ENSS Sekolah Renang di Tangsel Asuhan Elsa Nasution

Taukah momshay, renang adalah olahraga yang paling ideal bagi tubuh karena banyak manfaatnya dan minim cidera pada tubuh. Menggunakan air sebagai media menjadikan olahraga ini tidak memberikan tekanan berlebih pada tulang, sendi dan otot sebab itulah minim cidera.
                                                                 
Siapa sangka olahraga yang banyak digemari bayi dan anaka-anak ini dapat mengendalikan kadar gula dalam darah. Meningkatkan kekuatan otot dan tulang sampai menyehatkan jantung dan paru-paru. Seperti yang dilansir lifestyle kompas.com  tentang manfaat berenang  bagi tubuh disni.

www.remahkata.com

Nah, bagaimana jika dimasa pandemi ini anak anak ingin berenang? Adakah kolam renang yang tetap buka? Pada Pembatasan Sosial Jarak Jauh (PSBB) periode pertama april lalu, seluruh kegiatan bisnis selain 11 sektor usaha dilarang beroperasi. Termasuk pusat kebugaran dan olahraga.

Baca juga : Vitamin C untuk daya tahan tubuh

***

Suasana kolam renang Kebayoran Residence sepi dari pengunjung. Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang di terapkan pemerintah daerah memberi dampak secara tidak langsung. Kekhawatiran orang akan penularan covid-19 di tempat umum membuat kolam renang harus tutup sementara. Begitu pula Elsa Nasution Swimming School (ENSS) ikut terdampak menonaktifkan kegiatan sekolah renang selama PSBB.

Tentang ENSS

Suara tegas sang pelatih terdengar saat memberikan instruksi pada anak didik. Di sudut lain terdengar ricuh suara anak-anak menyapa sang kakak pelatih. Begitulah suasana sekolah renang ENSS. Setiap sore selalu ada jadwal latihan renang di club house Kebayoran.

ENSS adalah sekolah renang asuhan Elsa Nasution, ialah atlet renang nasional yang berprestasi di tahun 1990 - 2000. Kemampuan Elsa dibidang kepelatihan telah mendapat sertifikasi dari PB PRSI.

Elsa Nasution Swimming School berbeda dengan klub renang pada umumnya. Layaknya sekolah memiliki tingkatan kelas begitu pula di ENSS. Ada beberapa kelas sesuai tingkat kesulitannya, mulai dari kelas paling dasar terkait keamanan dan kenyamanan saat di air. Kelas berikutnya masuk ke pengenalan jenis-jenis gaya dalam berenang (freestyle, breaststroke, butterfly dan backstroke). Kelas yang lebih tinggi adalah kelas intermediate dan Advance.

Suasana Latihan di ENSS (source: ENSS galery)


Tentang Elsa Nasution

Dibesarkan ditengah keluarga perenang Elsa Manora Nasution memulai kariernya di dunia olahraga sejak belia. Wanita berdarah Jawa Jerman dan Batak ini anak ketiga dari lima bersaudara. Ialah Elfira Rosa Nasution, si sulung ratu renang indonesia, Maya Masita Nasution, lalu Elsa, Kevin Rose Nasution dan Muhammad Akbar Nasution.

Sederet prestasi sudah diraih sebut saja menyumbang medali emas pada PON 1993 - PON 2004. Menyumbang medali Sea Games 1991 - Sea Games 2003. Meraih medali Emas di Sea Games 1997. Mewakili Indonesia di Olimpiade Sidney Australia tahun 2000. Tak sia sia perjuangannya melawan kantuk dan dingin air kolam renang saat fajar untuk latihan pagi.

Sosok pelatih dibalik kesuksesan perempuan kelahiran 1977 ini tak lain adalah sang papa, almarhum Radja Murnisal Nasution. Pelatih legendaris yang dikenal menelurkan banyak atlet berprestasi di dunia renang.

Radja Nasution yang juga mantan atlet polo air dimasanya memiliki passion yang begitu besar di dunia renang. Ingin menciptakan atlet atlet berprestasi di dunia renang Ia mendirikan klub renang pertamanya, "Telanai Pura" di Jambi dan di Jakarta klub renang Pari Sakti Swimming Club (PSSC). Sepeninggal beliau, klub Pari Sakti dikelola oleh kedua anaknya Kevin dan Akbar. 

