Kue Lebaran khas Kota Parakan Jawa tengah

Ahamdulilah ya, tahun ini bisa merasakan kembali berkumpul dihari raya.

Lebaran Idul Fitri beberapa bulan lalu, Saya ikut pulang ke kampung halaman suami di Temanggung Jawa Tengah. Kota Parakan tepatnya, ada yang pernah mampir ke kota ini? 

Tiap daerah punya sajian khas dihari-hari besar seperti lebaran. Dari Sumatera daerah asal saya ada lontong melayu, dipadu dengan kuah lodeh kuning di tambah kuah tauco udang yang menjadi ciri khas serta serundeng kacang dendeng sapi. 

Beda di Sumatera beda pula tanah Jawa yang khas dengan ketupat kuah opor. Makanan khas masing masing daerah dan tradisi keluarga inilah yang dirindu dari suasana lebaran satu tahun sekali.

Tak hanya sajian utama, kue lebaran juga menjadi pelengkap acara silahturahmi keluarga. Kue kering yang sering hadir di rumah biasa didominasi nastar, kastengel, sagu keju, putri salju namun tidak dengan rumah ibu mertua yang masih menyajikan kue khas daerah lokal. 

Roti Kelopo

Roti Kelopo (Dok.pri)

dalam bahasa artinya kue kelapa terbuat dari kelapa pastinya dan bahan umum membuat kue kering seperti tepung telur dan gula. Bagi pecinta kue manis ini enak banget, rasa tradisionalnya dapet karena tidak ada wangi butter disana hanya ada wangi khas kelapa yang dipanggang.

Kembang Jambu 

Kembang Jambu (Dok.pri)

Seperti tampilannya merah muda dan berpalut gula, sudah pasti rasanya manis. Teksturnya renyah terbuat dari campuran tepung sagu dan tepung terigu ditambah telur dan santan. Sekilas rasanya hampir sama dengan kue telur gabus hanya saja kembang jambu di lumuri gula putih.

Aneka Kletikan

Emping Manis (Dok.pri)

Makanan ringan renyah, garing biasa disebut jugaw Kletikan dalam bahasa Jawa. Biasa kita kenal dengan sebutan Keripik. Berasal dari berbagai macam bahan seperti singkong, emping, jagung, ketan, tempe dan banyak lagi. 

Di Hari Raya maupun di acara acara perayaan kletikan sering disajikan tuan rumah sebangai hidangan. Rengginang, Ceriping, Emping manis, Emping gurih.

Jika Rengginang sudah lebih dikenal orang, ceriping puyur hanya tersedia di sekitaran Parakan Temanggung. Ceriping berbahan baku singkong beda dengan rangginang yang yerbuat dari beras ketan.

Bukan berarti tidak ada yang menyajikan kue lebaran seperti Nastar, Kaastengel dan kue kering lainnya yang lebih modern hanya saja kue kue khas diatas tetap meramaikan meja suguhan di Hari Raya. 

Comments

sarrahgita said…
Selain bisa kumpul bareng keuarga besar, salah satu hal yang bikin kangen suasana lebaran, tentunya kulinernya ya. Beragam makanan khas yang unik. apalagi kalo mudik. dan saya penasaran sama roti kelopo sama kue kembang jambu, warnanya cantik.
Wah senang banget jika bisa kumpul keluarga dengan penganan atau cemilan khas kota Temanggung. Serba manis yach, tapi itulah ciri makanan atau cemilan dari Jawa Tengah.
sebagai orang Jawa, saya malah penasaran dengan menu Lebaran di tanah Sumatera


ada yang asin gak? karena camilan Jawa kan serba manis

bahkan kudapan kelapa juga manis
Fenni Bungsu said…
Wah ini hidangannya belum ada yang saya coba..
Jadi kuliner lebaran yang istimewa sih ini
Raja Lubis said…
Enaknya berkeluarga dengan orang dari lain daerah bisa menikmati berbagai kuliner khas-nya masing-masing. Bisa dapat pengalaman dan insight yang baru.

Dan memang kalau di Sumatera, di daerah saya pun, itu lontong kayaknya jadi menu andalan.
Visya Al Biruni said…
Aku tau Parakan mbaak. Tahun 2016 akhir pernah kondangan ke Parakan. Nikahan temen suami. Tapi ngga sempet eksplor kulinernya hehe.
Henny said…
Roti kelopo maksudnya roti kelapa ya.Enak-enak kayaknya nih kue lebaran khas daerah. Bukan seperti kue lebaran pada umumnya yang sudah biasa dirasakan seluruh masyarakat Indonesia, seperti kue selai nenas.