Tempat Yang Wajib Dikunjungi di Parakan Dan Sekitarnya


Tak se-famous Jogja dan Solo, Kota Parakan dikenal segelintir orang saja. Kota kecil yang terletak dilereng Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing ini adalah salah satu kecamatan di kabupaten Temanggung propinsi Jawa Tengah.

Jalan Diponegoro Parakan
Jarak tempuh ke Parakan dari Jogja menggunakan mobil sekitar 2-3 jam perjalanan. Parakan dilintasi jalur dari Wonosobo ke Yogyakarta / Semarang dan Yogyakarta ke Jalur Pantura atau Jakarta. Hal ini membuatnya jarang terlihat sepi dari lalu lalang bus, mobil travel dan kendaraan motor lainnya.

Bertepatan musim liburan kemarin , saya dan keluarga berkesempatan menghadiri undangan pernikahan saudara di banjarnegara, Jawa Tengah. Kesempatan ini kami manfaatkan untuk pulang ke kampung halaman, Parakan. 

Seperti biasa saat berada di Parakan sebisa mungkin dimanfaatkan untuk melepas rindu akan Keluarga dan kuliner yang tidak tersedia di Jakarta. Ada yang berbeda kali ini karena berhawa liburan jadi Kami pun mampir ketempat yang bisa memanjakan Mata Dan melepas penat.

Berikut tempat yang rekomen untuk dikunjungi saat berada di Parakan.

Pasar Entho , bagi suami dan kakak ipar, pasar ini adalah tempat nostalgia kuliner masa kecil. Karena beberapa makanan memang hanya ada disini. Dulunya pasar ini ramai pedagang sayur mayur, ikan, ayam sampai masakan matang, layaknya pasar kaget. Seiring pergeseran jaman, pasar ini hanya dipenuhi penjual makanan dan kudapan, karena pasar tradisional sudah direlokasi ke pasar semi modern, yaitu Pasar Legi.

Jalan Masuk Pasar Entho




Terletak di gang kecil, pasar entho ramai di waktu waktu pemudik datang. Yang khas disana ada dawet hangat, seperti cendol dan dawet pada umumnya disajikan dengan kuah santan dan gula aren. Dawet terbuat Dari tepung beras berwarna putih dan disajikan selagi hangat.

Sego kluban, Sego abang (merah), Sego jagung dicampur dengan sayur semacam urap, tempe tahu bacem, tempong, ikan teri dan perkedel.

Sego abang

Penjual Sego Kluban
Ada pula gudeg gurih, berbeda dengan gudeg yogya, gudeg di daerah ini manis tapi gurih.

Kudapan manis khas parakan wehku namanya seperti bapau namun rotinya dikukus namun teksturenya lebih padat, dengan isian coklat, kacang hijau, nanas.
Jenang dan cetil (sejenis cenil) pun ada.

Penjual cetil dan jenang 
Tempe Kemul tempe bersalut tepung yang digoreng atau semacam mendoan gaya Parakan. Dan banyak lagi.

Rumah makan Bu carik
Sudah jadi langganan kalau pulang ke kota ini harus mampir di warung makan Ibu Carik. Warung makan legendaris di Parakan, modelnya seperti warteg menyediakan beragam lauk pauk. Ada brongkos ayam, brongkos daging, coan coan, pecel sayur, telur masak santan, aneka gorengan,  empal , paru dan masakan lainnya khas parakan.





Restoran Pesona  ikan Mas
Hari berikutnya, memenuhi keinginan ibu yang rindu menikmati hidangan ikan bakar, kami pun melancong ke Temanggung, perjalanan mobil sekitar 30-40 menit.
Restoran Pesona  ikan Mas, namanya, terletak sekitar 500 meter dari Pikatan water park. Menu andalan adalah ikan bakar kecap cabe hijau, nilai rasa ada angka 8 dari 10, tempe mendoan, cah kangkung  dan menu pada umumnya di restoran seafood. 

Berswafoto di kawasan pecinan parakan
Walau tak banyak tapi pecinan diparakan mempunyai daya tarik tersendiri bagi pecinta seni bangunan dan arsitektur. saya pun tak melewatkan kesempatan untuk mengabadikan bangunan klasik tersebut.



Kelenteng Him Tek Tong
Berdiri sejak th 1840 an, kelenteng sudah mengalami beberapa kali rehab untuk melestarikannya.
Tak hanya sebagai tempat ibadah, kelenteng juga sering mengadakan kegiatan sosial. Tersedia lapangan basket yang terkadang digunakan anak muda sekitar bermain basket maupun sepak bola.