Mendirikan Sekolah Renang ENSS
 

Memiliki cara pandang sendiri mengenai metode pelatihan, Caca begitu panggilan akrabnya dikeluarga, memilih mendirikan sekolah renang sendiri. Pada tahun 2017 Elsa Nasution Swimming School (ENSS) berdiri. Dengan misi memberikan kesempatan kepada setiap anggota untuk membangun dan memperbaiki keahlian renang mereka. Elsa memberikan materi dan pengawasan secara langsung dibantu 30 orang tim pelatih. Ia berharap dapat menggali potensi terbaik yang dimiliki anak-anak didiknya dan mewujudkan prestari terbaik.

Lokasi dan Jadwal ENSS

Sekolah renang asuhan Elsa nasution ini memiliki 2 cabang yaitu ENSS Bintaro dan ENSS BSD.

ENSS Bintaro ada di Kolam Renang “Kebayoran Residence Bintaro” berlokasi Bintaro Sektor VII, Pondok Aren, Kota Tangerang Selatan, Banten 15227
    
ENSS BSD ada di Kolam Renang “Damai Indah Golf BSD“.  Bukit Golf I No.17, Lengkong Karya, Serpong Utara, Kota Tangerang Selatan, Banten 15310

Sebelum pandemi jadwal latihan di Kolam
1. Damai  Indah Golf BSD
Senin - Jum'at (Jam 4 sore dan Jam 5 sore), Sabtu (Jam 8 pagi dan Jam 9 pagi)

2. Kebayoran Residence Bintaro
Senin - Jum'at (Jam 3 sore (Toddler),  Jam 4 sore dan Jam 5 sore), Sabtu Jam 7 pagi (Advance), Jam 8 pagi dan Jam 9 pagi

Pelatih ENSS
Tak hanya bisnis semata, Elsa merasa bertanggungjawab membekali para pelatihnya dengan ilmu dan pengalaman yang Ia miliki. Tim pelatih yang sebagian besar adalah sarjana S1 dan mahasiswa UNJ akan dievaluasi kemampuannya secara berkala. Setiap 3 bulan sekali tim manajemen ENSS mengadakan workshop dan penyegaran. Bertujuan untuk meningkatan kemampuan serta penyeragaman teknik melatih.

Mengusung konsep “Terarah, Terukur dan Teruji“ tim manajemen selalu menciptakan program pelatihan terbaik bagi para anggotanya dalam memperbaiki, membangun dan meningkatkan kemampuan renang mereka.

ENSS  Hadir dengan Protokol Kesehatan


Pusat kebugaran dan olahraga satu dari sekian sektor usaha yang dilarang beroperasi selama PSBB. Demi kebaikan semua pihak seluruh aktivitas belajar mengajar vakum. Dengan berat hati Elsa menonaktifkan para pelatih dan tim manajemen untuk sementara waktu. Tak ayal beberapa pelatih harus dirumahkan.

Beruntung di bulan Juli saat pemerintah mengumumkan masa Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB), ENSS dapat kembali beraktivitas namun terbatas. Dengan mematuhi seluruh protokol kesehatan, anggota diperbolehkan mengikuti kegiatan latihan renang. Protokol kesehatan yang diterapkan ENSS dan kolam renang adalah;
1. Memakai masker padd saat memasuki area kolam dan saat meninggalkan.
2. Mencuci tangan dengan sabun di air mengalir. Kemudian hand sanitizer seblm masuk area kolam renang
3. Menyemprotkan disinfektan yang aman untuk manusia (alkohol 75%) keseluruh pakaian yang digunakan dan peralatan renang yang di bawa dari luar area kolam renang.
4. Wajib Check suhu tubuh (di atas 37 derajat celcius tdk di perbolehkan masuk).
5. Membawa peralatan renang sendiri.
6. Bilas dan berganti pakaian setelah selesai latihan (tdk di perbolehkan mandi agar tdk terjadi kerumunan org di area kamar mandi).
7. Mencuci tangan kembali pd saat keluar area kolam renang.
 
Baca juga :  antibacterial hand sanitizer aman untuk anak-anak

Untuk jadwal latihan selama pandemi bisa  cari tau disini. 
Email : elsanstswimmingschool@gmail.com
Web :  www.elsanstswimmingschool.com 
IG : instagram.com/enss.tangsel
Facebook.com/elsanstswimmingschool
 
Jaga kesehatan tetap bahagia dan salam olahraga.

