Wujudkan Liburan Impian Bersama Traveloka

Seusai terima laporan hasil belajar semester satu. "Mah, hasil belajarku cukup memuaskan, kira kira mamah papah mau mewujudkan impian aku?

Aku terdiam, to the point banget ya anak ini, itulah Khal dia dengan mudah mengutarakan isi hatinya dan dia selalu ikutin suara hatinya dalam banyak hal entah itu makanan, berpakaian hingga cara bermain. 
Begitu juga seharusnya dalam menjalani hidup lakukan dengan cara kamu sendiri dan selalu ikutin suara hati #LifeYourWay karena kalau ikutin kata orang belum tentu dananya cukup hehehe...

Hal yang sama dalam menikmati liburan tiap orang punya caranya masing-masing. Kerja keras dulu bersenang-senang kemudian atau utang dulu senang-senang selalu, solo traveling atau share trip. 
Apapun itu liburan atau traveling intinya lakukan semua dengan caramu #lifeYourWay. Semua senang liburan dan traveling walau akhirnya bawa cucian kotor sekoper tapi hati jadi hepi otomatis fisik jadi sehat.

Liburan Keluarga foto:Traveloka

Tips Healing anti Pusing

Sebentar healing, tahun depan traveling, tapi kesudahannya tetap pusing? Begini nih kalau traveling gak ngikutin suara hati, tapi lebih ngikutin trend dan demi kata orang. Nah agar acara healing atau liburan benar-benar bermanfaat membawa kebahagiaan, simak tips berikut.

  • Rencanakan
Penting nih bagi yang berlibur bawa anak-anak, kemana, kapan, backpacker-an atau yang fancy dan berapa lama waktu liburan serta aktivitasnya.
  • Pilih Destinasi sesuai kemampuan 
Agar tetap terkendali dan tidak memaksakan maka pilihlah destinasi liburan yang terjangkau dengan kemampuan keuangan.
  • Menabung
Bagi saya yang dan tidak ada anggaran liburan tiap bulan jadi perlu di menabung secara rutin agar bisa terwujud liburan yang sudah direncanakan.
Kan bisa pakai dulu bayar nanti, hmmm ini kadang-kadang bikin pusing, libiran usai terbitlah tagihan jadi pusing lagi hehe...
  • Selama liburan off kan urusan kantor
Liburan artinya out of office jadi segala sesuatu urusan kantor mohon di nonaktifkan sementara waktu.
  • Nikmati liburan dengan cara kamu dan ikutin suara hati #LoveYourWay

Liburan ala Aku 

https://www.remahkata.com

Bandung

Bandung jadi kota tempat healing terdekat dan tercepat. Kilas balik pengalaman jalan-jalan ketika usia masih ranum-ranumnya 10 tahun lalu. Aku dan 2 temanku go show ke Bandung sepulang kerja, waktu itu kami dapat shift malam langsung naik travel cipaganti dari dekat kantor. 

Masalahnya di masa itu platform travel seperti traveloka yang memungkinkan booking hotel dan akomodasi lainnya hanya dengan sentuhan jari, belum hadir. Jadilah kami mencari hotel secara manual dari satu hotel ke hotel lainnya malam itu. Pengalaman 3 gadis absurd ke kota Kembang, penuh tawa yang jadi kenangan seumur hidup.

Bali

Lain cerita Bandung lain lagi Bali, kala itu Aku pergi bersama teman plus genknya teman total kami bersepuluh. Liburan ini terwujud setelah masing-masing kami menabung setiap bulan selama 6 bulan. Untuk mengakomodir 10 orang selama di Bali kamj pakai jasa travel agen harga teman. Pengalaman seru jadi kenangan mulai dari teman yang gemetar sepanjang penerbangan karena baru pertama kali naik pesawat hingga kejadian diluar nalar saat dikamar hotel.

