Menikmati Hari Tua Dengan Perencanaan Dana Yang Tepat.

Di suatu sore yang oranye, roda sepeda motor kami berputar santai. Entah kenapa tiba tiba pikiran saya melambung ke masa 10 tahun yang akan datang. Akan jadi seperti apakah kami?. Apakah  kami masih bersam-sama?, apakah kita akan menghabiskan senja bersama?, atau Dia sendiri tanpaku.

“Bee, kalau nanti kamu sudah tidak bekerja di kantor, apa yang akan kamu lakukan?”, tanyaku padanya.
“Apa Kita jualan sembako seperti Ibu? atau jualan baju online?”.

Sejenak hening.
“Lihat saja nanti, belum tentu umur kita sampai”, begitu jawabnya dengan santuy .
Memang, kalau bicara umur hidup manusia  ya jelas diluar kendali saya. Dipastikan, hanya Sang Penciptalah yang  paham rahasia umur mahluknya.  Tapi kita sebagai  manusia yang telah diberi kesempatan hidup harus mempergunakan sebaik-baiknya, merencanakan tiap langkahnya, berusaha semaksimal mungkin, setelah itu tinggal lihat hasil akhirnya.

Curhit sedikit yah, maksud saya tuh gini lho, Mbok ya direncanakan jauh-jauh hari sekiranya nanti sudah pensiun mau beraktivitas apa? berdagangkah, jadi motivatorkah, atau pelatih skateboard mungkin. Kalau Saya ditanya sih, pinginnya jadi juragan kontrakan rumah tapi kayaknya jauh deh sekarang aja masih ngontrak ane 😁.

Kalaupun tidak ingin melakukan semua itu, hanya ingin menikmati hari tua, ya sah sah saja tapi tetap butuh dana untuk kehidupan sehari-hari kan? Nah, dana sehari hari ini dari mana datangnya?.

Mengapa Dana Pensiun?
Saya sebagai istri yang bekerja dirumah, ada kalanya saya mendapat penghasilan, ada kalanya tidak sama sekali, nominal setiap bulannya sudah pasti berbeda-beda.  Hal ini menyebabkan Saya mengandalkan penghasilan suami dari gaji tetapnya.

Apa yang akan terjadi  jika sumber penghasilan tetap ini terhenti ?, dengan kata lain sudah memasuki umur pensiun, 60 tahun artinya harus berhenti bekerja.

Pada umumnya tujuan orang bekerja adalah menafkahi atau menghidupi keluarga, menggapai mimpi dan keinginan, untuk kesejahteraan hari tua.

menurut saya, idealnya setiap Individu harus memiliki dana pensiun atau jaminan hari tua,  sedinini mungkin terlepas dari ketidakpastian umur dan bidang profesi.

Begitu seseorang memasuki dunia kerja nah sebaiknya langsung deh buat perencanaam tabungan hari tua, dana pensiun dan lainnya. Semakin kecil umur Kita maka nominal premi pun kecil

Karena di usia yang tidak lagi produktif, sudah saatnya menikmati hasil kerja keras di masa lampau. Menikmati hidup dengan menjalani hal hal Yang disukai dan kegiatan yang berbau kerohanian.
Inilah Mengapa Dana pensiun penting.

Justru diumur suami Saya saat ini yang memasuki siaga 1, sudah terlambat untuk mulai merencanakan masa pensiun.
Tapi ya dari pada tidak, lebih baik terlambat.
Mahalnya biaya pengobatan, serta meningkatnya biaya perawatan di usia senja, tabungan hari tua juga harus semakin meningkat. Pikirkan hal-hal berikut ini untuk menjamin hari tua yang sejahtera:

Ialah sequis life yang menawarkan pilihan produk dengan menyesuaikan kemampuan Kita.

Pilih produk sesuai kebutuhan
www.sequis.co.id

Sequis membantu menyiapkan masa pensiun dengan Asuransi Retirement Life Plan yang memiliki manfaat Uang Pertanggungan bagi Tertanggung dan keluarga berdasarkan plan yang dipilih.

Sequis adalah identitas utama perusahaan yang menaungi PT Asuransi Jiwa Sequis Life.
Memasarkan produk asuransi jiwa, asuransi kesehatan dan asuransi berbasis investasi individu.
PT Asuransi Jiwa Sequis Financial yang memasarkan produk asuransi jiwa dan kesehatan individu, melalui bank dan non-bank Partnership Distribution juga Telemarketing.

PT Asuransi Jiwa Sequis Life telah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).
No. Izin Usaha: Kep-106/KM.13/1992.