Comments

Wahhh keren banget bisa buat sekolah renang sendiri hihi, kalau untuk pesertanya itu apakah untuk usia dewasa diatas 20+ itu masih diterima tidak ya? Oiya btw untuk link ENSS yang disertakan kedalam website dibagian terakhir itu error, maksudnya tidak mengarah ke website ENSS nya hihi :D
Julia.K said…
Tengkiu Kak Andrie sudah koreksi.
Untuk usia 20+ mungkin masuknya private Kali yaa. Atau boleh langsung kontak ke admin ENSS nya. Terimakasih
Indri Cume said…
Keren banget sekolah renang nya, dibandung ada ga ya haha trs klo udh gede boleh ga ikutan gitu wkwk
Yoharisna said…
Aku baru tau ada sekolah renang sekeren ini. Apalagi dengan konsep 3t nya. Pasti siswa-siswa nya makin semangat belajar..
Raja Lubis said…
Menarik sekali ada kelas-kelasnya juga. Bukan cuman sekadar nyebur doang.
Akarui Cha said…
Keren babget kalau bisa jadi murid di ENSS dimana pemiliknya adalah mantan atlet renang nasional, bahkan tenaga pelatihnya pun setiap 3 bulan sekali diberi penyegaran biar makinterukur, teruji dalam hal melatih peserta didik renang.
Hallowulandari said…
aku yang ga bisa renang, jadi iri yaa, sekarang banyak banget fasilitas sama tutor/sekolah renang huhu, pokonya nanti klo punya anak pengen banget deh kasih pelatihan skill2 yg aku ga bisa, kaya renang gitu
adhealbian said…
Berenang memang kegiatan yang menyenangkan yah mba nggak hanya untuk anak-anak, buat orang dewasa juga berenang sudah menjadi hobi yang menyenangkan. Adanya sekolan ENSS ini semoga membuat banyak anak-anak selain bisa menjalankan hobi nya tetapi juga kedepannya bisa menjadikannya sebuah profesi.
Fenni Bungsu said…
Sekolah renang seperti ini memang bagus untuk menciptakan bibit baru atlet renang ya. Apalagi didirikan oleh pakarnya yang telah meraih segudang prestasi
Dina Andriany said…
Ngomongin renang jadi keingat waktu kecil, tiap hari aku berenang hehe
Ya ampun, tulisan ini bikin nostalgia banget!
Elsa Nasution dulu beken waktu saya masih remaja. Saya sempat cemburu waktu lihat dia pacaran sama Ricky Subagja, hahahaha..
Abis gimana ya, Elsa itu cantik, dan Ricky-nya juga ganteng..

Sekarang Elsa sudah punya sekolah renang sendiri ya. Hebat sekali :)
sesudah Elsa Nasution dan keluarga kayanya Indonesia miskin prestasi renang ya?

tangan dingin ayah mereka berbuah manis

dulu saya juga pingin anak anak saya les renang rutin

apa daya keinginan nggak imbang dengan kemampuan :D :D
Efa Butar butar said…
Kalau tim worknya antara bapak sama anak emang udah paling seru ya. Anaknya mau belajar, bapaknya bisa ngajarin pula. Ngga heran kalau prestasinya segudang
Andai deket nih bisa masukin anak renang juga, dia soalnya suka banget
Ning! said…
Sebenernya udah lama banget pengin ngajak anakku renang, tapi aku masih khawatir banget. Karena di kolam renang bisa aja ludah orang masuk ke airnya. Nah itu yang bikin aku parno. Sampai sekarang belum berani ke kolam renang umum.
Ria Kurniasih said…
Udah lama banget gak denger nama Elsa Nasution ini. Atlit renang favorit aku ini mbak. Memang bagusnya gitu ya mbak, masukin ke sekolah yang memang benar-benar terjamin mutu dan kualitasnya.
Widy Darma said…
Aku kepengen juga anakku sekolah renang. Cuma lumayan jauh ya dari wilayah bekasi. Padahal bagus banget lho binaan Elsa Nasution
Marantina said…
Elsa Nasution ini udah terkenal banget ya sebagai perenang profesional. Semoga anakku juga bisa dilatih oleh beliau supaya bisa jago renang hehee