Traveling selalu punya cerita tersendiri entah itu ala backpacker (wisata beransel), solo traveling, share trip sampai traveling fancy yang terpenting ikutin kata hati #LifeYourWay, sudah pasti bisa bikin hepi. Tak perlu pusing memikirkan pendapat orang tentang caramu berpergian.

Yogyakarta

Tahun ini Aku dan suami  sudah rencana untuk kembali pulang ke 'Kotamu' alias Yogyakarta.
Ini salah satu cara kami menyehatkan mental dari tekanan dan kejenuhan rutinitas yang dijalani sehari hari. Tak hanya orang dewasa yang perlu, anak anak juga perlu healing hehehe...

Dalam setahun tidak mesti ada liburan atau sekedar menginap di hotel alias staycation. Kalau pun akan berlibur perlu perencanaan jauh-jauh hari.

Kata sebagian orang traveling itu ya keluar negeri, tapi menurut aku kemana pun itu selama ada perjalanan dan petualangan artinya itu traveling dan yang pasti sesuai budget agar healing tidak berakhir pusing.

Terakhir liburan ke Batu, Malang lima tahun lalu kini usia Khal sudah 8 tahun ada prestasi yang ia tunjukan walau bukan dengan juara dan piala setidaknya Ia berani tampil berani mengukuti kompetisi dan ini harus di apresiasi.

Selain itu ada keinginanku bertemu teman lama satu pekerjaan dulu, Arin, setelah menika Ia pindah ke Jogja tak sangka anaknya kini sudah 3 menuju 4 padahal Ia dulu begitu hits dikantor kini berubah 180 derajat.

Alasan lain adalah anak, anakku suka banget nonton Coyote Peterson edisi Found In Tide Pools nah dari sana muncul ide eksplor pantai Gunung Kidul yang ada tide pool (kolam pasang surut) banyak binatang laut yang bisa ditemukan di bawah bebatuan karang. 

Seperti biasa untuk liburan kami pilih tanggal low season, walau paksu harus ajukan cuti dan anak-anak izin sekolah. Namun ini yang terbaik selain hotel tidak penuh, transportasi mudah di dapat dan yang pasti harga lebih ekonomis. 

Aku mulai ceki ceki destinasi hotel dan moda transportasi yang akan digunakan. Untuk hotel sudah lama kami cita cita menginap di Eastparc Jogja, apalagi setelah lihat story sepupuku yang menginap disana beberapa bulan lalu. Fasilitas rekreasinya full, ada water park, farming, berkuda, ATV wah pokoe ngiler.

Semua kita cek melalui Traveloka, gak perlu ceki ceki website masing-masing tempat karena hargà yang ditawarkan Traveloka kurang lebih sama dengan website resmi hotel maupun KAI. Kurang Lebih seperti ini rencana liburanku dan keluarga bareng Traveloka ke Yogyakarta.

Hari ke-1 Wisata Edukasi

Estimasi tiba di Jogya sekitar pukul 07.31, kami pilih Kereta Bogowonto karena paling ekonomis. Dari stasiun tugu langsung pesan mobil sewa 12 jam melalui Traveloka. Jika dibandingkan taksi daring sewa mibil melalui traveloka lebih ekonomis karena dalam 12 jam kami akan mengunjungi beberapa tempat.

Borobudur

Candi Borobudur Foto: www.Indonesia.travel

Hari pertama landing di Jogja akan diisi dengan jadwal mengunjungi Candi. Gak bosen dari jaman putih abu-abu udah study tour ke Candi? Ya nggak lah, Candi merupakan warisan budaya yang patut kita lestarikan, caranya ya dengan ajak anak cucu mengunjungi candi. Pas banget nih, di semester lalu Khal belajar tentang keberagaman budaya melalui macam-macam rumah Ibadah yang ada di Indonesia.Candi Borobudur merupakan peninggalan Budha terbesar di dunia yang dibangun Dinasti Sailendra pada masa 780-840 Masehi.

