Tips Memulai Bisnis Hijab Segi Empat Ala Rahina Indonesia

Memiliki bisnis hijab dengan brand sendiri bukanlah sesuatu yang mustahil. Namun untuk merealisaikannya perlu persiapan, perencanaan yang matang dan niat serta konsistensi tentunya. Di Indonesia brand hijab segi empat sudah sangat menjamur karena permintaan pasar akan hijab segi empat, hijab motif sangat tinggi. Tak terkecuali dua sepupuku yang kini menjalankan bisnis hijab menggunakan brand mereka sendiri.

Bukan soal keuntungan semata namun bagaimana membuat sebuah brand tumbuh dan berlangsung terus menerus dalam waktu lama. 

Webinar Bersama Rahina Indonesia

Seperti biasa tiap jumat sore kami bertemu, kebetulan anak-anak  belajar berenang di tempat yang sama. Obrolan random pun jadi agenda, mulai dari membahas parenting, tempat makanan hingga bisnis.

Jadi teringat waktu dia minta pendapat tentang bisnis hijabnya yang hampir satu tahun berjalan namun belum memperlihatkan kemajuan. Jujurly aku gak bisa karena  tidak punya pengalaman di bidang bisnis dan ilmu terkait itu. Yang bisaku lakukan adalah mencari tau beberapa artikel terkait bisnis hijab segi empat yang viral. 

Keluar masuk laman pencarian lalu pindah ke instagram scroll atas bawah pas lihat postingan Teh Ani Berta, ada flyer webinar “Teknik Copy writing Story Telling untuk Bisnis Digital"

hmmm... ada kata bisnis, mungkin ada pencerahan dari sana. Aku lanjut daftar untuk ikut webinarnya.

Diadakan oleh Rahina Indonesia, sebuah brand lokal hijab segi empat asal Bandung.

Menggandeng Mba Dini Fitria penulis Novel "Kekasih Semusim" sebagai narasumber dan Mba Tina Dwi Nuryanti S. Pi narasumber sekaligus owner Rahina Indonesia. 

Mba Dini memberikan materi copy writing, bagaimana menjual dan memasarkan produk melalui teknik story telling di era digital.

Sedang Mba Tina membagikan tips memulai bisnis hijab segi empat. Acara di bawakan dengan mulus oleh sang moderator Teh Ani Berta.

Tips Memulai Bisnis Rahina Indonesia

Hampir 6 tahun berdiri kini Rahina Indonesia sudah menghasilkan banyak produk hijab, tidak hanya hijab segi empat klasik, hijab motif modern, hijab motif elegan namun juga produk fashion muslim untuk wanita bekerja yang aktif.

Mba Tina menyampaikan bahwa “Proses tidak akan mengkhianati Hasil” artinya ada proses untuk sampai ke titik sukses sejauh ini. Berikut kiat memulai bisnis dari Mba Tina;

Niat Berbisnis dengan Serius 

Tak jarang orang memulai bisnis hanya untuk sampingan, atau mengisi waktu luang. 

Padahal seperti yang sudah di dengung-dengungkan semua orang baik dalam tulisan maupun ucapan bahwa  niat adalah kunci utama. 

Kalau tidak niat pasti tidak akan bergerak alias hanya diangan-angan dan dibibir saja.

Contoh ya, niat ingin menurunkan berat badan dengan berolahraga, sepatu running sudah baru, matras masih mulus, pakaian olahraga anti panas sudah lengkap, smart watch apalagi. 

Semua itu hanya akan menjadi pajangan jika tidak mulai bergerak dan bergerak. Itulah sebabnya niat itu penting. karena kalau sudah niat apapun bisa digapai. Dengan kekuatan niat (bukan kekuatan bulan ya..) dan yakin, kata Teh Tina.

Fokuskan Jenis Bisnis dan Katagori Bisnis

Dalam ilmu ekonomi jenis bisnis itu ada yang terkait pertanian, industri, jasa dan lainya. Untuk memulai bisnis tentukan jenis bisnisnya terlebih dulu, mau produksi sendiri, beli bahan kain, desain sendiri, potong dan jahit sendiri ini termasuk bisnis jenis industri. Atau jenis perdagangan yang tidak perlu memproduksi sendiri. Sekarang sudah banyak vendor-vendor yang menyediakan one stop shopping. Tinggal tunjuk bahan apa, motif yang bagaimana, dan berapa banyak jumlahnya. 

