Ocean Dream Samudra dan Sea World Ancol di Buka kembali untuk Anak-Anak

November 20, 2020

"Pah, nanti tolong buatkan gambar Hammer head shark ya, Pa. Anggler fish juga ya ,Pa", begitu pinta anakku pada ayahnya.  Kegemaran Kei akan hewan laut terutama jenis hiu purba, paus  serta ikan di laut dalam, membuatnya sering mengkoleksi gambar hewan tersebut, sang ayah yang menggambar lalu Kei mewarnai. 

Sebelum pandemi kami beberapa kali mengajak Kei berkunjung ke akuarium air laut di Jakarta. Terlihat dari ekspresi wajahnya ia sangat bersemangat melihat ikan ikan raksasa di akuarium. Namun pandemi yang masih enggan beranjak dari Indonesia, membuat kami harus lebih sabar menahan diri untuk berpergian. 

Acap kali Kei mengutarakan keinginan-keinginannya, jika corona sudah tidak ada lagi. Ia ingin kami sekeluarga pergi ke pantai di kepulauan seribu. Terus nanti kita main lagi ke Sea World dan Ocean Dream samudra Ancol bersama sepupu-sepupunya.

Pernah suatu hari seusai nonton channel Blippi - Educational videos for kids episode jalan jalan ke Ody Sea Aquarium Arizona. Kei langsung jadi halu, dia ambil koleksi mainan binatang lautnya, lalu ambil wadah berisi air ditambah batu batuan akuarium. Terus bikin video sambil menunjukan koleksi mainan hewan laut, seolah-olah lagi akuarium.

Hati ibu mana yang tidak meleleh, langsung cari ide , sambil berselancar di internet mencari referensi tempat wisata yang sudah beroperasi. Saya ingat pernah ke Sea World 3 tahun lalu, langsung meluncur ke media sosial Sea World. Nah bener feeling saya, ternyata Ocean Dream dan  Sea World sudah buka kembali.

Petugas dengan protokol kesehatan (dok: ODS Ancol)

Di masa PSBB transisi ini, sahabat laut sudah bisa kembali berekreasi ke Sea World Ancol dan Ocean Dream Samudra. Tentu saja dengan disiplin protokol kesehatan yang telah ditetapkan oleh pemprov DKI Jakarta. 

Terutama patuh 3M (Mencuci tangan Memakai masker dan Menjaga jarak). Agar selamat senang bersama di Ocean Dream Samudra dan Sea World Ancol. Baca : Ketentuan Selamat Senang Bersama

Tidak hanya pengunjung seluruh staf yang bertugas juga diwajibkan mematuhi protokol kesehatan. Dalam menerapkan komitmen protokol tersebut, pihak ODS dan Sea World Ancol menyediakan tempat cuci tangan dan hand sanitizer sebelum memasuki wahana rekreasi. Wahana permainan juga disemprot desinfektan secara berkala untuk tetap menjaga kebersihan.

Penyemprotan Desinfektan di area Ocean Dream Samurda (dok : ODS Ancol)
 

Yang paling bikin happy nih, anak anak kita yang berusia dibawah 9 tahun juga sudah diperbolekhan berekreasi ke Sea World dan Ocean Dream Samudra Ancol. Dengan catatan harus didampingi orang dewasa. Anak dan pendamping harus dalam keadaan sehat lho yaaaa serta tidak memiliki penyakit penyerta/komorbid dan kondisi kesehatan yang berakibat fatal apabila terpapar COVID-19.

Selain itu regulasi pembatasan KTP wilayah DKI Jakarta juga sudah dilonggarkan ya mom dad. Jadi temen temen dan sodara yang berada di wilayah Bodetabek dan sekitar sudah boleh nih main ke Ancol. Namun untuk orang usia lanjut (USILA) diatas 60 tahun hanya diperbolehkan masuk kawasan Ancol untuk berolahraga di pantai Ancol dan Allianz Ecopark.

Untuk menjalankan protokol kesehatan, Manajemen Ancol Taman Impian hanya melayani pembelian tiket secara  online bisa melalui website www.ancol.com , bisa juga melalui aplikasi Ancol Taman Impian. Setiap pengunjung yang sudah melakukan pembelian akan mendapatkan barcode yang nantinya akan di scan sebagai akses masuk. 

Untuk meminimalisir kontak fisik dan menjaga kapasitas area, Ancol Taman Impian hanya membuka sebesar 50% dari kapasitas normal.