Tiket masuk ke Candi bisa di beli melalui Traveloka harga mulai 48,000 untuk wisatawan domestik. Caranya masuk ke aplikasi Traveloka lalu pilih menu attraction lalu dibagian atas ganti lokasi menjadi yang diinginkan, contoh Yogyakarta nanti akan muncul Borobudur, Prambanan.

Desa Wisata Klipoh

Gerabah Foto: Travel kompas

Desa wisata Klipoh adalah sentra kerajinan gerabah tradisional, terletak di Desa Karanganyar, Borobudur, Magelang berjarak kurang lebih tiga kilometer dari Candi Borobudur sekitar 10 menit perjalanan. Ini akan jadi pengalaman pertama ku begitu pula bagi Khalf. Disini pengunjung bisa belajar membuat gerabah sendiri. 

Sebelum melanjutkan perjalanan ke Candi berikutnya, Prambanan dan Ratu Boko ada baiknya kita isi tangki energi terlebih dulu rencana kita akan makan siang di Ayam Goreng Bu Tini atau di Soto kadipiro.

Prambanan

Candi Prambanan Foto: depositphotos.com

Dari Borobudur lanjut ke Candi berikutnya Prambanan kalau Borobudur Candi peninggalan Budha maka Prambanan adalah Candi Hindu terbesar di Indonesia. Dibangun sekitar pertengahan abad ke-9.
Sebenarnya waktu terbaik mengunjungi Candi Prambanan adalah di pagi hari sekitar pukul 06.30 hingga 08.00. Udara pagi yang cerat menambah keindahan pemandangan candi.

Hotel

Setelah rangkaian wisata edukasi Candi, waktunya cek in hotel, Eastparc Hotel yang kami pilih mau tau kenapa? pasti sudah tau karena hotel ini hits di media sosial Instagram karena fasilitasnya.

Pertama Eastparc pas untuk keluarga karena ramah anak, terutama yang memiliki anak usia balita hingga usia sekolah.

Kita tau dunianya anak-anak ya bermain, jadi cocoklah hotel ini untuk mereka bermain. Di Eastparc ada kolam renang , taman bermain air dengan perosotan balon yang ukuran jumbo, juga ada kolam ombaknya plus prosotan air. 

Harga yang ditawarkan sudah termasuk semua fasilitas yaitu outbond station, outdor playground, horse riding dan banyak lagi.

Istirahat, berenang sore at Eastparc waterpark (saya akan meet bersama teman di waktu ini , kebetulan sahabatku punya 3 anak, pas banget bisa jadi teman Khal bermain menikmati taman air di hotel. Saat anak anak playdate mamah bisa chit chat melepas rindu.


Makan malam di Gudeg Pawon dan UHT

19.00 - 22.00 Waktu cocok untuk menikmati makan malam sambil Meet Up dengan teman Paksu. Kami paling suka makan Gudeg Pawon kalau ke Jogka namun gudeg tersebut baru buka diatas jam 10 malam.

Nah untuk awalan kita makan di  UHT (Ultra High temptation) mau buktiinnkalau semua makanan ala baratnya di baderol harga 20 ribu kebawah.

Menu di UHT foto: UHT

Gudeg Pawon Foto:google

24.00 - 05.00 Back to hotel Istirahat prepare untuk esok eksplor pantai Gunung Kidul.

Hari Ke-2 Jelajah Pantai

Jadwal hari kedua adalah vitamin sea, keindahan pantai dan pemandangan laut selalu berhasil bikin otak ketat jadi kendur lagi alias rileks. Pantai yang dikunjungi adalah jajaran pantai Gunung Kidul. Dari hotel dijadwalkan berangkat pukul 06.30 karena waktu tempuh lumayan lama 2 jam. Seperti hari sebelumnya kita pakai mobil sewaan lagi dari Traveloka.

