Green Jobs : Pekerjaan Layak yang Ramah Lingkungan

Tak terelakkan kondisi ekonomi melemah akibat  pandemi yang masih berlanjut. Sektor pariwisata, akomodasi, usaha makanan & minuman paling terdampak menurut Badan Pusat Statistik (BPS) selain sektor jasa transportasi dan pergudangan. Bahkan banyak perusahaan dari sektor lain melakukan efisiensi.

Apa kabar muda mudi millenial yang sedang menjajakan ijazahnya dimasa seperti sekarang?  Rasa-rasanya perusahaan belum akan membuka penerimaan karyawan baru.

Namun begitu baiknya tetaplah optimis. Saat ini peluang wirausaha atau menjadi enterpreneur sangat bisa menjadi pilihan. Lihat saja bisnis online yang melejit omsetnya selama pandemi. 

Mungkin sebagian sudah kenal dengan green enterpreneur, konsep sama seperti enterpreneur hanya saja lebih memikirkan faktor lingkungan.

Merupakan bagian dari green jobs, green enterpreneur mulai banyak diminati karena menjanjikan. Sebutlah Ailesh Power yang sudah berkecimpung lebih dulu. 

Tak banyak yang salah sangka mengira green jobs hanyalah pekerjaan pecinta alam yang tidak menghasilkan. Ouw, jangan salah green job adalah bisnis  yang sangat menjanjikan , seperti yang disebutkan coaction.id

Source : ILO.ORG


Sama halnya seperti Go Green, Green  Environment, Green Economy semua berkaitan dengan lingkungan hidup untuk keberlangsungan kehidupan manusia di bumi.

Apa itu Green Job? apa saja sektor pekerjaannya dan bagaimana peluangnya, kita mulai dari awal.

Mengapa Energi  Terbarukan

“Yah ... kok mati, Mah”, protes anak saya yang sedang menikmati jadwal screen time-nya disiang hari. Entah kenapa daerah rumah saya paling sering kena pemadaman listrik. Kalau sudah begini pekerjaan pun  terpaksa terhenti karena koneksi internet ikut kena imbas.

Keadaan diatas menunjukan betapa manusia sangat bergantung pada energi dalam kesehariannya.  Bahkan tubuh manusia pun membutuhkan  energi dari makanan untuk dapat terus hidup.

Sebagian besar aktivitas manusia di bumi tidak lepas dari penggunaan bahan bakar sebagai penghasil energi. Bensin untuk kendaraan bermotor, diesel, solar untuk genset, gas untuk kompor yang dipakai memasak. Dan yang paling besar kebutuhannya adalah listrik yang menggunakan bahan bakar batubara sebagai sumber daya pembangkit.

 

Pertanyaannya sebandingkah ketersediaan bahan bakar ini dengan jumlah kebutuhan manusia hingga ratusan tahun yang akan datang? Bagaimana jika habis dalam waktu puluhan tahun saja? Atau amankah bahan bakar yang berasal dari fosil ini untuk keberlangsungan mahluk hidup akan datang?

itulah sebabnya dunia mulai beralih ke energi terbarukan mengantisipasi habisnya energi tak terbarukan seperti minyak bumi, batu bara, dan uranium (bahan energi nuklir). Selain itu energi terbarukan diperuntukan mengimbangi pengembangan energi bahan bakar nuklir dan fosil .

Energi Terbarukan adalah energi yang berasal dari proses alam yang terus menerus ada atau berkelanjutan. Artinya akan tersedia di alam dalam waktu yang relatif amat panjang seperti tenaga surya, energi panas bumi, tenaga angin, arus air, gelombang laut, dan sebagainya. (wikipwedia)

Sebenarnya energi terbarukan bukanlah barang  baru, karena negara negara di belahan Eropa  sudah mengenalnya sejak tahun 1970. Sebut saja Jerman, Spanyol dan Italia yang telah menggunakan energi dari tenaga surya.


Green Job

Sebanyak lebih dari 130 bencana alam tercatat di Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) sejak awal tahun 2021.

Bencana alam merupakan dampak dari tekanan yang diterima lingkungan. Sebagai contoh hampir 50% lahan hutan Kalimantan beralih fungsi menjadi tambang dan perkebunan. Luas hutan primer dan sekunder telah terkikis sehingga tak lagi mampu menahan curah hujan yang tinggi, sehingga terjadi banjir.

Ini menjadi tanggung jawab kita sebagai penghuni bumi, menjaganya agar tetap ada kehidupan di bumi dan karena tak ada planet A, B atau Z yang bisa kita tempati, setuju!