Jembatan Sangkil Kali Galeh
Jembatan gantung Sangkil adalah jembatan yang menghubungkan desa Sanggen di Kecamatan Bulu dan desa Sekrikil Kecamatan Parakan, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah.
Disebut Jembatan Sangkil yang merupakan singkatan dari Sanggen-Sekrikil.
Diresmikan pada pertengahan tahun 2017 oleh Presiden Joko Widodo. Sebelum dibangun jembatan masyarakat sekitar memanfaatkan bambu yang difungsikan sebagai penyeberangan pejalan kaki antar desa.



Bukit posong

Pemandangan Gunung dan bukit, lukisan sang pencipta ini terletak kurang lebih 50 km dari kota parakan ke arah wonosobo. Letaknya di kaki Gunung Sindoro, Desa Tlahab, Kecamatan Kledung, Kabupaten Temanggung. Tiketnya sangat terjangkau sekitar Rp 4.000,-
Objek wisata ini buka dari pukul 04.00 hingga 17.00 WIB. Dari gapura depan menuju Bukit memakan waktu sekitar 30 menit perjalan motor. Selengkapnya disini

Embung kledung
Danau buatan yang terletak di Desa Kledung, kecamatan Kledung  tak jauh dari Bukit Posong . Beberapa traveler mengatakan keindahan danau ini  mirip dengan danau gunung fuji di Jepang . Saat cuaca cerah  Kita bisa menikmati pemandangan danau dan pegunungan. Berswafoto maupun foto-foto dengan latar belakang Gunung Sumbing maupun Sindoro yang mempesona.Disini



Kolam renang Simpleng – Gondosuli
Objek wisata , kolam renang ini baru diresmikan pertengahan 2019 lalu.Terdiri dari kolam renang anak dan kolam renang dewasa. Dibanderol dengan harga Rp.8000 (sudah termasuk air mineral) tarif dewasa dan anak sama. uniknya air kolamini berasal dari mata air sekitar.
Nantinya Kolam tenant ini Akan dibangun Wahana permainan air, untuk menarik wisatawan sekitar.




Tiga hari berlalu cepat, dirasa tak cukup melepas penat rutinitas rumah tangga. Apalagi  udara yang sejuk sepanjang hari bikin betah, serasa pasang pendingin  udara sekecamatan non-stop alias 24 Jam menyala. Musim lebaran nanti kita Akan kembali lagi ke Parakan.

Nah sekarang sudah tidak rooming lagi tho kalau ada yang ngobrol tentang Parakan.

Salam J

#kotaparakan
#Tourtemanggung
#parakankita
#Bukitposong
#wonosobo





Comments

mama3d8 said…
Seru banget ini, aku belum pernah, baca blog kamu keinginan ku jadi menggebu gebu neh pinginnnnn
Alfa Kurnia said…
Ternyata banyak juga yang bisa dikunjungi di kota Parakan ya. Saya sering denger namanya tapi belum pernah ke sana, baru kali ini baca ulasan tempat wisata di Parakan. Terima kasih sharingnya, Mbak Julia.
Renata Aprianti said…
belum pernah ke Parakan sekalipun! Suka banget liat kolam renangnya... Anakku pasti seneng deh berenang disitu... thanks infonya mba
Triyatni A. said…
Danaunya cantik sekali, apalagi dengan latar belakang pegunungan. Semoga ada kesempatan ke sana
Ernawati Lilys said…
walau baru pertama kali dengar parakan, tapi lihat foto-fotonya seperti ingin datang dan melihat langsung ya, sungguh explore Indonesia ini menjadi PR banget banyak ya destinasi serunya.
Enny Ratnawati said…
Wah ternyata parakan menyimpan kekayaan wisata juga ya. Kulinernya juga oke2. Semoga ada rejekinya ntar bisa berkunjung juga
Wah seru banget ini mbaaak, alamnya juga masih menyenangkan sepertinyaa mbaa
Paling suka dengan makanan di rumah makan sederhana dengan menu khas daerah tapi rasanya wenak haha.
Wah penasaran gudegnya gak terlalu manis yaa. Tapi aku emang lbh suka yg agak gurih soalnya kalau terlalu manis kurang cocok di lidahku hehe.
Visya Al Biruni said…
Waaah parakan... Desember 2016 sempat kesini saat nikahan etmen suami. Sayangnya ngga sempet jalan Japanese karena bener bener cuma sehari, hehe.
Herva Yulyanti said…
pensaran sama broncos ayam, broncos daging mba namanya ga familiar jadi penasaran pengen cobain hahaha
waah ternyata aku baru tauuu ada kota Parakan ini dan lumayanan juga kalo dari Jogja karena aku pernah tuh datengin temen kantor nikahan di daerah Temanggung ini mba. Udah gitu banyak juga ya wisata yang worth to try disini ini
Alya said…
Jarang banget loh saya pergi jalan-jalan apalagi ke luar kota. Kalau jalan-jalan ke Bukit posong gini jadi pingin ke puncak
Yoharisna said…
Aku belum pernah makan sego kluban. Apalagi ke Parakan. Pasti seru bisa maen ke Parakan. Lalu, menikmati segu abang.