Eksplor Pantai Sadranan, Drini hingga Watu Lawang

Pernah sekali saya diajak teman ke Pantai di daerah Gunung Kidul itu pun tidak berenang hanya foto-foto dan menikmati pemandangan. Kali ini beda cerita aku pasti ikut berenang karena Khal paling tidak tahan lihat air apalagi pantai. Berenang di Sadranan relatif aman karena ombaknya lebih kecil dibanding pantai Gunung Kidul lainnya. Pantai Sadranan memiliki pasar putih yang cantik. Di pantai ini, pengunjung dapat bersantai-santai, berenang, bahkan berjemur. Pengunjung juga dapat snorkeling di pantai ini dengan menyewa alat snorkeling dengan harga Rp 50.000. Pengunjung dapat dipandu oleh pemandu untuk melihat pemandangan bawah laut yang berupa terumbu karang, biota laut, maupun ikan-ikan laut. Beberapa spot snorkeling menarik adalah Watu Pecah dan Kali Senggoro.
 
 


Pantai kedua yang ingin di sambangi adalah Drini dari beberapa sumber disini cocok untuk mencari hewan yang bersembunyi di balik batu-batu di kolam pasang surut. Ada pulau kecil di tengah pantai ini, bila sedang surut pengunjung bisa ke pulau ini. Jika waktu masih memungkinkan kita lanjut lagi ke Pantai Watu Lawang

Waktu menikmati vitamin sea paling lama hingga pukul 13.00 usai itu kita akan beristirahat kembali ke hotel. Acara selanjutnya persiapan silaturahmi ke rumah teman mama di daerah sleman. Mumpung di Sleman kita hunting sunset di Pedaran Village.

Pedaran Village

Ada apa di Desa Pedaran, kita akan dimanjakan dengan pemandangan sawah terbentang luas serta pohon-pohon kelapa yang menjulang tinggi. Menikmati sore disini sangatlah memanjakan mata.

Heha Sky View 

Malam hari kita dinner lagi sambil menikmati jogja malam hari. Venue bisa di Heha sky view. Terletak di kawasan perbukitan Gunung Kidul waktu tempuh sekitar 40-50 menit dari pusat kota lagi -lagi yang di beli adalah pemandangan.

Untuk menikmati view di Heha pengunjung dikenakan tarif masuk begitu pula untuk setiap spot foto.

Heha Sky View dimalam Hari Foto: Yogyes


Hari ke - 3  Eksplor Hotel dan Hunting Oleh-oleh

Liburan akan segera berakhir, seusai sarapan Khal bisa puas-puasin berenang lagi sambil menunggu waktu cek out. Mama berencana  mengunjungi pasar tradisional Beringharjo. Pasar Tradisional tertua di Jogja, hampir semua orang yang pernah ke Jogja pasti mampir atau sekedar lewat depan pasar Beringharjo.

Lanjut beli Bakpia favorit Kurniasari, lho kok bukan bakpia pathok? Ya kembali lagi selera, bakpia ini cenderung lebih lembut kulit luarnya ketimbang bakpia yang legend, serta tekstur kulitnya lebih berlapis-lapis. Isiannya juga bervariasi mulai dari kacang hijau, kumbu hitam hingga matcha.

Satu tempat lagi yang paling ingin dikunjungi adalah gerai cokelat lokal, Cokelat Monggo. Oulet yang berlokasi di daerah Kasihan Kabupaten Bantul mencakup museum, pabrik pembuatan cokelat dan kedai Cokelat Monggo.

Jika sudah pukul 12.00 artinya sudah waktunya kembali ke rumah.

Cara Mudah Berlibur dengan Traveloka

Terbayar sudah penantian selama ini, membayangkannya saja sudah hepi apalagi nanti kenyataannya, pasti ada hal tak terduga mengundang tawa. 

Aku berharap silahturahmi singkat dengan Arin temanku, bisa membawa penyegaran baginya di sela sela rutinitas harian sebagai Ibu Rumah Tangga anak 3 dan semoga bisa mengurangi isi ransel emosinya.