Untuk Dana pension di sequis life, bisa Di ketahui dari ilustrasi yang tersedia di website.Dana pensiun

Pilih dana pensiun
www.sequis.co.id





Dana pensiun bermanfaat ;
✓ Sumber keuangan mandiri di Masa Tua.
✓ Mengurangi tingkat kemiskinan dan kejahatan.
✓ Diharapkan dapat Menikmati hidup yang sejahtera.

Menikmati senja bersama orang terkasih.
Tak selamanya orang Tua bisa mengandalkan anak anak nya Yang sudah mapan. Ada yang bisa mendukung Ada Pula Yang kurang beruntung sehingga tak mampu menafkahi orang Tua. Idealnya keuanga keluarga adalah tanggungjawab masing masing keluarga.

#danapensiun
#sequislife
#retirement

Comments

Cita-cita banget ya punya dana pensiun, agar hari tua kita nanti tidak semata bergantung dan membebani anak.
Anak boleh berbakti, tapi bukannya terbebani.

Semakin semangat nih menyiapkan dana pensiun sejak sekarang, terkebih melalui asuransi :)
Fenni Bungsu said…
Jadi inspirasi daku nih kak, bahwa memang perlu juga menyisihkan dana dengan nama dana pensiun untuk di hari tua kelak. Jadinya meski menjadi pekerja lepas tetap punya perencanaan hari tua juga ya
Okti Li said…
Ini bisa menyesuaikan dengan kemampuan kita masing-masing ya. Tidak memberatkan, tetapi justru membantu saat kita kelak memasuki masa pensiun
Renayku said…
Alhamdulillah aku sama suami udah punya asuransi untuk pensiun selain BPJS kesehatan dan ketenagakerjaan.. Emang penting bgt cadangan uang untuk masa depan karena ga ada yg tau apa yang akan terjadi pada masa yang akan datang
Dwi Puspita said…
Bener banget ya mbak, kita yang nantinya juga akan menjadi tua nggak boleh sepenuhnya tergantung pada anak. Kita harus siap dari sekarang agar gak menyusahkan anak keturunan...
Cita-cita aku banget ini mbak, makmur di usia tua. Makanya sekarang aku belajar ngatur keuangan biar pengeluaran tercatat dan bisa menimbang-nimbang ini perlu atau enggak. Bisa nabung juga
April Hamsa said…
Penting banget punya dana pensiun terutama yang bukan ASN. Saya kepengennya juga gtu ada simpanan hari tua shg kelak gak merepotkan anak aamiin.

Saya masih penasaran Sequis kan asuransi ya, apa ada fitur khusus gtu buat dana pensiun mbak? Atau udah masuk ke fitur asuransinya?
Triyatni A. said…
Baca cerita Mbak aku juga jadi mikir nanti mau gimana ya? Hehe. Kita kan gak tahu emang masa depan tapi tetap harus punya plan ya.
K. Niken said…
Berlaku juga saat kita masih muda ya mba? Karena kadang akutu mikir, misal tiba2 suami meninggal atau phk misalnya, lalu kalau nggak ada simpanan, tentu akan kebingungan ya
Ini banget mba.. apalagi kerja di swasta jadi pensiunan tidak menentu.. sepertinya butuh deh perencanaan keuangan masa tua ini
TIAN LUSTIANA said…
Betul sekali ini, harus dipikirkan nih dana pensiun yah untuk menikmati hari tua kelak.
Annisa said…
Setuju banget nih mbak. Apalagi kalau sudah pensiun memulai bisnis atau usaha dari nol memakan waktu lagi. Jadi pinter kita nyiapinnya sejak sekarang. Aku pun jadi tersadar kalau dana pensiun dan hari tua itu penting banget. Apalagi di masa tua, kebutuhan kesehatan pun pasti makin besar
Julia.K said…
Iya cita cita sih Begitu, memang butuh konsisten Dan niat kuat utk menyiapkan tabungan pensiun Ini
Julia.K said…
Harus banget ini, walau Kita tau umur sampai kesana atau tidak. Yang pasti sudah sedia payung ya
Julia.K said…
Betul, sangat mungkin menyesuaikan dengan kemampuan yang Kita punya
Lenny sofyan said…
Setuju banget nih, akupun suka mikir nanti pas tua mau buka usaha apa ya, tp emang dana pensiun itu penting bgt ya ay. Makasih ya masukannya ...
Niwanda said…
Kalau sudah dipersiapkan dengan baik, kitanya juga jadi lebih tenang, ya, Mom. Kalaupun belum bisa ideal persiapannya, setidaknya sudah ada pergerakan ke arah sana.