Oli Motor Terbaik Jadikan Motor Lama Terasa Baru

Saat tetangga sebelah rumah sedang fokus memoles badan motor sportnya yang gagah, disitu kadang saya merasa cemburu. Bagaimana tidak, motor satu-satunya yang terparkir dihalaman rumah sangat jarang mandi apalagi dipoles poles.

Source: shutterstock
Sang suami memang bukan orang yang apik tentang performa motor, kebetulan aktivitas motornya hanya rumah - sekolah anak - kantor - rumah, jaraknya pun paling jauh 10 km per hari.

Usia motor yang tak baru lagi, justru sangat membutukan perawatan ekstra agar performanya tetap baik bahkan tambah prima dan umur pakainya bisa lebih panjang. Suara mesin yang mulai terdengar kasar, mengganggu telinga saya saat berada di boncengan. Ini kode  bahwa si skutik bahwa butuh perawatan dan suplemen baru.
Hal ini membuat Saya mengaktifkan mode 'delikan' Susana diikuti serentetan kata kata nasihat yang berujung si Pak suami terpaksa ke gerai service motor.

Nah perlu kita ketahui bahwa beda jenis motor beda pula perawatannya. Berikut ini jenis-jenis sepeda motor bensin;

•Motor Standart, motor dengan kopling biasa dikenal dengan sebutan motor manual sebut saja Megapro, GLpro,RX King.

•Motor Bebek tipe motor manual tanpa kopling yang memiliki kapasitas CC (kapasitas silinder) kecil, Supra X-125, Honda Revo, Yamaha Jupiter.

•Skuter Matic, sesuai namanya motor ini beroperasi otomatis cukup dengan satu akselerasi dan berkapasitas CC kecil, diantaranya Yamaha Mio, Honda Beat, Scoopy, Vespa Piaggio.

•Motor Sport, penampilannya mirip seperti motor balap dan memiliki performa diatas rata-rata. Didesain untuk pengguna yang membutukan kecepatan tinggi, atau untuk berkendara dimedan-medan tertentu. Mesin motor sport biasanya memiliki kapasitas silinder besar. Honda CBR, Kawasaki Ninja

Setelah mengetahui jenis motor yang kita miliki, maka komponen yang perlu diperhatikan dalam merawat kendaraan adalah:
✓Mesin motor
✓Filter udara,
✓Rantai
✓Baterai atau aki
✓Kopling
✓Tekanan udara pada ban 
✓Rem
✓Kebersihan badan sepeda motor.

Motor yang saat ini kami gunakan berjenis skuter matic. Menurut beberapa referensi, perawatan motor matic lebih sulit dibanding motor yang menggunakan sistem kopling manual. Hal ini dikarenakan pada motor matic terdapat perangkat CVT yang merupakan sistem penggerak motor.

CVT source: motorexpertz
CVT (Continous variable transmission) adalah sistem pemindah roda roda gigi secara berkelanjutan, disebut juga transmisi otomatis. Terdiri dari komponen belt, kampas ganda, roller, pulley.
Inilah yang menyebabkan skuter matic lebih rumit. CVT harus dibersihkan tiap kali service motor atau per 8000 km. Selain CVT sebagai nyawa dari motor matic yang tak kalah penting adalah minyak pelumas alias oli.
Saat mesin motor bekerja, masing-masing komponen bergerak, berputar hal ini sangat memungkinkan terjadinya gesekan.

Oli berfungsi mencegah terjadinya gesekan, benturan antara logam dengan logam seminimal mungkin, juga mencegah goresan atau keausan.

Oli yang tepat pada motor matic, dapat menambah atau mengawetkan usia pakai (life time) mesin. Sebaliknya jika salah memilih oli, menyebabkan mesin mudah rusak bahkan terburuknya bisa menyebabkan kerusakan pada mesin dan harus turun mesin. Itulah sebabnya harus memilih oli motor terbaik.

Saya pun berselancar di dunia maya untuk mencari tau oli motor matic, lebih jauh.

