Inspirasi : Memulai Bisnis Makanan ala Chef William Gozali

Spontan mata saya berbinar-binar melihat jejeran keripik pisang tertata rapi di etalase tukang serabi, apa jadinya kalau saya jadikan bisnis rumahan? Beberapa waktu lalu saya jajan serabi hijau di karawang , nah sang penjual menyajikan dagangan sampingan berupa keripik pisang kepok. 

 

Bukan keripik pisang biasa, ini terlihat dari teksturnya yang tipis, warnanya yang keemasan menyankinkan untuk disebut enak dan benar saja memang terbukti. Berbeda dengan keripik pisang lampung yang irisannya cenderung tebal dan berbumbu perisa. 

Saya pecinta makanan berbahan pisang, mulai dari keripik pisang, bolu pisang, bolen pisang , hingga kolak. Tak heran toh, saat melihat keripik pisang mata langsung melek hahaha... Karena jarang menemukan keripik pisang yang sesuai selera dan standar enak saya, tiba tiba akal ini mengirim sinyal untuk mencoba bisnis makanan ringan jualan keripik pisang. Langsung saja saya hubungi kontak yang tertera di label bungkusnya. 
 
Singkat cerita produk saya pasarkan melalui status whatsApp, setiap hari saya tampilkan gambar dan video. untuk instagram saya pasarkan di IG story setiap hari. Alhamdulilah, tanpa menunggu lama pembeli pertama pun berhasil saya dapat. 

Hari berikutnya saya kembali berselancar di dunia maya sembari memasarkan keripik pisang kepok. Di halaman utama instagram saya ramai menampilkan flyer talkshow yang temanya memulai bisnis makanan. Pas banget dong, saya lagi memulai bisnis makanan ringan. Langsung saja gabung di Instagram live bersama chef hits, pemenang MasterChef Indonesia 3. Ternyata @HomeCreditID mengadakan Fun talk #AyoMajuBersama dengan menghadirkan tokoh inspiratif. 

Tidak tanggung tanggung Omesh pun digandeng sebagai pembicara. Awalnya saya mengira Home credit adalah platform untuk jual beli rumah ternyata salah pemirsa, Homecredit adalah perusahaan pembiayaan multiguna mternyataultinasional yang menyediakan layanan pembiayaan berbasis teknologi. 

Tak sekadar dapat melihat chef idola live di IG , ternyata banyak Ilmu yang didapat tentang memulai bisnis makanan, belum lagi voucher belanja hadiah menjawab kuis. Alhamdulilah tidak sia sia saya ikutan fun talk bersama Chef yang sukses menjalani bisnis kuliner ini.  Akrab disapa willgoz , ia berbagi kiat menjalani bisnis food and beverages selama pandemi. 

Jelas berimbas pada penjualan Sunny Fatday resto yang dikelola William, namun ia menyiasati dengan menekan biaya operasional dengan mengurangi SKU bahan produksi, mengurangi varian menu. Chef jebolan MasterChef Indonesia 3 ini juga membagikan tips memulai bisnis makanan ala Willgoz. ini nih yang saya butuhkan mengingat bisnis keripik pisang baru saya rintis. 



PRODUK
Penyuka makanan negara asal Valentino Rossi ini menjelaskan ketika akan memulai bisnis makanan ada beberapa hal yang harus diperhatikan.
  • Pertama, buat atau ciptakan sesuatu yang memang layak untuk dijual, artinya makanan tersebut pantas dijual karena enak rasanya, bagus kualitasnya. Gampangnya begini, sebagai tolak ukur apakah diri kita pribadi mau makan makanan tersebut, paling tidak 2 kali dalam seminggu? jika tidak, jangan harap orang lain mau makan makanan tersebut, ungkap Willgoz. 
  • Kedua, pilihlah makanan yang long lasting atau klasik, artinya makanan yang sudah dikenal banyak orang, banyak diminati dan sebagian besang orang paham dengan makanan tersebut. Nah kita dapat menghadirkan ciri khas kita atau buat cita rasa berbeda tanpa menghilangkrasa aslinya. Seperti nasi goreng betutu.

  • Ketiga, produk tersebut harus solid dan konsisten citarasnya sehingga ketika kita tidak hadir saat memasak, rasa khasnya tetap ada. 




