Review Minuman Kolagen

Konsumsi minuman kolagen untuk kesehatan tulang, benarkah?    

Sejak dua bulan terakhir saya rutin konsumsi minuman kolagen dua hari sekali. Terinspirasi dari Ibu mertua yang mendapat suplemen ini sepulang konsultasi dokter pasca operasi patah tulang pinggul.

Setelah dinyatakan kondisinya baik, Ibu diresepkan beberapa vitamin dan suplemen diantaranya kalsium dan minuman kolagen. Sepengetahuan saya kolagen adalah suplemen kecantikan, apakah hubungannya dengan tulang ya?

Minuman Kolagen 

Awalnya terkejut kolagen diberikan kepada ibu yang notabene sudah berusia kepala enam. Karena biasanya kolagen itu dikonsumsi wanita muda untuk menjaga elastisitas kulit, kuku dan rambut. 

Baiknya kolagen dikonsumsi sejak usia 20an karena di usia tersebut, kandungan kolagen mulai berkurang. Tubuh memproduksi kolagen dengan menggabungkan dua asam amino, yaitu glisin dan prolin, dengan bantuan vitamin C.

Hmmmm rasa-rasanya kalau pun Ibu mengkonsumsi kolagen dalam jumlah banyak dan dalam waktu singkat, agak mustahil menghilangkan kerutan alami di wajah Ibu ya.

Jadi, setelah berkonsultasi dengan dokter,  ternyata kolagen berperan mempercepat penyembuhan luka dan membantu pertumbuhan tulang rawan yang nantinya akan membentuk tulang pasca operasi

Sejak itu saya tau bahwa kolagen tak hanya untuk kecantikan tapi juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan tulang. 

Wanita rentan terkena osteoartritis/ radang sendi, osteoporosis / pengeroposan tulang dan banyak lagi keluhan tulang lainnya.

Sebagai upaya menjaga kesehatan selain berolagraga, menjaga pola makan diperlukan juga suplemen yang membantu.

Kolagen adalah salah satu protein yang menyusun tubuh manusia. Keberadaannya kurang lebih mencapai 30% dari seluruh protein yang ada didalam tuhuh. Dia adalah struktur organik pembangun kulit, kuku, gigi, sendi, dan otot. Ternyata selain berkhasiat untuk kecantikan, kolagen juga perlu dikonsumsi untuk mendukung kesehatan tulang.

Baiklah langsung saja cek beberapa minuman kolagen yang sudah pernah saya konsumsi selama tiga bulan terakhir. Mulai dari yang ekonomis hingga yang diluar budget saya, hehe..

Bloom By Young Living

Ini sang primadona, Young Living tak hanya mengeluarkan aroma therapi namun juga beberapa minuman kesehatan seperti Bloom Collagen dan Ningxia red


BLOOM Collagen by Young Living adalah minuman kolagen lengkap dengan rasa jeruk yang dipadu bersama ekstrak Wolfberry dan ekstrak Jasmine, Green Tea dalam satu formula, lengkap dengan Peptan Marine Collagen, antioksidan dan mineral pendukung kulit. 

Manfaat Peptan Marine Collagen :

  • Memperbaiki tekstur kulit dan kehalusan kulit
  • Membantu menyamarkan kerutan
  • Membantu meremajakan dan mengembalikan cahaya alami kulit.

Bloom Collagen merupakan minuman menyegarkan untuk merawat kecantikan dari dalam dan dapat dikonsumsi setiap hari.

Minuman kolagen ini sangat terasa asamnya jadi pastikan kamu makan terlebih dulu sebelum minum Bloom.

Harga per botol Bloom Collagen 50 ml, berkisar Rp. 50.000-60.000. Pastinya akan lebih murah jika kamu member Young Living

Harga tidak bohong ya bestie, minum Bloom selama 1 bulan kulit wajah lebih halus, lebih (moist) lembab gitu sepanjang hari.  Ini aku rasakan saat siang, kondisi kulit wajah ketika dipegang tetap lembab seperti habis pakai masker lembaran. 

Kulit juga jadi lebih cerah ya dan kulit kasar seperti pada tumit, siku, lutut jadi tertutup jika pecah-pecah dan halus.

