5 Alasan Kenapa Kamu Harus Servis Rutin ke Planet Ban

Salut deh sama cowok-cowok yang care sama motornya, setiap 2 hari sekali motor dicuci, setiap pagi motor di lap dan servis rutin secara berkala.

Beda banget sama pak suami yang harus kena ceramah ala mamah lebay baru berangkat ke bengkel untuk servis rutin.

Dalihnya sih, kilometer motor tersebut belum sampai batas tertentu untuk ganti oli jadi tidak perlu servis rutin.

Memang, jarak tempuh motor kami termasuk sedikit, 7 tahun pemakaian baru diangka 33.800 kebetulan jarak rumah ke kantor kurang lebih 3km saja, adapun sabtu minggu, kami jarang berpergian menggunakan motor

Namun suatu ketika saat kami sekeluarga harus berkunjung ke Jakarta Timur, motor mati mendadak, alhasil Paksu harus mendorong ke bengkel terdekat, anak istri lanjut taksi online. Inilah yang saya khawatirkan pengeluaran mendadak melebihi biaya servis rutin.

Bagaimanapun perawatan rutin tetap perlu dilakukan. Apalagi usia motor sudah tak muda lagi, artinya sangat membutuhkan perawatan ekstra agar performanya tetap baik dan umur pakainya bisa lebih panjang. Selain itu yang terpenting adalah keamanan berkendara.

Hal yang Perlu diperhatikan dalam Perawatan Motor:

  • Bagian dalam Mesin motor
  • Injector
  • CVT (pengganti rantai pada motor metik)
  • Oli
  • Baterai atau aki
  • Busi
  • Pengecekan ban, rem, radiator
  • Filter
  • kelistrikan (lampu-lampu pada motor)

Memilih Bengkel Servis Motor

Beda jenis motor beda pula perawatannya. Ada motor standar dengan kopling atau motor manual, ada motor tanpa kopling yang memiliki kapasitas CC kecil. Ada pula motor metik seperti yang kami pakai.

Motor metik atau skuter metik, sesuai namanya motor ini beroperasi otomatis cukup dengan satu akselerasi.

Untuk motor jenis metik, berikut bagian yang perlu diperhatikan dalam perawatannya:

Banyak faktor yang mempengaruhi seseorang dalam memilih tempat servis motor, salah satunya lokasi dan pelayanan.

Pilihlah bengkel servis yang lengkap layanannya, istilahnya one stop shopping. Tersedia pula pilihan paket servis.

Kemudian pilih lokasi yang tidak jauh dari tempat tinggal, terkadang hal ini bisa membuat kita enggan untuk servis motor karena lokasi yang lumayan jauh dari rumah. Alhasil tertunda lagi jadwal servis rutin.

Yang tak kalah penting adalah memilih durasi pengerjaan. Jika ada bengkel yang bisa melakukan servis dalam waktu 15 menit kenapa harus pilih yang lama.

Pilih bengkel yang menyediakan produk dan suku cadang yang berkualitas.

Harga yang ramah kantong, siapa yang menolak jika bisa dapat hasil servis memuaskan dan bagus tapi harga ekonomis.

Terakhir, pilih bengkel yang menyediakan berbagai macam metode pembayaran, tunai maupun non tunai. Tak jarang dompet kosong tidak punya uang tunai karena uang sudah masuk dompet digital hehehe...

Servis Motor di Planet Ban

Setelah kejadian waktu itu motor dibawa ke Planet Ban untuk diservis rutin. Itulah pentingnya servis rutin menghindari hal-hal tak terduga.


Awal kenal Planet Ban tahun 2017, ketika kami harus ganti ban motor yang sudah aus. Saat itu Planet Ban baru buka di daerah jakarta barat tokonya besar dan di pinggir jalan, menarik sekali jadi mencoba beli ban disana.

Untuk alasan keselamatan setiap tahun kami selalu ganti bpan, di Planet Ban menyediakan beragam pilihan dengan kualitas terjamin dan harga yang bersahabat. Nah ternyata ada bengkel servis juga, akhirnya jadi berlangganan disana.

Kenapa kamu harus ke Planet Ban untuk servis rutin, 

  • Tersedia berbagai pilihan paket service, 
  • Pelayanan servis cepat
  • Harga terjangkau, 
  • Kualitas terjamin, 
  • Lokasi bengkel servis sudah tersebar dimana-mana.

Paket Servis Rutin 

Servis dilakukan saat jarak tempuh motor mencapai 5000 KM atau sekitar 2-3 bulan sekali. Termasuk servis standar yaitu pengecekan dan penyetelan ban, rem, radiator, aki, air filter, busi, ECU dan rantai.

Pada motor metik pengecekan rantai tidak ada namun diganti CVT dan Throttle body (Pengganti karbu di motor injeksi). Bayangkan jika rantai atau CVT tidak di cek berkala bukan tidak mungkin bahaya mengintai dalam perjalanan berkendara. 



Servis ini belum termasuk penggantian oli, namun jika ditambab ganti oli harganya tetap ekonomis, penting lho untuk menjaga performa mesin tetap prima.





Paket Servis Ekstra


Jika servis rutin dilakukan 2-3 bulan sekali servis besar di lakukan jika jarak tempuh sudah mencapai 10.000 KM. Meliputi servis mesin bagian dalam dan injector dengan cairan khusus, selebihnya sama seperti servis rutin. Selain service jangan lupa ganti Oli agar performa mesin tetap prima.





Oli X-TEN


Planet Ban menggunakan oli khusus, X-TEN yang merupakan produk oli esklusifnya.


Standar kualitas oli yang berkualitas adalah memiliki standar SNI dan JASO. X-TEN sudah lulus uji kedua sertifikat diàtas.

Oli mesin Full Synthetic dengan kandungan Ester ini memiliki sejumlah keunggulan untuk sepeda motor seperti mampu menjaga kondisi mesin motor tetap prima dan stabil meski menempuh perjalanan jauh dan tarikan awal tetap enak saat perjalanan jauh dan macet.

Oli X-Ten juga memiliki kemampuan proteksi yang lebih dengan membentuk lapisan pelindung dinding silinder sehingga aman dari gesekan piston.

Pelayanan Cepat


Jujur agak terkejut sih, servis motor tidak sampai 25 menit. Yakin sudah di servis dengan benar, maklum ya kaum hawa bawaannya protes klo gak bener hasilnya, hehe...

Tapi nyatanya dengan waktu pelayanan yang cepat, performa motor bisa dipastikan kembali prima.


Nah, masih mau menunda jadwal servis rutin? Pastikan motor kamu terawat gaes agar aman dan nyaman berkendara.


Comments

Unknown said…
Menarik sekali topik pembicaraannya.. ini bisa jadi info baru buat mama yang mandiri bisa ke benkel sendiri ya 🥰👍