SEMARAK HUT RI Bersama Sekolah ABCDE

"Dirgahayu Republik Indonesia, Dengan Sumber Daya Manusia Unggul menuju Indonesia Maju"


Sudah menjadi agenda tahunan bagi semua lapisan masyarakat di Indonesia untuk  memperingati  hari kemerdekaan Republik ini.  Selain upacara pengibaran Bendera pusaka, berbagai kegiatan lomba sangatlah dinanti. Di seluruh lingkungan Rukun Warga dan Rukun Tetangga, Perkantoran, Perniagaan,  Instansi pemerintahan, dan Lembaga pendidikan turut merayakan dan memeriahkan .

Tanggal 17 Agustus 2019 bertepatan hari Sabtu dan merupakan HUT RI yang ke -74 mengusung tema Sumber Daya Manusia unggul, Indonesia maju. Menurut Bapak Kyiai Ma’ruf Amin, agar suatu bangsa bisa maju dan menang, maka sumber daya manusianya harus unggul. Yaitu manusia yang sehat, cerdas, produktif dan berahlak mulia. Semua itu ditempuh melalui pendidikan baik formal dan non formal. Pendidikan itu sendiri dimulai sejak dini dan dari lingkungan keluarga. Begitu pula dengan pernyataan Bapak Jokowi , saat di wawancara di Istana Negara sebelum upacara dimulai bahwa tahap awal membangun sumber daya manusia  dimulai dari pembentukan  karakter  diusia dini oleh keluarga.

Kubaca dengan seksama secarik kertas yang baruku terima dari Wali Kelas pagi tadi. Deg-degan pasti, Gak nyangka , kenapa harus Aku. Pengumuman kegiatan lomba 17an ini yang pertama bagi Mama, betapa senangnya bisa berpartisipasi dalam kegiatan sekolah Kei. Dalam rangka memperingati hari kemerdekaan RI, sekolah ABCDE bekerja sama dengan Ikatan Guru Taman Kanak-Kanak wilayah Kotamadya Jakarta Barat dan Greebel mengadakan lomba menggambar dan mewarnai diatas talenan. Mom n Dad sudah pernah dengar nama Greebel ya? yup itu adalah brand salah produk alat tulis Yang sudah ternama. Salah satu Produknya crayon atau oil pastelnya terjamin aman digunakan karena sudah bebas toxic.


Tujuan lomba ini selain memeriahkan HUT RI juga membangun kedekatan antara orang tua dan anak.
Apakah mamah bisa  menggambar ? Tentu iya, menggambar gunung dan awan, piss...
Pastinya mamah ingin menampilkan yang terbaik dong biar eksis buk Ibuk hihi.. , mamah pun kursus kilat dari youtube. Tak sia sia usaha mamah, bisa gambar orang dengan tema 17-an.  
Eh.. tapi, Ibu dan Ayah harus  ingat satu hal, jangan gara gara mau menampilkan yang terbaik dan ingin menonjol diantara anak lain, terus anak anak Kita dipaksa, Jangan lho ya, ini sangat tidak disarankan.
 "Every Child is different and uniqe""Every Child is Different and Uniqe"  Mereka berbeda satu sama lain dan punya keunikan masing masing. so jangan paksakan anak untuk bisa sama dengan anak lain yang menurut Ibu Ayah lebih unggul. Juga jangan pernah membandingkan anak kita dengan anak lainnya.


Sekolah ABCDE adalah sebuah yayasan pendidikan di bilangan Kelapa Dua, Kebon Jeruk Jakarta Barat. Fasilitas pendidikannya terdiri dari kelompok bermain, Taman Kanak-Kanak dan bimbingan belajar. Kelas kelompok bermain memiliki kapasitas lebih kurang 15 murid. Kelas TK terbagi dua kelompok, TK A dan TK B. kapasitas kelas TK A kurang lebih 25 murid, dengan dua tenaga pengajar begitu pula TK B. untuk TK B ruang belajar dibagi menjadi dua kelas, dengan tujuan aktifitas belajar mengajar lebih effektif dan terfokus mempersiapkan ke jenjang Sekolah Dasar.


Kegiatan belajar mengajar  sekolah ABCDE seperti pada umumnya hari Senin sampai Jumat. Waktu belajar kelompok bermain dimulai pukul 08.00 wib sampai pukul 10.00, 3 hari dalam seminggu. untuk TK A waktu belajarnya hari Senin - Kamis dimulai  pukul 08.00-10.30 dan pukul 08.00 – 10.00 khusus hari Jumat. sedangkan TK B waktu belajarnya lebih lama 30 menit dari TK A. Lebih jauh tentang sekolah ABCDE bisa langsung klik IGnya @SekolahABCDE

Kembali ke acara perayaan hari ulang tahun RI ke-74 di sekolah. Sebelum lomba mewarnai di mulai terlebih dulu anak anak , orangtua murid dan guru melakukan pawai keliling sekolah. mengenakan pakaian warna senada, merah Dan putih, pukul 08.00 tepat, pawai pun dimulai. Berjalan santai membawa bendera dan menyanyikan lagu lagu kebangsaan sejauh kurang lebih 1km , lumayan yah mamah berkeringat, tapi seruuuuu ^^.  dan lomba bisa langsung di nikmati Instagramnya


Lomba pun dimulai, waktu ditentukan 30 menit mama menggambar lalu Kei mewarnai. Alhamdulaih kali ini Kei bisa diajak kerjasama, saya arahkan untuk mewarnai tidak melebihi batas. Menurut saya di usia Kei saat ini cukup bagus kemampuan mewarnainya. walau diluar sana sangat amat banyak anak anak di usia TK sudah berbakat mewarnai dan menggambar dengan baik. Setelah selesai  kami pun berfoto bersama, cheerss .








Comments

Lubena said…
Wah seru yah acaranya
Juliaskurniawan said…
Iya Aku baru pertama ikutan jadi terlalu excited 😁
Auda Zaschkya said…
Aku senang lihat anak-anak aktif di acara seseru itu. Semoga setiap tahun anak-anak seperti itu terus.
Selvijua said…
Kalau 17an anak2 TK, pasti lombanya seru banget nih, apalagi melibatkan orangtua juga. Anak-anak juga lebih semangat banget dan pastinya perayaan ini menjadi momen penting.
Diah Agustina said…
Mas Calf pasti senang banget ya mba, untuk pertama kalinya ngerayain 17-an bareng teman-teman di Sekolahan
Jadi gak sabar menanti Gendis sekolah:)