5 Alasan Bloger Harus Punya Social Skill

Ada yang  ingat drama King The Land? tentang seorang hotelier terkenal dengan senyuman tulus kepada setiap pelanggan akhirnya meluluhkan hati sang pewaris tahta yang meyakini bahwa senyuman seseorang adalah palsu, senyum karena ada maksud tertentu. 

Tak hanya soal hati, sang hotelier selalu berhasil memberikan solusi dari masalah yang di hadapi pelanggan hotel. 

Drama ini mengajarkan bahwa keterampilan sosial yang dimiliki seorang karyawan dapat menyelamatkan bisnis resor sang pewaris tahta.

Mundur ke tahun 2018, drama yang dibintangi Song Hye Kyo dan Park Bo Gum, dimana sang pemeran pria juga seorang hotelier berkat pelayanan  yang tulus membantu pelanggan menemukan barang yang sangat berarti baginya, hotel tersebut disorot majalah bisnis dan akhirnya menaikan popularitas hotel tersebut.

Dua Film diatas mengajarkan saya bahwa kesuksesan sebuah bisnis tak lepas dari sumber daya manusia  yang memiliki good personality dan memiliki social skill.

Personality Development dan Social Skill

Upaya yang dilakukan seseorang untuk menjadi lebih baik dengan meningkatkan kualitas dan kapasitas diri baik di bidang personal atau profesional bisa dikatakan sebagai pengembangan diri atau Personality Development. Disini sesorang akan mempelajari bagaimana mengetahui kekuatan dan kelemahan dirinya apa yang perlu dihilangkan dan dikembangkan.

Dengan mengenali potensi dalam diri dan mengetahui kelemahan yang ada seseorang tentunya dapat meningkatkan kualitas diri secara keseluruhan, otomatis keterampilan meningkat, wawasan pun bertambah, pengaruhnya dapat meningkatkan kualitas hidup.

Nah, selain mengetahui kekuatan dan kelemahan untuk pengembangan diri ada juga kemampuan yang tak kalah penting dalam dunia kerja maupun bisnis, yaitu kemampuan seseorang dalam berinteraksi dan berkomunikasi dengan orang lain secara verbal maupun non verbal. Kemampuan ini termasuk salah satu soft skill yang wajib dimiliki yaitu Social Skill

Personality Development Bersama ISB

Beruntung banget jadi salah satu member komunitas bloger yang hobinya memberikan pembekalan ilmu untuk para member. Mulai dari workshop memulai blog, SEO, kursus bahasa hingga pengembangan diri dan keterampilan sosial. 

Minggu lalu saya mengikuti kelas yang diadakan Indonesian Social Blogpreneur (ISB) bersama Duta Bangsa secara online. 

Pak Rudi Hilman selaku Direktur Program Development Duta Bangsa pada hari itu menjadi narasumber menyampaikan bahwa 85% kesuksesan bisnis dipengaruhi social skills atau keterampilan sosial. 

Mengapa, social skills besar pengaruhnya terhadap kesuksesan sebuah bisnis? Pak Rudi membagikan pengalaman pribadinya ketika ingin membeli sebuah barang dari sekian banyak toko yang didatangi hati pak Rudi kembali ke toko pertama yang menenuhi dari segi harga dan kebutuhan emosionalnya. Inilah yang menjadikan social skills penting daripada technical skills, adanya kebutuhan emosionalnynag terpenuhi. 

Dari segi pelayanan bagaimana customer service dapat memberikan info detail terkait pada calon pembelian. Cara menyampaikan dengan bahasa verbal dan nonverbal yang dapat menenuhi kebutuhan emosional calon pembeli.

Semua itu merupakan kemampuan sosial yang dimiliki seseorang. Apa saja yang merupakan keterampilan sosial itu, baca terus ya. Ini beberapa kemampuan yang termasuk social skills adalah:

  • Kemapuan berkomunikasi termasuk (komunikasi verbal dan non verbal) 
  • Percaya diri
  • Empati
  • Rasa hormat terhadap orang lain
  • Kemampuan mendengarkan
  • Kemampuan memecahkan masalah
  • Kemampuan mengatur emosi diri dan orang lain
Kemampuan berkomunikasi memang paling dibutuhkan dalam segala bidang namun komunikasi yang baik tanpa disertai etika dan etiket menjadi tidak lengkap.

Hari itu pak Rudi fokus menjelaskan tentang etika dan etiket dalam berbisnis, ini masuk ke kemampuan berkomunikasi secara verbal dan non verbal.

Saya makin mendapat insight dari duta bangsa, bahwa seorang bloger pun penting mengetahui etika dan etiket dalam berinteraksi dengan klien maupun sesama bloger.

Etiket merupakan sikap sopan santun, aturan dan tata krama dalam berinteraksi pada sesama manusia. Contoh, mengucapkan terima kasih, tolong dan maaf. Tidak memotong pembicaraan orang lain saat berbicara, meminta izin  sebelum mengambil sesuatu. 

Etika adalah sikap baik dan benar Dan tidak menyalahi aturan dalam masyarakat.
Etika bisnis adalah tindakan yang dilakukan dalam kegiatan bisnis dengan tidak menyalahi aturan organisasi.

Dari keseluruhan rangkaian kelas kemarin saya mendapat simpulan.  Mengapa, bloger harus memiliki keterampilan sosial atau social skills, ini alasannya :

  1. Berpeluang mendapat peluang baru baik di bidang penulisan atau pekerjaan lainnya. 
  2. Membangun, menumbuhkan , serta meninggalkan kesan hubungan baik dengan orang lain 
  3. Memperluas jaringan kerja dan pertemanan.
  4. Lebih mudah beradaptasi dimanapun kapan pun di lingkungan bekerja atau dengan orang baru.
  5. Menciptakan suasana kerja yang lebih nyaman karena bisa menjaga hubungan baik dengan setiap rekan kerja

Kelas Pengembangan Diri di Duta Bangsa

Duta Bangsa adalah lembaga yang didirikan Dra. Mien R. Uno dan Drg Anita R. Chairul MARS ini hadir menjawab kebutuhan muda-mudi penerus bangsa dalam mengembangkan diri dengan misi mencerdaskan kehidupan bangsa dengan mengembangkan sumber daya manusia yang berkualitas.

Selain pelatihan pengembangan diri untuk individu Duta Bangsa juga mengadakan kelas untuk perusahaan serta kelas lain grooming, make up, sampai outbound activity. 

Lengkapnya bisa dilihat disini , Instagram Duta Bangsa 

Merasa beruntung dapat ilmu personality development dari duta bangsa, karena sebagai bloger jujur akan bersaing dengan anak mudah kreatif dan aplikasi AI yang mulai menggeser tugas-tugas manusia.

Jadi kapan mulai ambil kelas pengembangan personal atau keterampilan sosial?






 

Comments