Setelah menentukan jenis bisnis, selanjutnya langkah menentukan kategori bisnis. Pilih siapa yang akan menjadi target pasar, Remaja Putri, Ibu Rumahan, Wanita karier atau dari segi harga kategori menengah kebawah dan kategori menengah keatas atau Premium.

Lakukan Riset Pasar terlebih dahulu.

Gunakan angket atau kuisioner yang harus diisi oleh teman dan jaringan dan lakukan juga wawancara singkat kepada mereka. Dari sana akan diketahui kebutuhan dan juga minat dari konsumen. 

Yang kedua lakukan observasi terhadap perkembangan pasar yang terlihat saat ini. Ketahui hijab apa dan bagaimana yang sedang menjadi tren di masyarakat. Apa model hijab kekinian yang menjadi incaran dimana-mana sembari mengamati produk-produk yang sudah ada di pasaran sebagai bahan perbandingan.

Carilah setiap permasalahan customer pada katagori bisnis tersebut

Contoh, pada produk fashion apakah ada masalah kenyamanan pada produk, kualitas bahan, sesuaikah harga dengan 

Saya pribadi dalam hal memilih hijab itu banyak maunya, ingin hijab yang tipis namun tidak menerawang, bahannya bisa ditembus angin sehingga saat dipakai terasa sejuk sepanjang hari, motifnya tidak murahan dan simple tapi saya juga tidak punya budget untuk membayar harga yang berlebihan. 

Beda lagi pelanggan yang mencari produk premium, benar benar premium dan tidak pasaran.

Permasalahan pelanggan seperti diatas yang harus dicari tau dan diberikan solusi dengan produk-produk sebagai jawabannya.

Wah materi dari Mba Tina membuka wawasanku tentang bisnis hijab dan pastinya akan kubagikan ke Debi sepupuku, mungkin dia harus mengkaji ulang apa saja yang belum dilakukan saat awal memulai bisnisnya dan apa yang harus dilakukan selanjutnya agar bertahan dan berkembang.

Produk Rahina Indonesia

Tina Rahina lebih memilih fokus berbisnis untuk mengikuti naluri, semangat jiwanya pada dunia fashion dan keindahan wanita. 

Ia ingin menyuguhkan karya-karya yang berkualitas bagi perempuan Indonesia yang aktif dan bekerja. 

Dan yang menyentuh hati, dengan usahanya Mba Tina Rahina ingin bisa merangkul sesama perempuan dengan memberdayakan mereka agar memiliki penghasilan dan mandiri. waaaw... mulia sekali ya tujuannya. 

Dari sanalah awal berdirinya Rahina Indonesia di tahun 2016,  Tina melihat bahwa saat ini wanita bisa mewujudkan mimpi-mimpi mereka dengan keluar dari zona nyaman dan mengupayakan apa saja yang mereka inginkan baik untuk dirinya sendiri mupun orang lain.

“Women With No Bounderies” sesuai tagline Rahina Indonesia menghadirkan hijab dan fashion muslim dengan desain dan motif simple namun elegan dan smart. 

Beberapa motif Rahina mengambil inspirasi dari perempuan-perempuan yang hebat dan pintar, perempuan pemberani seperti Zaha Hadid, arsitek wanita pertama yang mendapatkan penghargaan Pritzker.

Errina Monogram

Bagi penyuka motif monogram Rahina Indonesia memiliki koleksi Errina Monogram. Koleksi ini didesain untuk wanita aktif yang selalu berani dari zona nyaman, menjadi dirinya sendiri dan mencapai mimpi-mimpinya.


Hanakotoba Series

Serries ini diperuntukan perempuan yang mempunyai ketekunan dalam mencapai visi. Dalam perjalanan mencapai cita tak selamanya mulus kadang ada tantangan sebagai perempuan yang memiliki passion ia kuat dan bertahan secara mental dan fisik.

Sheica Signature Series

Terinspirasi dari bungan dan kupu kupu , ketika perempuan mampu menemukan cahaya dari kegelapan. Cocok bagi kamu yang menyukai motif manis, lembut dan menawan.

Masih ada beberapa series hijab , cardigan dan abaya dari Rahina Indonesia. 