Perjalanan kembali ke Jakarta kami pilih menggunakan pesawat terbang agar perjalanan tidak terlalu melelahkan 

Di Liburan kali ini semua akomodasi di booking melalui traveloka mulai dari tiket kereta berangkat, hotel, atraksi seperti tiket masuk Candi borobudur dan Prambanan. Tersedia juga paket wisata lho, wisata kuliner di Jogja misalnya tinggal masuk aplikasi lalu atraksi pilih daerah lalu cari atau bisa juga langsung ke laman google.

Selain hotel dan tiket transportasi, traveloka juga menyediakan sewa mobil. Harga yang ditawarkan juga bersaing dengan platform ojek daring.

Sekitar satu bulan sebelum Liburan aku rajin memantau harga hotel dan kereta juga tiket pesawat.

Jangan lupa untuk klik free point lalu buka my coupon disana akan muncul special reward yang bisa digunakan. Gampang ya banyak lagi 

Semoga Alam semesta mendukung rencana Liburan kami bareng Traveloka .  Oh ya bagi kamu yang akan berlibur atau mencari ide liburan juga bisa langsung klik disini

Satu hal yang paling penting apapun rencana liburannya dan bagaimana cara menikmatinya  harus ikutin kata hati, karena cuma kita yang tau apa yang buat kita bahagia. Liburan ala wisata beransel, liburan versi mewah atau wisata budaya semua pilihan kembali kekamu. Sama seperti menjalani selalu ikutin kata hati dan jalani hidup dengan caramu sendiri #Life Your Way.




Comments

Maya Rumi said…
kalau liburan harus banget pake traveloka, mudah dan banyak promonya
PWWidayati said…
Sebenarnya enak ya mbak liburan pas low season, tapi suka takut bocil ketinggalan pelajaran hihihi.
Feni Restu said…
Yuk Mak kita liburan bareng yuk dengan traveloka
Feni Restu said…
Yuk Mak kita liburan bareng d
Liburan bersama Traveloka ,makin nyam dan mudah.
Rendi Riansyah said…
memang betul sih kalau mau liburan, coba cek dulu aplikasi Traveloka. Karena sering ada promo!
Mporatne said…
Benar tempat wisata yang dipilih merupakan impian semua orang tak hanya budaya yang kental kuliner juga enak.
fanny_dcatqueen said…
Ihhh samaaa aku pun lebih suka Kurniawati mbaa utk bakpia 😄. Soalnya memang kulitnya lebih lembut ga bikin remah2 berantakan 🤣. Makanya tiap ke Jogja pasti yg dibeli itu juga.

Trvlk andalanku banget tiap kali traveling, apalagi aku rutin jalan2 dengan keluarga. Krn kami memang suka traveling dari dulu. Mau kemanapun, trvlk jadi andalan pertama utk cek tiket, hotel dan tiket wisata. Lengkap bgt soalnya , bahkan utk tempat wisata LN dia juga jual. Bbrp kali aku beli JR pass waktu ke Jepang, lebih murah di trvlk.
Ida Raihan said…
Bagus loh itu Khal, Mbak. Menjadi diri sendiri dan tidak mudah terpengaruh oleh orang lain. Semoga tercapai ya semua impian, termasuk traveling bareng Travelokanya.
Destinasi traveling kalau gak sesuai keinginan yang ada malah bosan ya mbak. Bukannya menikmati liburan malah pengen cepat-cepat pulang. Nah, sekarang mo liburan udah gampang,tinggal ceki-ceki Traveloka
Bayu Fitri said…
Kalo Saya pengguna setia Traveloka kak, soalnya layanannya dapat diandalkan dan belum pernah bikin kecewa Saya pribadi. Terbaiklah Traveloka
Fenni Bungsu said…
MasyaAllah dipersiapkan matang nih kak Julia.
Semoga terujud ya impian liburannya, yang penting itinerary lengkap dan kesehatan tetap terjaga
Ova Forlendy said…
aku salah satu pengguna setia traveloka, sejak aku mulai merantau ke Jakarta, selalu beli tiket penerbaangan di traveloka, krn sangat praktis bagiku.
Eka Rahmawati said…
Traveloka emang bisa banget jadi andalan kalau mau traveling ke mana aja. Udah gitu banyak sekali penawaran promo yang diberikan. Tinggal rajin cek-cek aja deh
Diah Alsa said…
benar banget, #LifeYourWay karena sesungguhnya yang paling tahu tentang kita dan segala hal yang buat kita nyaman ya diri kita, cara kita treat diri dan sebagainya. Tiap perjalanan pasti punya ceritanya sendiri, saya juga dulu beberapa kali pergi ama teman-teman dan masing-masing punya cerita sendiri dari happy sampai ada diselipin kegemasan di dalamnya, wkkwkwk.