Duh, gak sabar nunggu liburan..
wiihhh keren-kereeeen tempatnyaaa :) beneran sudah rindu jalan-jalan dengan aman dan nyaman huhuuu.. insya Allah main-main ke Parakan mbak :)

btw follback ya :)
Marantina said…
Aku baru tau ada kota bernama Parakan dari tulisan kamu, mbak. Tampaknya kota kecil yang asri dan nyaman untuk dikunjungi ya :)
adhealbian said…
Embung Kledung nya bikin seger mata banget itu hehe. Kayaknya destinasi baru yg wajib masuk bucket list lagi nih hehe ;)
nchie hanie said…
Aahhh, aku kangen sama cemilannya itu ketil, jenang, tempe kemul dll. Kalo kesana mau keliling wiskul, sego abang jugaaa, belom kenyang kalo nda makan sego.
Tempatnya masih alami ya, apalagi kulinernya khas daerah. Jadi pengen liburan
Ghina Rahmatika said…
hai mbak julia, ini di temanggung beneran ini mbak?

sering lewat temanggung padahal kalo motoran ke semarang, api nggak tahu kalo ada tempat wisata2 yang unik2 di sana. kapan kalo ada waktu dan kesempatan, mau coba explore temanggung ah,,
Nia K. Haryanto said…
Wah, di Jateng ada Parakan juga toh. Di Bandung juga ada, tapi bukan wilayah luas. Cuma daerah kecil aja. Lihat-lihat banyak tukang jajanan gitu jadi kangen Solo deh. Wisata kuliner ke sana ya. Belom pernah aku ke Parakan. Nanti habis pandemi, semoga bisa ke sana. Icip-icip makanannya 😁
Tian Lustiana said…
Jadi ingin holiday nih, kesana. Asik kali yah bisa mencicipi aneka kulinernya juga
Bety Kristianto said…
Aku baru sekali atau dua kali mampir temanggung. Dan yang aku inget adalah Hawa sejuknya yang beda banget ama Jogja dan Solo. Sayang belum ada kesempatan lagi melancong ke sana nih. Makasih reviewnya ya mbaaa
sarrahgita said…
Ternyata di Parakan banyak sekali tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi ya. Dan saya bisa membayangkan betapa senangnya perasaan mba Julia ketika mudik ke kampung halaman sekalian napak tilas :)
Antung apriana said…
wah aku baru dengar nama kota Parakan ini dan tempat wisatanya oke juga. Btw, kalau bahasa Banjar Parak itu artinya dekat. Hihi
Lusi Dan said…
Pengen jalan-jalan ke kota parakan. Asyik tempatnya. Bangunan tua selalu jadi spot favorit saya untuk foto-foto
Ovi RoRo said…
Wah keren pisan uy. Dan jujur, aku pun baru tahu sama Parakan ini dari kakak hiks hiks. Dan aku ngiler sama danau embun kledung itu. Ciamik pisan yaaaaa klo nyemplung. Dibolehin gak sih wkwkwk
Julia.K said…
heheh dinginkan suhunya , semoga next bisa kesini lagi ya
Julia.K said…
sama , aku juga baru tau karena nikah sama orang parakan ahahhah
Julia.K said…
yup, Embung Kledung , bukit posong bagus bagus banget viewnya Mas. cuss masukin bucket list
Renayku said…
Banyak org yg baru tau soal Parakan, termasuk aku haha.. kirain pas baca judulnya tuh, ini daerah di kalimantan wkwk ga taunya di jawa.. kalo di kalimantan mah Tarakan sih
Tira Soekardi said…
Wah, ini kulinernya banyak wisatanya banyak. Saya juga baru tahu ada kota parakan