Hijab Basic Voal Crepe Rahina Indonesia

Oh ya Aku juga sudah punya 1 koleksi hijab segi empat dari Rahina Indonesia. Seneng deh baru kali ini punya hijab bahan Basic Voal Crepe, ternyata bahannya itu tidak kaku dan yang pasti bahannya adem karena seperti berpori-pori namun tidak menerawang. 

https://www.remahkata.com/2022/10/tips-memulai-bisnis-hijab-segi-empat.html?m=1
Hijab Basic Voal Crepe Rahina Indonesia

Untuk ukuran hijabnya 120x120 jadi bisa untuk kita yang menyukai hijab lebar. 
Bahannya Voal Crepe jadi tegak di dahi.
Oh ya menurutku cocok juga dipakai untuk acara semi resmi. 

Aku lebih pede memakai hijab segi 4, menurutku lebih cantik di aku hehehe... dan kalau bisa polos, kalau pun motif lihat-lihat coraknya.

Beli Rahina Indonesia 

Untuk melihat semua koleksi Rahina bisa langsung ke instagram Rahina Indonesia atau langsung ke market place ini.
Oh ya, bagi teman teman yang berada di luar jawa juga bisa lho memesan hijab segi empat dari Rahina Indonesia, bahkan melayani pengiriman ke seluruh Indonesia termasuk : Palopo, Palu, Pamekasan, Pandeglang, Pangandaran, Pangkajene Kepulauan, Pangkal Pinang, Paniai, Parepare, Pariaman.
Bisa langsung klik WA ini https://wa.me/6282216526061

Untuk segala macam hijab. Hijab Segi Empat Modern, Hijab Segi Empat Motif, Hijab segi Empat Motif Simple, Hijab Segi Empat Motif Terbaru, Hijab Segi Empat Murah, Hijab Segi Empat Mutiara, Hijab Segi Empat Organza, Hijab Segi Empat Panjang.


Cantik-cantik yah produk hijab Rahina Indonesia, dan yang bikin menarik lagi harganya ramah dengan kantong lho.
Aku jadi ikut tertarik nih memulai bisnis hijab, paling tidak mau mencoba jadi reseler hijab segi empat Rahina Indonesia. Hayo... siapa yang mau daftar juga? langsung kontak Rahina Indonesia di nomor diatas ya.


Comments

Maya Rumi said…
Sheica Signature Series Suka banget deh, favorit aku banget motif bunga2 harus punya juga nih dari rahina indonesia
yup menjalani bisnis harus all out. Ngga bisa hanya sekedar sampingan saja. JIka tidak konsentrasi, lebih baik tidak. Benar hebat story Rahina Indonesia. Sukses selalu.
sarrahgita said…
Alhamdulillah saya juga berkesempatan buat ikut webinar yang diadakan oleh ISB ini. Dan saya juga mendapatkan banyak insight menarik tentang bisnis hijab dari Tina Rahina. Semoga bisnis hijab sepupu mba berjalan lancar dengan menerapkan tips bisnis dari mba Tina. Semangaat.
Ririn Erviana said…
Kata orang bisnis itu menyenangkan, tapi dibalik itu semua ada usaha keras yang harus dilakukan agar bisa jadi menyenangkan. Mulai dari fokus, riset, marketing, inovasi semuanya harus dilakukan dengan gigih.
Fenni Bungsu said…
Inspiratif mbak Tina untuk bisnis hijabnya ini. Apalagi daku pun suka dengan bahan dan kualitas hijabnya
Ariefpokto said…
Menarik sekali konsep bisnisya. Tapi saya salut dengan usaha diferensiasi dengan produk lain yaitu Beberapa motif Rahina mengambil inspirasi dari perempuan-perempuan yang hebat dan pintar, perempuan pemberani, ini beneran out of the box
Efa Butar butar said…
Jangkauan pengiriman produk Rahina jauh juga ya Mba. Keren! Eh, btw, produk Rahina ini nyaman banget ya, bahannya pun halus sekali. Aku punya juga meski nonis, tapi dipakainya sebagai syal atau sesekali jadi bandana. Hihi
Ida Raihan said…
Bagus-bagus ya hijab segi empat punya Rahina. Meskipun kadang berasa agak ribet klo pake segi 4, tapi juga buyuh klo pas ada acara acara di luar.
Bethaniafeby said…
Sheica Signature Series emang the best sih untuk segmen per hijababan!
Renayku said…
Rahina keren bgt nih bisa memfasilitasi org2 yg mau berbisnis tapi bingung mulai dari mana ya.. koleksi hijab segi4 keren bgini pasti banyak yg minat nih