aakkk saya jadi pengen ke Jogja juga doong, waktu itu ke sana tapi jalan-jalannya gak puas secara ke sana malah untuk operasi gigi, hihihih.

Yanti Alif said…
Pas banget aku dah planning liburan bareng temen2 rncana mau pada k jogja barengan nih emang paling tepat saat kita liburan pakai traveloka mau psen tiket atau hotel mudah banget soalnya
Indrifairy said…
wah senangnya bisa jalan-jalan seru dikawal Traveloka, aplikasi super lengkap yang menyediakan berbagai macam kebutuhan kita selama perjalanan
Keke Naima said…
Pakai Traveloka memang enak dan memudahkan. Apalagi sekarang gak hanya untuk booking hotel. Udah makin komplit deh fiturnya di Traveloka
Andiyani Achmad said…
Traveloka ini memang super app banget deh, semua kebutuhan traveling dan wisata lengkap ada di sana
Echi Mustika said…
Kayaknya piknik keluarga keluar kota terakhir sebelum pandemik jadi kangen sih pengen keluar kota lagi.Traveloka banyak banget bonusnya dari poin hingga potongan diskon
Yayat said…
bandung, bali, jogja... ini kota kota favorit aku buat liburan.. baru aja minggu lalu aku healing tipis tipis ke bandung... booking shuttle dan hotel lewat traveloka tentunya.. dapet hotel yang bagus dan murah
Thanks mom sudah berbagi tips healing anti pusing.Memang yang namanya liburan kudu dipersiapkan matang terutama nabung ya.Tapi kalau sudah ada Travelloka yang dipermudah

Salam: Dennise Sihombing
Lia Yuliani said…
Tiap mau liburan emang enaknya pakai Traveloka. Cek biaya tiket pesawat, nginep lebih enak pakai Traveloka. Bisa milih-milih harga yang tepat dan lebih cocok. Kalau destinasi impian saya ke Bali,Singapura, Turki ama Mekah
Fenni Bungsu said…
Dari fotonya jernih ya pantainya.
Jadi healing terciamik banget nih, apalagi perjalannya bareng Traveloka.
Semoga terwujud kak impiannya.
Antung apriana said…
jadi ingat dulu pas smp pernah ke jogja dan mampir ke candi borobudur sama prambanan. sekarang setelah punya anak pengen banget euy ke sana semoga nanti ada rezekinya
lendyagasshi said…
Ya Allah, seneng banget uda bikin itin buat liburan bersama Traveloka, OTA terbaik dimana bisa memenuhi semua kebutuhan saat travelling.
Tian Lustiana said…
Bahagia ya bisa liburan bareng gini, ah saya jadi kangen liburan dan bikin itin juga
Liburan bersama Traveloka jadi mudah dan asik banget yah, apalagi banyak promonya.. mantap deh jadi happy liburan nya
Marantina said…
Long weekend kemarin aku mendadak ke Bandung. Literally baru di tol nyari hotel. Untung sih bisa dapet di traveloka
Aku juga kadang suka booking hotel buat staycation dadakan hehehe. Emang lebih nyaman pakai traveloka, harganya ga tipi tipu.
Farahdjafar said…
Aku sering booking diTraveloka untuk travelling, staycation atau hanya ke salon doank pasti selalu menggunakan Traveloka