Yang belum terlihat adalah menghilangkan flek hitam di wajah bisa jadi flek di wajah saya sudah terlalu dalam.

Skinista Frozen Collagen 



Berbeda Bloom collagen yang ready to drink , Skinista kolagen berbentuk serbuk dicairkan ke dalam 150ml air. Saya pakai air biasa tidak hangar maupun tidak dingin. Tapi setelah di aduk rata bisa simpan di kulkas 10 menit untuk mendapatkan sensasi dingin.

Menurut saya rasanya enak karena berperisa leci yang manis segar, kebetulan leci is my fave.

Kolagen dalam Skinista berperan dalam mengencangkan dan meningkatkan elastisitas kulit. Selain itu, minuman ini juga bermanfaat untuk:

  • mencerahkan kulit
  • memudarkan bekas jerawat bekas luka, dan flek hitam lainnya

Pada petunjuk dianjurkan untuk konsumsi Skinista 2x sehari namun saya konsumsi 1 kali sehari saja.

Waktu itu saya beli online di toko jovee harga per  kotak Rp 86.000 dari harga asli 120.000. Dalam 1 kotak berisi 15 saset 1 kali minum, ekonomis yah harganya.

Selama 2  minggu konsumsi skinista, belum ada perubahan hanya sedikit di kulit menurutku jadi lebih cerah.  Yang sangat terasa jika sebelum tidur minum kolagen saya jarang merasakan nyeri tulang belakang saat bangun dipagi hari. 

Untuk flek hitam diwajah saya termasuk tebal sehingga butuh jangka waktu tidak sebentar jika mengandalkan Skinista untuk memudarkannya.

DIVA Beauty Drink


Pertama kali coba minuman ini langsung suka, rasa buah segar terutama jenis berry, dikemas dalam botol ukuran 60 ml. Sesuai petunjuk Saya  minum 2 botol sehari, pagi dan malam. Oh ya lebih enak diminum dalam keadaan dingin. 

Tidak banyak perubahan pada kulit wajah, namun setelah seminggu konsumsi, kulit kaki pada tumit tidak lagi pecah-pecah ini waw menurutku, it works melembabkan kulit.

Minum DIVA selama 2 minggu 2x sehari, nyeri / pegal pada tulang bagian belakang saat bangun pagi juga hilang selama konsumsi kolagen ini.

Harga per botol sekitar 10.000, isi 1 kotak 6 botol biasa di banderol 60.000 - 70.000, bisa lebih murah jika cari di toko online.


Namun sangat disayangkan untuk saat ni DIVA drink tidak lagi di produksi walau di beberapa market place dan toko offline masih menjual.

Selain diatas ada beberapa minuman kolageny ang masuk daftar untuk aku coba, seperti Byoote, VIP Collagen, Erha x Youvit collagen.

***

Dari ketika minuman diatas paling rekomen dari segi rasa adalah DIVA tapi sayang sudah tidak produksi maka jatuh pilihan ke Skinista.

Saya kurang suka rasa kolagen Bloom karena menurutku rasa asamnya terlalu kuat.

Kini minuman kolagen banyak beredar dipasaran, moms harus bijak memilih mana yang aman dan benar-benar memberi manfaat. 

Dengan saya konsumsi minuman kolagen selain untuk merawat kulit juga berharap bisa terhindar dar keluhan terkait sendi dan tulang di usia senja.

Nah kalau momi bestie sudah coba yang mana aja... share ya pengalaman minum minuman kolagennya. 