PEMASARAN 
Untuk pemasaran william menyarankan metode pemasaran hard sell di inner circle kita ,lalu mnfaatkan sosial media. Karena marketing sangat memakan biaya maka hal pertama yang bisa dilakukan adalah 
  1. Memasarkannya di lingkaran pertemanan seperti grup keluarga, grup sekolah, arisan ,grup komunitas dan lainnya. 
  2. Manfaatkan media sosial untuk pemasaran, fitur iklan pada instagram juga bisa digunakan dan biayanya jauh lebih murah. 
  3. Manfaatkan bantuan teman teman influencer, blogger untuk menyebarluaskan informasi produk ke masyarakat. bisa dalam bentuk endorse maupun kerjasama lainnya.

METODE PENJUALAN
Untuk produk makanan dan minuman tertentu bisa dijual di market place dan e-commerce. Buatlah metode pesan dahulu (Pre-order) untuk menghindari penumpukan persediaan barang, seperti produk frozen food , kue kering , dessert dapat dijual di pasar online. 

Pada awal awal memulai bisnis hindari penjualan melalui ojek daring, alasannya produk harus selalu tersedia sedangkan ini menyebabkan persediaan bahan baku harus selalu ada, otomatis biaya produksi bertambah. Selain itu jualan di ojek daring, kita harus bersaing dengan pelaku bisnis kelas besar yang marketingnya sudah jago. 
Nanti kalau produk sudah dikenal di e-commerce dan sosial media barulah ke ojek online. 
"Nah, bagaimana sudah tercerahkan ya, ready memulai bisnis makanan?" menurut will bisnis Food and Beverages ini murah  dan menjanjikan sekaligus menantang.

Fun Talk #AyoMajuBersama 
Bincang bincang yang dikemas santai dan seru ini hadir setiap rabu jam 7 malam di Instagtam Live @homecreditid. Menghadirkan tokoh inspiratif yang berbagi pengalaman, tips dan trik.  Tak ketinggalan keseruan sesi bermain games, kuis dan bagi bagi voucher belanja hahaha... 

Yuk langsung follow akun @homecreditid , catat ya Rabu jam 7 Malam. Oh ya bagi kamu yang ketinggalan tonton keseruan Fun Talk edisi William Gozali, bisa tonton disini ya


Comments

Maya Rumi said…
nonton ig live yang berfaedah yah mom jul inimah, bisa sekalian nambah ilmu berdagang juga
Dita Suryo said…
Wah seru banget kayaknya ya kegiatannya. Next ikutan ah..
Shady Jasmin said…
Waaaah ada WillGozz nyaa hehe seru pasti!
Rizkhaandhini said…
bermanfaat sekali ya mom tips dalam memulai bisnis kuliner, thanks infonya 🙏
Unknown said…
Terima kasih infonya Mom
Julia.K said…
Iya mam tiap rabu malam jam 7 ya. Kerekln Keren mom pembicaranya. Artis juga ada
Akarui Cha said…
Keripik pisang. Jadi mau ngemil deh jadinya.

Thanks banget info Mba. Bikin semangat buat mulai bisnis juga nih. Semangat juga nungguin IG Live FunTalk di IG Home Credit selanjutnya.
Ruang Makchy said…
Keren ya ig live nya pembahasan bermutu bgt
wah, aku kelewatan ini nih... padahal aku juga punya produk cemilan kecil kecilan dirumah hehehe pengen dapet ilmunya
Desi's Corner said…
Kalau udah ketemu makanan kesukaan terus di bisnisin enak, nih. Karena sesuai passion. Jadi semangat jualannya.
Desi's Corner said…
Kalau udah ketemu makanan kesukaan terus di bisnisin enak, nih. Karena sesuai passion. Jadi semangat jualannya.
Marthauli said…
Keripik pisang salah satu makanan kesukaanku, btw mau ngintip IG nya @homecreditid ah
Pengen bisnis makanan juga tapi kayaknya untuk sekarang belum bisa karena anak-anak masih super aktif.
Nona Septiana said…
Aku juga nonton ini Mom. Seru yah.
Bener banget. Aku pun jadi pengen ikutan bisnis deh 🤭 tapi kondisi dua anak yang super aktif. Jadi nanti dulu deh
Metodenya sangat bagus yach, baik dari segi produk, pemasaran dan metode penjualan
Diah Agustina said…
Aku juga sering mbak, memasarkan jualan ke teman sendiri. Dan Alhamdulillah, teman-temanku dulu suka beli daganganku