Jadwal  operasional Ancol :

Sea World                            : 10.00 - 16.30

Ocean Dream Samudra     : 10.00 - 16.30

DUFAN                                  : 10.00 - 17.00 

Aktivitas renang di pantai    : 06.00 - 18.00

Pihak SeaWorld menginformasikan beberapa perubahan yang terjadi saat menonton atraksi feeding time di tangki akuarium utama. Biasanya atraksi yang melibatkan dua divers tersebut dinikmati pengunjung sambil lesehan di area karpet yang disediakan. Namun kali ini untuk tetap menjaga jarak pihak SeaWorld menyediakan kursi yang sudah diberi jarak sekitar 1,5 - 2m antara satu pengunjung dengan lainnya. 


Pemberian makan penyu oleh pengunjung di kolam touch pool Sea World Ancol saat ini ditiadakan.

 


Di Ocean Dream Samudra pun serupa, Area atraksi lumba-lumba, tribun penonton sudah diberikan signage untuk menandakan jarak antar penonton.

Selain menjag jarak antar sesama manusia, rekreasi di saat pandemi ini juga meminimalisir kontak langsung dengan hewan atau biota laut di Sea World Ancol maupun Ocean Dream Samudra. Berfoto Dan berinteraksi dengan lumba-lumba di Ocean Dream Samudra pun juga belum dibuka untuk umum. 

Wahana Ocean Dream yang sudah beroperasi : Sea lion and friends, sea lion exhibit, Dolphin show, istana penguin. Sedangkan mola mola dan ubur ubur hanya beroperasi saat weekend.

 

Tidak sedikit orang yang masih khawatir terpapar virus ini. Sehingga lebih memilih berdiam dirumah daripada mengambil resiko. Namun jika moms dad sudah sangat ingin mengajak buah hati kesayangan berekreasi di masa PSBB transisi ini, harap dengan sangat menjalankan protokol kesehatan terutama patuh 3M. Karena keluargalah garda terdepan sebagai pencegah penyebaran Covid-19.   

Memang tidak mudah apalagi anak anak dan balita yang masih belum patuh mengenakan masker dan tidak menyentuh apapun disekitarnya. Berikut hal yang perlu diperhatikan saat memutuskan berekreasi berpergian ke tempat wisata :

  • Pilih tempat yang sudah menerapkan protokol kesehatan secara baik dan patuh. Gunakan kendaraan pribadi, jika harus menggunakan kendaraan umum, patuhi 3M, bawa desinfektan dan baju ganti.
  • Sediakan selalu masker pengganti,  cairan pembersih tangan, cairan semprot desinfektan untuk permukaan benda.

  • Membawa makanan dan minuman dari rumah serta peralatan makan dan minum pribadi. Jika terpaksa harus makan ditempat gunakan peralatan makan pribadi. Membawa perlengkapan ibadah sendiri.

Untuk info terkini tentang Ocean Dream Samudra dan Sea World Ancol langsung klik disini @seaworld dan @oceandreamsamudra .

 

Ancol menerapkan Senang Selamat Bareng Bareng (SSBB) dengan memastikan pengunjung  karyawan dan petugas, serta mitra untuk kembali berekreasi bersenang-senang di Ancol namun tetap selamat dari bahaya penyakit. Dengan itu tiap orang berperan untuk sadar diri menjaga kesehatan dan kebersihan setiap saat.

#mainlagikeSamudra#thinkfishSahabatLaut #oceandreamsamudra #seaworldancol .  

  • Share:

You Might Also Like

9 comments

  1. Wah jadi kangen ke sea word ya jadi pengen lagi mumpung anak pertama senang lihat aquarium

    ReplyDelete
  2. Sea word berarti udah aman bgt ya mom dikunjungi pas lagi pandemi gini, jadi ga sabar pengen liburan kesana

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tetep kontrol Ada Di Kita sih mom, terapkan patuh 3M

      Delete
  3. Jujur kangen banget bisa ksana pgn ngenalin jg ke anakku.. kynya cukup ketat ya pnerapan protokolnya mom

    ReplyDelete
  4. Wah udah dibuka lagi ya.. kangen keluar emang sm anak2 apalagi kl udah cerita panjang waktu itu terus kapan lagi ya bisa kesana bisa main ini itu? Uh ke sedih..semoga bisa ksana bareng2 deh😍

    ReplyDelete
  5. Wah Sea World udah buka juga ya. Info mom: Jakarta Aquarium di Neo Soho jg udah buka. Hari ini aku mau ke sana haha

    ReplyDelete
  6. Wah sudah buka ya, jadi pengen kesana bareng anak2 nih tapi nanti setelah ujian selesai

    ReplyDelete