Skip to main content

Millennials entrepreneurs dalam kacamata syariah

The future of millenials entrepreneurs in syariah ways
Gak asing yah dengan kata entrepreneur ini pemirsa, dalam bahasa artinya orang yang menjalankan aktivitas wirausaha, membuat produksi, memperkenalkan produk tersebut, memasarkannya serta mengatur permodalan operasinya.
Jadi gimana sih prospek wirausaha milenial dalam  syariah islam, begitulah kira kira pembiacaraan di hijabers Day Out kali ini .

Menurut narasumber,  Bisnis kekinian  di era milenium ini diantaranya :
∞ Halal Food & Beverage, Masih jarang pengusaha makanan lokal yang memajang logo halal, jadi besar peluang berwirausaha di bidang ini. Nah contoh nya Halal K-food , The Halal guys, ini contoh produk luar yang masuk ke indo .
∞ Halal Kosmetik, Wanita ga jauh dari yang namanya kosmetik  yah , dan masih sangat langka di indonesia kosmetik halal. Sedangkan di Era milenial ini kesadaran muslim akan Syariah islam makin tinggi, tentunya mereka mencari yang sesuai syariat dalam segala aspek salah satunya kosmetik.
∞ Halal Hospitality – Hotel  halal dalam segi tamu yang menginap, cateringnya, dll
∞ Pariwisata Halal , potensi halal turis masuk Indonesia kian membesar sebagai “One of the best halal destination in the world” versi GMTI
∞ Muslim modest Fashion indonesia sebagai salah satu kiblat fashion muslim di Dunia, sangat besar potensi womenpreneur indonesia dalam bidang ini.  

Mas Rezza AB .Artha MBA , sebagai pembicara kali ini, beliau Ketum Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) DKI Jakarta. Menyampaikan Peran industri kreatif sebagai tulang punggung ekonomi nasional menggantikan SDA.  Sub sektor dari industri kreatif  diantaranya : Kuliner , Fashion, Kriya, Fotografi, music, televisi & radio dll. Nah sektor industri inilah yang nantinya akan fenomenal.
.
.
Sebelum lanjut, kita liat dulu apa definisi syariah itu. Berasal dari kata syara’ bisa diartikan jalan yang dilalui manusia untuk menuju Allah. Karena tujuan diciptakannya manusia di muka bumi ini adalah untuk mengabdi kepada Allah (Adh-Dhariyat 51:56) , segala sesuatu tujuannya hanya Allah.  Maka Syariah islam adalah hukum atau peraturan yang mengatur seluruh segi-segi kehidupan muslim untuk menuju Allah.
Seorang entrepreneur gak bisa jauh jauh dari yang namanyua H=U+M ini dalam istilah akuntansi. Harta , utang dan modal berkaitan dengan uang. Keuangan inilah yang harus sesuai dengan prinsip syariah islam. Prinsip Keuangan syariah , mengandung 3 unsur larangan :
1.       Riba (dalam bahasa “Bertambah” atau “kelebihan” yaitu kelebihan atas akibat jual beli maupun pinjaman utang piutang). Bertambahnya takaran dalam tukar menukar, menambah/memberatkan pihak yang berhutang.
Dalil Q.S Al Baqarah (2):276 , Allah memusnahkan riba dan menyuburkan sedekah. Dan Allah tidak menyukai setiap orang yang tetap dalam kekafiran dan selalu berbuat dosa.
2.       Gharar (ketidakpastian yang berlebihan / pertaruhan) , Jual beli yang tidak jelas asal usul barangnya, jual beli yang akadnya tidak jelas, mengandung unsur pertaruhan dan perjudian. Termasuk Akad Jual beli yang jelas dan pasti. Juga Akad Investasi dan Pinjam meminjam. Tidak merugikan atau membebani pihak yang berinvestasi maupun yang berhutang.
3.    Dzalim (ketidakadilan) dalam bahasa Arab, menempatkan sesuatu bukan pada tempatnya. Sedang menurut istilah zalim adalah perbuatan yaang melampaui ketentuan syariat, baik dengan cara menambah atau mengurangi. Dalil Q.S Al Maidah (5):8

Menurut M Assad, CEO & founder TAMASIA , dalam menjalankan bisnisnya seorang entrepreneur harus pandai mengelola keuangan, karena disinilah urat nadi pengusaha. Nah pengelolaan keuangan syariah adalah perencanaan, pengarahan, pemantauan dan pengendalian sumber daya moneter dari sebuah organisasi yang efisien dan efektif untuk mencapai tujuan dan dilakukan berdasarkan asas asas islami.

