Belum berhasil Turunkan Berat Badan? Coba Tips Berikut Ini



Penampilan yang menarik identik dengan tampilan fisik seseorang, itu sebabnya banyak wanita dan tak sedikit pria melakukan diet dan olahraga untuk mencapai body goal tertentu.

Dengan melakukan diet tak hanya dapat mewujudkan berat badan yang ideal namun diet juga bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Diet pada dasarnya adalah mengatur pola makan agar asupan yang masuk sesuai kebutuhan.

Sebagian besar banyak penyakit muncul dari makanan yang dikonsumsi sehari-hari. Dampak dari pola makan yang tidak teratur jenis akan dirasakan kemuan hari. Tak heran banyak Orang Tua mengeluhkan kesehatan mereka seputar darah tinggi dan diabetes.

Berikut tips diet turunkan berat badan sekaligus menjaga kesehatan.

1. Terapkan Jendela Makan 

Selain mengatur jenis dan jumlah makanan yang dimakan, diet bisa dilakukan dengan mengatur rentang waktu makan atau jendela makan istilahnya.

Artinya dalam satu hari hanya 10 jam waktu yang dipergunakan untuk makan, misalnya dari pukul 7 pagi hingga pukul 5 sore atau di sesuaikan dengan kebutuhan.  Bukan berarti selama jendela terbuka bebas makan apa saja ya  tetap mengacu ke porsi makan yang sudahbdi sesuaikan. Nah diluar jam tersebut hanya boleh mengkonsumsi air putih, obat dan suplemen.

2. Puasa 

Tak hanya puasa di bulan Ramadan, beberapa orang menjalankan puasa di hari hari biasa seperti senin kamis atau pun 2 hari sekali. Menjalani puasa kurang lebih sama seperti mengatur jendela makan hanya saja rentang waktunya menjadi lebih lama, yaitu 14 jam. Puasa juga berkhasiat sebagai detoks, menjaga kadar gula darah tetap stabil, dan meningkatkan metabolisme tubuh.

3. Kurangi Asupan Karbohidrat dan Gula, Perbanyak Sayuran dan Buah

Nasi, roti, mie pada umumnya di konsumsi sebagai sumber karbohidrat terutama nasi putih yang merupakan makanan pokok. Sayangnya diantara jenis beras lainnya beras putih yang  memiliki indeks glikemik paling tinggi. 

Artinya kandungan karbohidrat dalam nasi dengan cepat diproses tubuh menjadi glukosa, akibatnya semakin cepat kadar gula dalam darah menjadi naik.  

Gantilah nasi putih dengan beras coklat atau beras merah jika belum terbiasa bisa mencampurnya dengan beras putih. 

Hidari mie, roti dan sejenisnya diwaktu-waktu makan cemilan. Dengan menjaga asupan karbohidrat dan gula berat badan dapat dikendalikan serta resiko diabetes bisa dihindari. 

Perbanyak makan sayur dan buah, sebagai makanan yang kaya serat dan bernutrisi tinggi juga rendah kalori, sayur dan buah baik untuk kesehatan, termasuk membantu menurunkan berat badan.

Agar lebih maksimal khasiatnya, mengkonsumsi sayur dan buah baiknya minim proses artinya tidak memasak sayuran terlalu matang, lebih baik direbus sehingga kandungan nutrisinya tetap terjaga.

Begitu pula buah lebih baik di konsumsi langsung setelah dibersihkan daripada di jus.

4. Perbanyak Minun Air Putih

Pernah dengar diet air putih? katanya bisa menurunkan berat badan. Diet air putih bukan berarti hanya minum air tanpa memperhatikan asupan makanan namun lebih menyiasati waktu minum yang lebih banyak.

misalnya sebelum makan minum 2 gelas air putih secara tidak langsung dapat mengurangi porsi makan karena telah merasa kenyang.

Pola makan  dan jumlah asupan juga perlu diperhatikan. Disela-sela jam makan bisa konsumsi air sebagai pengganti camilan 

Dalam tubuh manusia komposisi air bisa mencapai 60% hingga 70% dari bobot tubuh, bayangkan lebih dari setengah berat badan.

Banyak konsumsi air putih baik untuk kesehatan. Air juga sangat mempengaruhi kerja organ dalam tubuh agar dapat menjalankan fungsinya dengan baik. Jika tubuh kekurangan air maka akan mendapatkan dari sumber lain yaitu darah, pengaruhnya darah menjadi kental dan berimbas ke ritme kerja organ lainnya.

Nah semua metode penurunan berat badan membutuhkan proses artinya tidak instant dan akan lebih terasa manfaatnya jika diikuti dengan rutin berolahraga. Pastikan 3 kali dalam seminggu melakukan workout selama 30 menit - 1 jam disesuaikan dengan kondisi tubuh masing-masing.

So... mau coba yang mana dulu nih atau mau kombinasi semuanya? pastinya dengan diet berat badan ideal dan sehat juga pasti di dapat. 




Comments

fanny_dcatqueen said…
So far, yg cocok di aku itu intermitten fasting (pakai jendela makan), air putih selalu banyak, dan rutin workout beban. Karena massa otot yang terbentuk sangat menolong buat menjaga metabolisme , jadi badan ttp langsing. Dulu aku juga hanya diet thok, tapi rasanya ga terlalu kliatan. Memang harus diikuti workout sih supaya ttp stabil
Unknown said…
Iya ya memang harus dibangeri olahraga, kalau dari sekafang tidak dibiasakan khawatir tua nanti kita juga yg repot dengan penyakit
Tira Soekardi said…
Yes kurangi karbo perbanyak sayur , aku sulit kurangi karbo kalau belum makan nasi rasanya belum makan