Skip to main content

Tempat Yang Wajib Dikunjungi di Parakan Dan Sekitarnya


Tak se-famous Jogja dan Solo, Kota Parakan dikenal segelintir orang saja. Kota kecil yang terletak dilereng Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing ini adalah salah satu kecamatan di kabupaten Temanggung propinsi Jawa Tengah.

Jalan Diponegoro Parakan
Jarak tempuh ke Parakan dari Jogja menggunakan mobil sekitar 2-3 jam perjalanan. Parakan dilintasi jalur dari Wonosobo ke Yogyakarta / Semarang dan Yogyakarta ke Jalur Pantura atau Jakarta. Hal ini membuatnya jarang terlihat sepi dari lalu lalang bus, mobil travel dan kendaraan motor lainnya.

Bertepatan musim liburan kemarin , saya dan keluarga berkesempatan menghadiri undangan pernikahan saudara di banjarnegara, Jawa Tengah. Kesempatan ini kami manfaatkan untuk pulang ke kampung halaman, Parakan. 

Seperti biasa saat berada di Parakan sebisa mungkin dimanfaatkan untuk melepas rindu akan Keluarga dan kuliner yang tidak tersedia di Jakarta. Ada yang berbeda kali ini karena berhawa liburan jadi Kami pun mampir ketempat yang bisa memanjakan Mata Dan melepas penat.

Berikut tempat yang rekomen untuk dikunjungi saat berada di Parakan.

Pasar Entho , bagi suami dan kakak ipar, pasar ini adalah tempat nostalgia kuliner masa kecil. Karena beberapa makanan memang hanya ada disini. Dulunya pasar ini ramai pedagang sayur mayur, ikan, ayam sampai masakan matang, layaknya pasar kaget. Seiring pergeseran jaman, pasar ini hanya dipenuhi penjual makanan dan kudapan, karena pasar tradisional sudah direlokasi ke pasar semi modern, yaitu Pasar Legi.

Jalan Masuk Pasar Entho




Terletak di gang kecil, pasar entho ramai di waktu waktu pemudik datang. Yang khas disana ada dawet hangat, seperti cendol dan dawet pada umumnya disajikan dengan kuah santan dan gula aren. Dawet terbuat Dari tepung beras berwarna putih dan disajikan selagi hangat.

Sego kluban, Sego abang (merah), Sego jagung dicampur dengan sayur semacam urap, tempe tahu bacem, tempong, ikan teri dan perkedel.

Sego abang

Penjual Sego Kluban
Ada pula gudeg gurih, berbeda dengan gudeg yogya, gudeg di daerah ini manis tapi gurih.

Kudapan manis khas parakan wehku namanya seperti bapau namun rotinya dikukus namun teksturenya lebih padat, dengan isian coklat, kacang hijau, nanas.
Jenang dan cetil (sejenis cenil) pun ada.

Penjual cetil dan jenang 
Tempe Kemul tempe bersalut tepung yang digoreng atau semacam mendoan gaya Parakan. Dan banyak lagi.

Rumah makan Bu carik
Sudah jadi langganan kalau pulang ke kota ini harus mampir di warung makan Ibu Carik. Warung makan legendaris di Parakan, modelnya seperti warteg menyediakan beragam lauk pauk. Ada brongkos ayam, brongkos daging, coan coan, pecel sayur, telur masak santan, aneka gorengan,  empal , paru dan masakan lainnya khas parakan.





Restoran Pesona  ikan Mas
Hari berikutnya, memenuhi keinginan ibu yang rindu menikmati hidangan ikan bakar, kami pun melancong ke Temanggung, perjalanan mobil sekitar 30-40 menit.
Restoran Pesona  ikan Mas, namanya, terletak sekitar 500 meter dari Pikatan water park. Menu andalan adalah ikan bakar kecap cabe hijau, nilai rasa ada angka 8 dari 10, tempe mendoan, cah kangkung  dan menu pada umumnya di restoran seafood. 

Berswafoto di kawasan pecinan parakan
Walau tak banyak tapi pecinan diparakan mempunyai daya tarik tersendiri bagi pecinta seni bangunan dan arsitektur. saya pun tak melewatkan kesempatan untuk mengabadikan bangunan klasik tersebut.



Kelenteng Him Tek Tong
Berdiri sejak th 1840 an, kelenteng sudah mengalami beberapa kali rehab untuk melestarikannya.
Tak hanya sebagai tempat ibadah, kelenteng juga sering mengadakan kegiatan sosial. Tersedia lapangan basket yang terkadang digunakan anak muda sekitar bermain basket maupun sepak bola.