Dari informasi yang Saya peroleh dapat disimpulkan, hal yang perlu diperhatikan dalam memilih oli motor, adalah;
  • Kekentalan (viskositas)
    Tingkat kekentalan oli berbeda-beda, ini berpengaruh pada seberapa besar resistensinya untuk mengalir. Kekentalan oli berkaitan dengan sejauh mana oli berfungsi sebagai pelumas sekaligus pelindung benturan antar permukaan logam. Oli harus memiliki kekentalan yang tepat pada temperatur tertinggi atau temperatur terendah ketika mesin dioperasikan. Derajat temperatur ini diatur oleh SAE (Society of Automotive Engineers). tulisan ini terlihat dibeberapa kemasan oli, tertera angka SAE 5W-30 berarti oli memiliki kekentalan 5 pada temperatur dingin di musim dingin, dan kekentalan skala 30 pada temperatur 100 derajat celcius. Untuk Indonesia yang memiliki iklim panas, standar SAE yang berlaku biasanya W-40, 5W-40.
  • Jenis Oli
    Ada dua jenis oli yang beredar, pertama oli yang berbahan dasar minyak bumi, diolah lalu disempurnakan dan ditambah dengan zat-zat aditif untuk meningkatkan kemampuan dan fungsinya disebut oli mineral. Kedua oli Sintetis,  merupakan bagian terbersih dari pemilahan oli mineral. Oli sintetis didesain untuk menghasilkan kinerja yang lebih efektif.  
  • Standar Kualitas
    Oli yang berkualitas hendaknya memiliki standar API dan JASO. API (American Petroleum Institute) merupakan lembaga yang dipercaya untuk menguji oli. Untuk mesin bensin tahun 2017 simbol API yang dikeluarkan adalah SN , sedang SM untuk mesin bensin tahun 2014 dan SL untuk tahun dibawah 2014. Oli dengan simbol keluaran terbaru dapat digunakan untuk mesin kategori lama. Sebaliknya oli dengan simbol API lama SJ, SG, SF tidak dapat digunakan untuk mesin baru . JASO (Japanese Automotive Standard Association) sama halnya seperti API, JASO juga lembaga yang menguji kualitas oli dan ketahanan oli. Standar JASO adalah MB, JASO MA2 dan JASO MA.


JASO, API, SAE tertera pada kemasan Oli (dok.pribadi)
Menurut teknisi yang Kami datangi di gerai service, idealnya mengganti oli motor itu rutin setiap bulan satu kali. Sedangkan menurut  buku panduan service motor, penggantian oli dilakukan setiap akumulasi 2000 km - 3000 km. Namun kembali lagi dilihat medan perjalanan yang ditempuh, kondisi jalanan, kemacetan, dan kondisi motor, seperti tarikan awal yang sudah terasa berat. 

Proses penggantian Oli (dok.pribadi)
Proses penggantian Oli, Enduro Matic 0.8l (dok.pribadi)

Akhirnya pilihan jatuh pada oli mesin keluaran pertamina salah satu oli motor terbaik produksi dalam negeri. Produk-produk Pertamina lubricant untuk motor mesin kecil ada disini ;
• Enduro 4T racing SAE 10W-40
• Enduro 4T SAE 20w,30w-50
• Enduro 4T Sport SAE 5W, 10W-30
• Enduro Gear 4T Full Synthetic oil
• Enduro matic G SAE 20W, 30W-40
• Enduro Matic SAE 10W,20W,30W 

Pertamina.com
Pilihan oli Enduro matic SAE 10W-30 cocok untuk motor matic 4 tak, dengan moly additive yang didesain mengurangi gesekan pada kondisi temperatur dan kecepatan tinggi. Tingkat kekentalannya (viskositas) yang rendah (skala 30) pada temperatur 100 derajat celcius mempermudah sirkulasi pelumas sehingga menghasilkan penghematan bahan bakar. Oli yang terlalu kental akan memberi resistensi berlebih untuk mengalirkan oli pada temperatur rendah sehingga mengganggu jalannya pelumasan ke komponen yang dibutuhkan.

Pertamina Enduro Matic 1ltr (dok.pribadi)
Oli Enduro matic kemasan 0.8 liter (dok.pribadi)
Oli Enduro matic SAE 10W-30 sudah memenuhi syarat API service SL dan JASO MB cocok untuk motor matic 4 tak.  Dan tentu saja pas untuk motor matic kami  yang termasuk dalam angkatan mesin 2015

"Dengan enduro oli, motor lama jadi terasa baru. Tarikan yang ringan diawal meski dalam keadaan mesin dingin sekalipun, maklum yah hidup di ibukota harus serba cepat sekali gas langsung tancap", begitu ungkap Pak suami, setelah menggunakan Enduro matic untuk skutiknya.
Harga oli motor enduro juga terjangkau. Berikut kisaran  harga oli motor Enduro :
✓Enduro matic 10W-30 0.8 liter IDR 40,000
✓Enduro matic 10W-30    1 liter IDR 45,000
✓Enduro matic-G 20W-40 0.8 liter IDR 33,000
✓Enduro matic-G 20W-40    1 liter IDR 38,000

Berbeda dengan Enduro matic on the go, Enduro matic-G lebih diutamkan bagi motor matic 4 tak yang beroperasi didalam kota dengan kondisi kemacetan dan jalan yang statis, SAE 20W-40 memiliki viskositas tinggi ditujukan untuk menjaga temperatur mesin.