•Pengelolaan keuangan Syariah harus berdasar pada prinsip prinsip syariah islam :
√Mengharap Ridho Allah
√Tidak Ada investasi Haram
√Bebas riba
√ pembiyaannya menerapkan sistem bagi hasil baik untung maupun rugi, dalam sewa , gadai, dan jual beli.
•Mengelola keuangan sesuai tuntunan syar’i  :
√ Pertama kelompokan kebutuhan inti lebih dulu, 1.Untuk keluarga 2. Untuk sedekah 3.Untuk digunakan sebagai modal kembali.
√ Kedua , 1. Sisihkan untuk modal 2. Menabung 3. Hemat 4.Sedekah 5. Mempersiapkan masa depan dengan emas
sebuah perusahaan teknologi dengan platform digital yang menyediakan jasa transaksi jual-beli emas, titip emas, dan simpan emas pertama di Indonesia secara syariah.
Dengan menabung  berupa emas kecil kemungkinan  merugi dan pastinya sesuai apa yang di syariatkan dalam islam.



salam J


a

 



Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

“World Of Imagination” Dunia Dongeng Dan Imajinasi Anak

“Papah jadi King Ghidorah, terus Kei jadi Godzilla yah”. Percakapan itu sampai ke telinga saya, sembari  meracik sop di dapur.

Itulah anak anak dunia mereka hanya bermain, bermain dan bermain. Dunia bermain yang penuh imajinasi, alami, spontan dan menabjubkan terkadang tak masuk akal orang dewasa. Bermain dan berimajinasi adalah sarana anak untuk  belajar. Disebutkan dalam sebuah artikel di theasiaparent, Imajinasi lahir dari proses mental yang manusiawi dan merupakan bagian dari aktivitas otak kanan yang bermanfaat untuk kecerdasannya. Beberapa manfaat imajinasi diantaranya; membuat anak berpikir kreatif, mudah bersosialisasi dan berkomunikasi , lebih percaya diri.


Kemampuan berpikir kreatif ini penting untuk tahap kehidupan selanjutnya dalam menghadapi dan memecahkan permasalahan. Untuk menumbuhkan Imajinasi diperlukan stimulus dan respon positif terhadap imajinasi mereka. Luangkan waktu bermain bersama anak dan hindari terlalu banyak melarang.

Salah satu  bentuk stimulus yang dapa…

Resep Opor Ayam Tombo Kangen dari Yummy App

Apa yang Mama rasakan jika anak lebih memuji masakan orang lain ketimbang masakan mama?
Kalau saya sudah pasti merasa cemburu. Lain hal jika saya tidak pandai memasak, tak masalah anakku memuji masakan orang lain.
Anak-anak selalu bicara jujur dengan apa yang mereka inginkan dan rasakan. Terutama soal makanan, sangat mengerti  mana yang enak dan mereka suka. Hal ini terjadi pada saya beberapa waktu lalu. Ketika itu anak saya berbicara sama mbah utinya (nenek) melalui telepon. Saya  mendengar sekilas perkataan Kei.”Mbah Uti,  nanti kalau si korona sudah pergi kita ketemu ya. Khalif udah rindu makan opor ayam buatan Uti”. Tahun ini kami tidak pulang kerumah Ibu Mertua. Jadi lebih sering menelpon ibu sebagai pengobat rindu.
Segera seusai percakapan di telepon itu, saya pun menawarkan pada Kei, “Kamu kepingin makan opor, Nak?. Mama masakin opor kayak dirumah uti, ya?”. Spontan Kei menjawab, “gak usahlah Mah, nanti aja dirumah uti". Opor buatan mama gak sama, kurang enak rasanya”. men…

Menikmati Hari Tua Dengan Perencanaan Dana Yang Tepat.

Di suatu sore yang oranye, roda sepeda motor kami berputar santai. Entah kenapa tiba tiba pikiran saya melambung ke masa 10 tahun yang akan datang. Akan jadi seperti apakah kami?. Apakah  kami masih bersam-sama?, apakah kita akan menghabiskan senja bersama?, atau Dia sendiri tanpaku.
“Bee, kalau nanti kamu sudah tidak bekerja di kantor, apa yang akan kamu lakukan?”, tanyaku padanya.
“Apa Kita jualan sembako seperti Ibu? atau jualan baju online?”.
Sejenak hening. “Lihat saja nanti, belum tentu umur kita sampai”, begitu jawabnya dengan santuy . Memang, kalau bicara umur hidup manusia  ya jelas diluar kendali saya. Dipastikan, hanya Sang Penciptalah yang  paham rahasia umur mahluknya.  Tapi kita sebagai  manusia yang telah diberi kesempatan hidup harus mempergunakan sebaik-baiknya, merencanakan tiap langkahnya, berusaha semaksimal mungkin, setelah itu tinggal lihat hasil akhirnya.
Curhit sedikit yah, maksud saya tuh gini lho, Mbok ya direncanakan jauh-jauh hari sekiranya nanti sudah pen…