Jembatan Sangkil Kali Galeh
Jembatan gantung Sangkil adalah jembatan yang menghubungkan desa Sanggen di Kecamatan Bulu dan desa Sekrikil Kecamatan Parakan, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah.
Disebut Jembatan Sangkil yang merupakan singkatan dari Sanggen-Sekrikil.
Diresmikan pada pertengahan tahun 2017 oleh Presiden Joko Widodo. Sebelum dibangun jembatan masyarakat sekitar memanfaatkan bambu yang difungsikan sebagai penyeberangan pejalan kaki antar desa.



Bukit posong

Pemandangan Gunung dan bukit, lukisan sang pencipta ini terletak kurang lebih 50 km dari kota parakan ke arah wonosobo. Letaknya di kaki Gunung Sindoro, Desa Tlahab, Kecamatan Kledung, Kabupaten Temanggung. Tiketnya sangat terjangkau sekitar Rp 4.000,-
Objek wisata ini buka dari pukul 04.00 hingga 17.00 WIB. Dari gapura depan menuju Bukit memakan waktu sekitar 30 menit perjalan motor. Selengkapnya disini

Embung kledung
Danau buatan yang terletak di Desa Kledung, kecamatan Kledung  tak jauh dari Bukit Posong . Beberapa traveler mengatakan keindahan danau ini  mirip dengan danau gunung fuji di Jepang . Saat cuaca cerah  Kita bisa menikmati pemandangan danau dan pegunungan. Berswafoto maupun foto-foto dengan latar belakang Gunung Sumbing maupun Sindoro yang mempesona.Disini



Kolam renang Simpleng – Gondosuli
Objek wisata , kolam renang ini baru diresmikan pertengahan 2019 lalu.Terdiri dari kolam renang anak dan kolam renang dewasa. Dibanderol dengan harga Rp.8000 (sudah termasuk air mineral) tarif dewasa dan anak sama. uniknya air kolamini berasal dari mata air sekitar.
Nantinya Kolam tenant ini Akan dibangun Wahana permainan air, untuk menarik wisatawan sekitar.




Tiga hari berlalu cepat, dirasa tak cukup melepas penat rutinitas rumah tangga. Apalagi  udara yang sejuk sepanjang hari bikin betah, serasa pasang pendingin  udara sekecamatan non-stop alias 24 Jam menyala. Musim lebaran nanti kita Akan kembali lagi ke Parakan.

Nah sekarang sudah tidak rooming lagi tho kalau ada yang ngobrol tentang Parakan.

Salam J

#kotaparakan
#Tourtemanggung
#parakankita
#Bukitposong
#wonosobo





Comments

  1. Seru banget ini, aku belum pernah, baca blog kamu keinginan ku jadi menggebu gebu neh pinginnnnn

    ReplyDelete
  2. Ternyata banyak juga yang bisa dikunjungi di kota Parakan ya. Saya sering denger namanya tapi belum pernah ke sana, baru kali ini baca ulasan tempat wisata di Parakan. Terima kasih sharingnya, Mbak Julia.

    ReplyDelete
  3. belum pernah ke Parakan sekalipun! Suka banget liat kolam renangnya... Anakku pasti seneng deh berenang disitu... thanks infonya mba

    ReplyDelete
  4. Danaunya cantik sekali, apalagi dengan latar belakang pegunungan. Semoga ada kesempatan ke sana

    ReplyDelete
  5. walau baru pertama kali dengar parakan, tapi lihat foto-fotonya seperti ingin datang dan melihat langsung ya, sungguh explore Indonesia ini menjadi PR banget banyak ya destinasi serunya.

    ReplyDelete
  6. Wah ternyata parakan menyimpan kekayaan wisata juga ya. Kulinernya juga oke2. Semoga ada rejekinya ntar bisa berkunjung juga

    ReplyDelete
  7. Wah seru banget ini mbaaak, alamnya juga masih menyenangkan sepertinyaa mbaa

    ReplyDelete
  8. Paling suka dengan makanan di rumah makan sederhana dengan menu khas daerah tapi rasanya wenak haha.
    Wah penasaran gudegnya gak terlalu manis yaa. Tapi aku emang lbh suka yg agak gurih soalnya kalau terlalu manis kurang cocok di lidahku hehe.