Comments

fanny_dcatqueen said…
Byoote atau skr namanya BYT mba, aku pake yg itu. Dan Krn umur udh 40, aku LBH suka yg BYT cola. Krn pakai tripeptide collagen. Yg aku rasain Yaa, kulit jauuuuh lebih halus, ga ada lagi bruntusan dan jerawat. Dan lembab. Makanya aku lebih suka BYT cola drpd yg lain. Apalagi pemanisnya juga jenis Stevia, aman buat diet.
Nona Septiana said…
Makasih mam infonya ya. Aku ps bgt lagi cari kolagen.
Lenny sofyan said…
Lengkap sekali infonya, makaih mom penjelasannya
Sefa Yulanda said…
Aku mau coba nih minuman kolagen yang memang buat sesusia ku tuh uda wajib banget konsumsi
Wah ada minuman kolagen ,Bloom by Young Living Collagen. Produk ini apakah sudah disetujui oleh BPOM? Mungkin kalo boleh kandungan apa saja dalam minuman ini?
Raja Lubis said…
Sangat disayangkan yang DIVA drink discontinue produksinya. Padahal secara kemasan lebih praktis juga pemakaiannya. Tinggal minum saja.
Irawati Hamid said…
perempuan di usia cantik (>35 tahun) memang udah mulai berkurang yaa elastisitas kulitnya. minum kolagen sebagai salah satu cara menjaga elastisitas kulit. beberapa waktu lalu saya sempat minum tapi kemudian berhenti
Ririn Erviana said…
Saya jadi terinspirasi minum kolagen juga nih, biar tulangnya tetap sehat. Takut banget karena jarang olahraga nanti tiba-tiba punya masalah tulang gitu.
Aku suka minum produk Diva ini juga, rasanya enak banget.
wah sayang sekali minuman produk Diva dihentikan produksinya. Untuk yang asam saya tak bisa konsumsi.
Ida Raihan said…
Jadi pengen juga nih konsumsi kolagen biar wajah kenceng, bersih, dan mulus
Fenni Bungsu said…
Minum kolagen biar awet muda dan bisa bantu sebagai antioksidan juga. Makin cerah deh
Ternyata minuman kolegan itu banyak jenisnya ya, aku sendiri minum yang diva
Henny said…
Aku pernah sih minum minuman kolagen dari MCI.Muahalll,haha. Itu juga minum karena jadi agennya. Trus gak dialnjutkan. Karena merasa belum butuh sih. Dan sekarang makin banyak minuman kolagen di pasaran ya
Aya Choiriyah said…
Yang baru aku coba baru Diva aja, rasanya enak NYEGERIN apalagi kalo diminum dingin
sarrahgita said…
Dari ketiga jenis minuman kolagen yang disebutin diatas saya baru coba Diva itupun ga sengaja pas di tempat yoga. Btw saya baru ngeh kalo manfaat minuman kolagen ini banyak juga ya. Mau saya rekomendasikan buat ibu saya ah.
Rizkhaandhini said…
Wajib coba nih klu ternyata fungsinya Bukan hanya utk kecantikan tapi bisa untuk tulang, apa lagi diusia aq dah ke pala 4 yg tidak jarang klu turun Naik tangga dengkul sakit. Thanks infonya
Ririn Erviana said…
Saya liat teman saya sewaktu SMA, sekarang rutin banget minum kolagen. Terus perubahan terhadap kulitnya lumayan. Dia makin cantik, saya jadi kepengen juga nyoba. Tapi orangnya suka nggak telaten duhhh.
Blogger Tasik said…
dari semua produk yang dibahas, jujur saya belum mencoba semuanya hehe
Ova Forlendy said…
aku belum pernah mencoba minuman kolagen, setelah baca manfaatnya, pengen nyoba deh.
Ning! said…
Wah baru tau saya, kirain kolagen cuma buat kulit aja biar awet muda. Ternyata juga bermanfaat untuk tulang terutama sendi ya. Kayaknya aku juga perlu nih minum kolagen soalnya belakangan sendiku sering ngilu.
Renayku said…
Minuman Kolagen lagi booming nih sekarang. Cuma aku baru tau kalo Young Living juga produksi minuman ini. Aku belum konsisten sih minum kolagen kyk gini, tapi pengen coba dirutinin deh hehe
Irawati Hamid said…
saya belum pernah nih mencoba minuman-minuman kolagen yang disebut di atas. tapi bila membaca tulisan teman-teman yang mereview minuman kolagen, saya jadi tahu kalo kolagen ternyata banyak manfaatnya yaa
Yanti Alif said…
Belum pernah coba nih minuman kolagen tapi pas abis baca artikelnya jadi pengen cobain siapa tahu kerutannya bisa agak menipis hehhe
Tira Soekardi said…
Makasih infinya, manfaat yang baik buat kulit tentunya sangat rekomen ya