Duh jadi kangen dagang lagi aku
Pelaku bisnis juga harus belajar digital marketing nih.. Heheh
Julia.K said…
iya seruuu banget , aku suka nonton kreasi masaknnya di channel youtube Wilgoz
Julia.K said…
iya next episode ada wilgoz lagi ngebahas tentang bisnis online
Julia.K said…
iya mom rina, nanti kalau sudah kondusif mulai deh jualan online , heheh
Julia.K said…
cuss mom meluncur ke IG nya home credit
Julia.K said…
ayuk dimulai lagi... makanan kering, cemilan, frozen food , dll
Julia.K said…
betul Mba Ina,karena sekarang ini sudah serba digital ya
Ani Berta said…
Chef William punya tips jitu nih bisa diaplikasikan buat yang benar2 mau usaha apalagi untuk pemula. Ini sudah diberikan panduan step by step nya.
Bisnis kuliner tak ada sepinya.
Bagus dan bermanfaat banget nih tipsnya buat yg mau mulai jualan makanan online. Apalagi di masa skrg kan semua2nya bisa dilakukan via online.
Niwanda said…
Wah, ini rutin ya acaranya, aku kira cuma event yang satu kali gitu. Kalau rutin begini, kalau rajin nyimaknya bakal dapat banyak pengetahuan buat bekal biar bisnis yang lagi dirintis tambah maju ya.
Sam Leinad said…
Saya setuju banget, kalo mau usaha kuliner perlu pilih makanan yang long lasting atau klasik, yaitu makanan yang sudah dikenal banyak orang. Kalo makanan baru, orang cenderung beli karena penasaran sesaat saja. Tapi setelah itu orang akan kembali lagi beli makanan klasik
Wian Hermawan said…
Bener ya Mba, sebisa mungkin pilih makanan yang ever lasting. Jadi buka cuma ikut-ikutan trend aja. Karena biasanya yang trend-trend an gitu suka cepet hilangnya.
Ghina Rahmatika said…
Chef Wilgoz ini jadi panutan banget. Dia juga ternyata mulai dari nol banget. Bahkan bela2in ga kelar kuliahnya ya demi belajar masak, terus ikutan masterchef dan menang deh.

Tipsnya juga mantep banget. Memilih produk yang longlast dan bnyk disukai orang2 adalah pertimbangan awal ya
Wida Ariesi said…
menu long lasting ini suka bangeeet. kalau yg trend sesaat abis gitu gak berbekas. Tips metode penjualannya juga kece dimulai dari lingkar dalam dulu.
sarrahgita said…
Wah bermanfaat banget nih tipsnya. Soalnya saya juga lagi kepikiran pengen jualan kuliner. Thx for share mba :)
Fenni Bungsu said…
Pelaku bisnis jadi makin bersemangat nih karena funtalk ini memberikan inspirasi dan masukan positif
bisnis makanan ini memang gak ada matinya ya, hehe tp memang kudu pinter nih biar gak sesaat aja larisnya ya :) waaah semangaaat yg sdg mulai bisnis :)
Julia.K said…
Iya May, manfaat bangetbini, kebetulan aku juga baru mulai
Julia.K said…
Ndak apa Masih Ada next episode , semoga Bermanfaat ya
saya subscriber willgoz karena pemenang Master Chef 3 ini emang keren banget

menu yang muncul di youtubenya gampang dibuat, dia juga ngga pelit ngasih ilmu
Ruly Rosmalina said…
Aku justru mikirnya klo mau bikin produk harus yang unik gitu, biar ga pasaran. Tapi ternyata harus lihat pasar juga, lagi ramenya apa...
Materinya bagus banget :) memang masa pandemi seperti ini butuh keberanian untuk memulai usaha baru
Akarui Cha said…
Eh iya ya? Japri dong MomJul kalo ada WillGoz lagi. Aku ngefans ih sama beliau ini.
Tian Lustiana said…
Dimasa pandemi gini harus pintar mencari peluang bisnis yah dan bisnis makanan ini sekarang bisa jadi usaha baru
naya sinaga said…
Jual beli dengan sistem pre order atau dropshipper makin diminati setelah era pandemik saat sekarang ini, saya juga tertarik nih kak
Evi Sri Rezeki said…
Ternyata buat bisnis kuliner lebih baik yang long lasting ya menunya. Iya juga sih yang ngetrend-ngetrend orang gampang bosan ya, Teh :)
Ainun said…
hehehe aku awalnya juga mengira home credit adalah bisnis kredit rumah mbak :D
kalau ngomongin bisnis, aku pengen bikin usaha kecil kecilan, yang ada cuman ide tapi actionnya ga ada. ampun dah