    ReplyDelete
  9. Waaah parakan... Desember 2016 sempat kesini saat nikahan etmen suami. Sayangnya ngga sempet jalan Japanese karena bener bener cuma sehari, hehe.

    ReplyDelete
  10. pensaran sama broncos ayam, broncos daging mba namanya ga familiar jadi penasaran pengen cobain hahaha

    ReplyDelete
  11. waah ternyata aku baru tauuu ada kota Parakan ini dan lumayanan juga kalo dari Jogja karena aku pernah tuh datengin temen kantor nikahan di daerah Temanggung ini mba. Udah gitu banyak juga ya wisata yang worth to try disini ini

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

“World Of Imagination” Dunia Dongeng Dan Imajinasi Anak

“Papah jadi King Ghidorah, terus Kei jadi Godzilla yah”. Percakapan itu sampai ke telinga saya, sembari  meracik sop di dapur.

Itulah anak anak dunia mereka hanya bermain, bermain dan bermain. Dunia bermain yang penuh imajinasi, alami, spontan dan menabjubkan terkadang tak masuk akal orang dewasa. Bermain dan berimajinasi adalah sarana anak untuk  belajar. Disebutkan dalam sebuah artikel di theasiaparent, Imajinasi lahir dari proses mental yang manusiawi dan merupakan bagian dari aktivitas otak kanan yang bermanfaat untuk kecerdasannya. Beberapa manfaat imajinasi diantaranya; membuat anak berpikir kreatif, mudah bersosialisasi dan berkomunikasi , lebih percaya diri.


Kemampuan berpikir kreatif ini penting untuk tahap kehidupan selanjutnya dalam menghadapi dan memecahkan permasalahan. Untuk menumbuhkan Imajinasi diperlukan stimulus dan respon positif terhadap imajinasi mereka. Luangkan waktu bermain bersama anak dan hindari terlalu banyak melarang.

Salah satu  bentuk stimulus yang dapa…

Resep Opor Ayam Tombo Kangen dari Yummy App

Apa yang Mama rasakan jika anak lebih memuji masakan orang lain ketimbang masakan mama?
Kalau saya sudah pasti merasa cemburu. Lain hal jika saya tidak pandai memasak, tak masalah anakku memuji masakan orang lain.
Anak-anak selalu bicara jujur dengan apa yang mereka inginkan dan rasakan. Terutama soal makanan, sangat mengerti  mana yang enak dan mereka suka. Hal ini terjadi pada saya beberapa waktu lalu. Ketika itu anak saya berbicara sama mbah utinya (nenek) melalui telepon. Saya  mendengar sekilas perkataan Kei.”Mbah Uti,  nanti kalau si korona sudah pergi kita ketemu ya. Khalif udah rindu makan opor ayam buatan Uti”. Tahun ini kami tidak pulang kerumah Ibu Mertua. Jadi lebih sering menelpon ibu sebagai pengobat rindu.
Segera seusai percakapan di telepon itu, saya pun menawarkan pada Kei, “Kamu kepingin makan opor, Nak?. Mama masakin opor kayak dirumah uti, ya?”. Spontan Kei menjawab, “gak usahlah Mah, nanti aja dirumah uti". Opor buatan mama gak sama, kurang enak rasanya”. men…

Menikmati Hari Tua Dengan Perencanaan Dana Yang Tepat.

Di suatu sore yang oranye, roda sepeda motor kami berputar santai. Entah kenapa tiba tiba pikiran saya melambung ke masa 10 tahun yang akan datang. Akan jadi seperti apakah kami?. Apakah  kami masih bersam-sama?, apakah kita akan menghabiskan senja bersama?, atau Dia sendiri tanpaku.
“Bee, kalau nanti kamu sudah tidak bekerja di kantor, apa yang akan kamu lakukan?”, tanyaku padanya.
“Apa Kita jualan sembako seperti Ibu? atau jualan baju online?”.
Sejenak hening. “Lihat saja nanti, belum tentu umur kita sampai”, begitu jawabnya dengan santuy . Memang, kalau bicara umur hidup manusia  ya jelas diluar kendali saya. Dipastikan, hanya Sang Penciptalah yang  paham rahasia umur mahluknya.  Tapi kita sebagai  manusia yang telah diberi kesempatan hidup harus mempergunakan sebaik-baiknya, merencanakan tiap langkahnya, berusaha semaksimal mungkin, setelah itu tinggal lihat hasil akhirnya.
Curhit sedikit yah, maksud saya tuh gini lho, Mbok ya direncanakan jauh-jauh hari sekiranya nanti sudah pen…