Akhirnya,Jakarta punya MRT


Stasiun MRT fatmawati

Akhir pekan mau kemana? Yuks Kita ”Trial run MRT Jakarta” yippikayeeaay...

Singapore 2009, kala itu bangga dan senang sampe ke ubun-ubun rasanya, bisa naik MRT di Negara tetangga yang paling maju se-Asia Tenggara, negara yang terkenal dengan kebersihannya dan disiplinnya hingga kini.  Dan sekarang  Jakarta telah mewujudkannya , tak mengapa terlambat daripada tidak sama sekali, MRT hadir untuk warganya ^^.

Ratangga si MRT Jakarta

Untuk dapetin  tiket Trial Run MRT, Papap Beeo daftar ke http://www.ayocobamrtj.com , dari aplikasi bukalapak juga bisa, Ay ay.. sudah punya juga dong aplikasinya? Cuss daftar masih bisa sampai hari minggu tanggal 24 Maret, buat nyobain naik MRT Jakarta.

Pukul 09.00 wib Kami berangkat dari rumah menuju Poins square Jakarta Selatan, motor di parkir dan dtiitipkan di gedung  tersebut.  Kemudian berjalan kaki kurang lebih 150 meter menuju stasiun MRT Lebak Bulus, yang dulunya adalah Terminal bus Lebak Bulus. Tapi saat ini sudah disulap menjadi stasiun MRT yang canggih.

Depo MRT lebak Bulus
Jika sudah punya tiket MRT Trial Run, langsung saja tunjukan ke Petugas digerbang masuk , mereka akan memindai barcode tiket lalu memberikan stiker bertanda khusus penumpang trial dan kita bisa langsung menikmati naik MRT.

Gerbang masuk
Sesampai di peron, yang berada di lantai atas kami berswafoto terlebih dulu, mumpung ya geuss .. selain itu MRT yang siap berangkat sudah penuh, penuh dalam arti tak ada kursi kosong hehehe jadi kami memutuskan naik kereta berikutnya yang datang  10 menit berikutnya, berharap dapat jatah kursi buuuu..  


Rute yang menjadi trial run adalah Lebak Bulus - Bundaran HI dan sebaliknya. Berangkat dari stasiun Lebak Bulus MRT akan berhenti di stasiun Fatmawati- Cipete Raya- Haji Nawi -Blok A- Senayan- Istora -Bendungan Hilir - Setiabudi – Dukuh Atas - Bundaran HI. Stasiun MRT juga terintegrasi dengan transjakarta , saat ini tersedia di stasiun Lebak Bulus, Fatmawati, Dukuh atas, dan Bundaran HI. Jadi teman pengguna transjakarta bisa langsung naik MRT dari stasiun2 tersebut diatas.


Kami berangkat dari stasiun Lebak Bulus lalu turun di stasiun Bundaran HI. Saat balik menuju stasiun asal, kami mencoba turun di stasiun Senayan,  stasiun ini berada di bawah tanah, asli mirip stasiun MRT di negara tetangga yang pernah saya sambangi 10 tahun lalu dan mirip kayak yang di film film box office hihi.... Tak mau melewatkan kesempatan ini, cussss berswafoto lagi, cari cari spot yang kece dan instagramable, mumpung ada kang poto geuuuss. Stasiun yang memiliki akses pintu masuk bawah tanah adalah Bundaran HI, Dukuh atas, Setiabudi, Benhil, Istora, Senayan. Lengkapnya bisa cek di IG: mrtjkt ya..




Kita juga menjajal naik turun lift menuju peron yang sudah beroperasi distasiun Senanyan. Lalu naik MRT lagi ke stasiun asal LB. Bulus. Oh ya lagi lagi kami turun di stasiun lainnya, kali ini fatmawati, stasiunnya berada diatas dan ruang terbuka sama halnya dengan stasiun LB.Bulus.

Menurut hemat visual saya, stasiun MRT Jakarta nantinya akan ramah bagi disabilitas. Salah satunya terlihat dari jalan masuk ke stasiun Lebak Bulus, posisinya yang berada di sisi jalan raya , pada trotoarnya  tersedia jalur landai untuk pengguna kursi roda, juga tersedia elevator. Trotoar sudah dibuat blok taktil (lantai bertekstur sebagai panduan langkah bagi tuna netra) begitu pula di area dalam stasiun. Jarak dari peron dan MRT dirancang sedemikian rupa agar mudah dan aman bagi pengguna kursi roda, didalam MRT tersedia kursi prioritas dan tempat khusus pengguna kursi roda. Untuk akses naik ke peron tersedia elevator. Semoga kelak semua fasilitas ini tepat guna dan mempermudah saudara saudara  yang membutuhkan. Fasilitas lainnya seperti toilet , tempat ibadah, ruang kesehatan  juga tersedia.
Jalur taktil mulai di trotoar

Elevator Dan jalur taktil
Kuning jalur masuk, hijau jalur keluar
Peron bawah tanah

Beberapa hal yang perlu kita perhatikan saat menggunakan MRT dan berada di area stasiun ;
·         Tidak makan dan minum di area stasiun dan di dalam MRT
·         Dahulukan penumpang turun/keluar MRT ,                      masuk/naik dari jalur kuning yang telah tersedia
·         Tidak bersandar di pintu
·         Tidak berdiri di depan pintu kereta
·         Selalu Perhatikan barang bawaan
·         Berikan tempat duduk bagi yang membutuhkan
·         Tidak berdiri di lorong kereta
·         Tidak memainkan interkom darurat
·         Menjaga kebersihan
·         Bersama menjaga fasilitas umum dan seluruh propertinya




Semoga Kelak fasilitas ini terus berkembang terus maju siapa pun yang memimpin, hingga bisa mengubah wajah transportasi publik dan mengubah Jakarta semakin Maju. Sama sama kita gunakan dan jaga MRT Jakarta. Lebih lengkap tentang MRT Jakarta bisa berselancar di instagramnya ya IG: mrtjkt . 


#MRTJakarta #AyonaikMRT #UbahJakarta #transportaspublik  #transportasiumum #weekendfamilyactivity

Comments

Niwanda said…
Belum kesampaian euy mau naik MRT, makasih info dan tipsnya ya, Mom...
Juliaskurniawan said…
insha'Allah segera ya ma. Terimakasih juga sudah mampir��