Oli Enduro matic-G 1 liter (dok.pribadi)

Nah sudah ada gambaran yah oli mana yang cucok sama motor kamu, untuk detail produk boleh langsung cek disini yah.
Ingat pilih oli yang tepat dan terbaik agar motor tetap awet dan nyaman dikendarai. 

Untuk para Moms, yuk infoin ke Pak Suami buat pakai oli motor terbaik, pertamina Enduro. Sedangkan untuk mobil bisa pakai oli mobil terbaik dari pertamina yaitu Fastron .


sumber:
wikipedia
pertamina lubricant.com

#hargaolimotor
#olimotormatik
#olimotorterbaik


Comments

Winda Ersy said…
Boleh nih.. kash tau pak suamik...
Niwanda said…
Kalau sampai salah pilih oli bisa runyam ya, Mbak, urusannya. Terima kasih sudah direkomendasikan. Kalau tepercaya gini, kita juga jadi lebih tenang ketika bepergian pakai kendaraan kita, ya....
Julia.K said…
Betul Mbak Lei, semoga bermanfaat ya
iffiarahman.com said…
Lengkap banget infonya mom 😍😍😍
Triyatni A. said…
Oli enduro milik Pertamina ini memang keren ya. Soalnya banyak jenisnya dan harganya juga lumayan terjangkau.
Orin's Journal said…
informasinya lengkap banget mbak, makasih lho aku yang ga paham perolian berasa dapet pencerahan hehe
Grandys said…
Wah mba mantep banget knowledge soal dalemannya motor. Jujur aja kalo udah mainannya otomotif sampe dalem-dalemnya motor, aku serahkan sama suami qiqiq
Larasitha said…
untungnya aku masih perhatian sama oli, soalnya dipake tiap hari dan bakal kerasa banget kalau si oli minta diganti
Fenni Bungsu said…
Untuk masalah oli memang harus yang tepat nih buat motor, biar nggak ada gangguan dalam perjalanan dan mesin kendaraan tetap terjaga
Diah Alsa said…
Tiap jenis kendaraan emang udah punya makanannya sendiri ya, gak boleh salah memberi nanti malah menyulitkan pengendaranya di jalan.
Aku gak paham soal oli-oli an kayak gini mbak, tapi aku sering lihat adekku yang main oli-oli an gini karena dia biasanya benerin sepeda motor. Adekku juga biasanya pake Enduro buat motornya.
K. Niken said…
Iyes ini pengetahuan juga buat kita sebagai emak yang suka antar jemput anak ya. Tentang oli, yang kesannya cuma buat cowok aja. Padahal kita juga perlu tahu. Nice share mbak
April Hamsa said…
Kalau ada tulisan "matic" apa bisa buat motor biasa mbak? Atau ada jenis oli enduro lainnya?
Emang kalau buat kendaraan sebaiknya pakai oli yang berkualitas supaya kualitas mesin trjaga yaaa
Annisa said…
Aku setiap hari pakai motor matic. Tapi urusnan perawatan selalu dibantu suami hehehe. Jadi jarang banget tahu perintilannya. Bisa nih aku mastiin suami pake oli terbaik ini
Ludyah Annisah said…
Sebagai pengguna motor matic, mesti tahu nih soal pilih oli. Apalagi buat motor kesayangan, mau awet tentu mesti benar merawatnya. Btw, sharingnya bermanfaat banget nih mba, thanks yaa
Nyi Penengah said…
Enduro ini banyak pilihannya ya mba mau untuk motor dan mobilpun bisa
pilihan jenis motor juga macem-macem memanjakan banget, dan kalo udah make jadi aman.
Admin said…
Kira-kira harga oli motor matic yang worth it untuk motor Lexi 125 cc oli enduro yang apa ya?
Admin said…
Kemarin nyari-nyari rekomendasi oli motor matic terbaik di Indonesia saat ini, tapi banyak yang menyarankan oli X-TEN. Sebenarnya belum percaya begitu saja sih, tapi kok teman dekat saya juga nyaranin emang pake X-TEN saja. hmm jadi bingung pilih Enduro atau XTEN