Upgrade Ilmu di Festival Ibu Penggerak

Akhir pekan adalah harinya mamah, artinya mamah bisa gunakan untuk diri Mamah, entah itu sekedar bebas tugas masak, ikut workshop atau hangout bareng teman-teman.

Sabtu lalu mamah mengikuti acara Festival Ibu Penggerak yang diadakan Sidina Community, sengaja ikut karena ada materi yang mama incar.


Rangkaian Acara 

Tiba di gedung D, Kemdikbudristek saya langsung menyapa teman-teman yang bertugas di meja registrasi, kebetulan teman satu kelompok waktu kami training of trainer fasilitator tahun lalu. Senang bukan main serasa nostalgia saat ToT dulu.

Baca juga: Parkour dilirik PB Persani

Setelah registrasi,  wajib keliling dulu karena Ada beberapa booth disana, salah satunya buku gratis. Ya memang bukan buka baru namun masih dalam kondisi prima dan yang terpenting buku yang isinya daging banget. Tiap peserta hanya boleh ambil satu buku agar semua mendapat bagian.

Lanjut memasuki ruangan acara, disambut lagi dengan teman yang biasa mengudara di grup Whatsapp kali ini kami langsung bertatap muka.

Masih pukul 07.00 saat itu, namun hampir semua Ibu terlihat sumringah dan penuh semangat, karena diawal acara ada lomba Ibu terbanyak berkenalan, yang akan memenangkan hadiah saldo e-wallet.

Acara dibuka diawali dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya, diikuti serangkaian kata sambutan dari para undangan.

Materi yang paling saya suka adalah "Makna Belajar Dari Rumah yang dibawakan Bapak Zulfikri Anas selaku Kepala Pusat Kurikulum dan menyampaikan materi "Makna Belajar dari Rumah."

Sangat menyetuh dan relate dengan keseharian para Ibu, apa yang beliau sampaikan sehingga tak sedikit para peserta Festival Ibu Penggerak yang matanya berkaca-kaca, disesi Pak Zul.

"Tak ada produk ciptaan Tuhan yang gagal, semua memiliki kelebihan dan jangan banding-bandingkan satu sama lainnya." 

Ini salah satu yang terus saya ingat dari ucapan Pak Zul. Saya langsung tertampar bolak balik, karena tak jarang saya melakukan hal diatas pada anak-anak dirumah. Usai sesi Pak Anas, masih banyak sederet narsum Dan talkshow yang membuka wawasan para Ibu.

Disela-sela itu banyak games dan kuis berhadiah yang dilempar pemandu acara membuat para Ibu jauh dari kata bosan.

Acara belum berakhir, usai istirahat makan siang dilanjutkan sesi Public Speaking oleh Vena Annisa. Narsum sudah berkecimpung di dunia presenter sejak tahun 2000an. Vena juga pernah menjadi pemeran di film remaja Eiffl I'm in Love.

Dibawakan dengan seru dan interaktif, Mba Vena melemparkan banyak pertanyaan juga games bertabur hadiah. 

Tips berkomunikasi didepan umum versi Mba Vena ada Pepes Peda, yaitu Persiapan, Pemikiran Positif, Pengendalian, Doa, Senyum.

Pastinya harus punya persiapan , kuasi materi paham betul dengan apa yg ingin disampaikan.

Pemikiran Positif bisa dengan afirmasi pada diri sendiri, lalu kita menguasai diri secara penuh, berkesadsran penuh berada didepan tak lupa doa san smile selalu. 

Mba Vena berpesan tak perlu menjadi apa yang diinginkan audience, tidak perlu memaksa pemirsa untuk menerima apa yang kita sampaikan kita hanya meneruskan apa yang harus disampaikan sebab itu jangan takut salah, karena semua berproses.

Para Sponsor Festival Ibu Penggerak 

Mengangkat tema "Berproses menjadi Wanita sehat, cerdas, dan berdaya, acara Festival Ibu Penggerak 2023 tak akan berjalan tanpa dukungan para sponsor.

BlueBird selaku official transportation partner, terima kasih telah memberi dukungan bagi para peserta festival Ibu Penggerak, karena tak sedikit yang datang dari luar Jakarta. 


Ilustrasi pelanggan Bluebird (sumber: pribadi)

Begitu pula para panitia, yang harus pulang pergi venue untuk mempersiapkan acara.

Bluebird sudah menjadi pilihan saya sejak dulu, karena citranya yang baik. Tak disangsikan lagi layanan para pengemudi yang ramah, rapi, serta baik dalam mengemudi. Armada pun selalu baik, bersih dan sejuk.


Aplikasi Bluebird memudahkan Pelanggan untuk memesan armada kapan pun dimana pun. Juga tersedia diaplikasi transportasi online.


Berkendara besama Bluebird 

Selain Bluebird turut mendukung Paragon Group, salah satu produknya adalah Wardah kebetulan banget mama memakai rangkaian perawatan wajah aloevera dari wardah.

Samsung Indonesia, menyumbang sebuah Chromebook sebagai doorprize, sungguh beruntung yang mendapatkan.

Ada juga Pingus English, membagikan paket kursus bahasa secara cuma-cuma. Toyota Astra Finansial, Propertree, International Test Center, Madurasa, Air Mancur, Entrepreneur Hub, Padimas Sejahtera, Sweetiws, Literazon, Sibi, dan banyak lagi.

Usai sudah semarak Festival Ibu Penggerak yang kedua, semoga tahun depan mamah masih bisa menghadiri acara bermutu seperti ini lagi.











Comments