi nih
wow banyak tempat yang keren di Eco Park Tebet. Semoga tetap dirawat dengan bersih dan lingkungan bersih dari sampah.
Mega Rachma said…
Wih bagus juga ya tebet eco park ini. Mudah-mudahan terus dijaga kebersihan dan kelestarian taman ini. Karena beneran hiburan rakyat yang murah meriah gratis, bisa healing ajak keluarga
Bayu Fitri said…
Waktu Saya ke sana masih banyak yang ditutup seng dan belum rapi..tapi lihat artikel ini sepertinya sudah rapi dan cantik ya tempatnya. Jadi kepo mau ke Tebet Eco Park lagi
Ariefpokto said…
saya belum kesana ,terakhir niat mau kesana tapi masih ditutup gara-gara pandemi. Tapi sekrang sudah buka, jadi penasaran mau ke sana karena tamannya bagus dan cocok buat refreshing di tnegah kota
Ida Raihan said…
Keliatannya asik tamannya. Ada Trampolinnya segala. Kebayang anak-anak kami pasti sangat suka kalo diajak ke sana.
Irawati Hamid said…
wahh serunya bisa main ke sana. seandainya dekat, saya juga mau ke sana bareng anak-anak
Dee_Arif said…
Banyak banget yang ngeriview Tebet Eco Park ini
Memang bagus dan fasilitasnya lengkap
Tempat yang menarik untuk bersantai sejenak
Fenni Bungsu said…
Sering lihat ini di medsos, tapi belum kesampaian juga mau ke sananya.
Semoga bisa deh suatu saat main ke sana
Udah lama pengen kesini gak kesampean juga. Padahal setiap kali meeting ke Jakarta, lokasinya deket. Next ah main