Kualitas lingkungan yang semakin menurun, berkurangnya sumber daya alam sebagai bahan baku energi dan perubahan iklim yang drastis. Hal ini menjadi permasalahan serius bagi perekonomian di masa akan datang. Maka green jobs hadir sebagai solusi perekonomian yang berkelanjutan.

Green job adalah semua pekerjaan baik perusahaan maupun usaha perorangan yang berkontribusi menjaga lingkungan hidup, membantu melindungi ekosistem dan biodiversitas serta keberlangsungan kehidupan di bumi. Dengan kata lain pekerjaan yang ramah lingkungan.

Menurut International Labour Organization (ILO), pekerjaan ramah lingkungan adalah pekerjaan layak yang berkontribusi untuk melestarikan atau memulihkan lingkungan, baik di sektor tradisional seperti manufaktur dan konstruksi, atau di sektor hijau baru yang muncul seperti energi terbarukan dan efisiensi energi.

Menurut Koaksi Indonesia, Green Jobs mencakup 3 aspek yaitu ekonomi, sosial, dan lingkungan hidup. Ketiga aspek ini saling terkait dalam mewujudkan indonesia yang lebih bersih dan meningkatkan ekonomi lokal serta kemapanan sosial ekonomi tiap individu.

Green jobs membantu manusia dalam hal

  • Meningkatkan efisiensi energi dan bahan baku
  • Membatasi emisi gas rumah kaca (efek rumah kaca disebabkan oleh peningkatan suhu atmosfer. Efek rumah kaca tidak berkaitan dengan bangunan gedung-gedung bertingkat yang dindingnya terbuat dari kaca).
  • Minimalkan limbah dan polusi
  •  Melindungi dan memulihkan ekosistem
  •  Mendukung adaptasi terhadap efek perubahan iklim 
 

Apa Saja Sektor kerja Green Job

Menurut National Geographic dan beberapa sumber lainnya ada beberapa sektor green job yang akan berkembang pesat diantaranya;

Urban Farming, ialah konsep berkebun dilahan terbatas seperti perkotaan.perkebunan yang menggunakan lahan di perkotaan dijadikan urban farming menjadi pilihan untuk menyediakan bahan pangan yang lebih segar dan sehat

Biofuels (biogas, biodiesel, bioetanol), biomassa, pekerjaan terkait pembaharuan bahan bakar ramah lingkungan.

Ilmuwan, pakar agrikultur (pertanian), pakar perubahan iklim, pakar lingkungan hidup, pakar biologi kelautan, pakar kualitas air.

Teknisi banyak tenaga teknisi yang dibutuhkan terkait energi terbarukan, seperti teknisi energi angin, teknisi dan ahli panel tenaga surya

Konsultan lingkungan hidup, konservasi alam.

Praktisi pendaurulang dan pengolahan limbah

Transportasi ramah lingkungan

itulah beberapa sektor pekerjaan hijau yang terkait aspek lingkungan.

www.remahkata.com

Sedang menurut coaction.id diacara webinarnya tentang peluang green job di indonesia berikut adalah peluang kerja adalah  ;

  •     Ecopreneur
  •     Organic Foodpreneur
  •     Eco  Fashionpreneur
  •     Eco Design Architect
  •     Electric car Technician
  •     Waste Management Starup
  •     Energy Startup

Bisnis ‘Startup’ dapat menjadi pintu green jobs bagi  anak anak muda di indonesia. Saya setuju dengan Koaksi , anak anak muda indonesia itu banyak yang kreatif dan produktif, besar peluang dengan mengangkat bisnis ini untuk menjadikan indonesia lebih bersih.

Bisnis Startup

Masalah sampah di indonesia memang belum terpecahkan, belum saatnya membandingkan dengan negara Eropa terbersih seperti Norwegia, Islandia, Denmark namun kita sedang menuju kesana.
 
Tidak semua masyarakat Indonesia mengerti dan paham konsep hidup berkelanjutan bebas sampah.  Sudah menjadi kebiasaan membuang sampah dalam satu tempat sekaligus tanpa memilah-milah sampah yang bisa didaur ulang. Kurangnya edukasi, informasi serta tingkat pendidikan dan kualitas SDM mempengaruhi hal itu.

Di lingkungan kelurahan saya yang masih di bilangan jakarta, bank sampah tidak berfungsi. Kekosongan bank sampah ini bisa di isi dengan bisnis starup yang fokus mengelola sampah warga kota.  

Coba deh cek ke playstore apalagi yang eksklusif di App store, sebut saja duitin, mysmash, E-bank sampah, Rapel , Mallsampah, mashup masih kurang sedikit aplikasi dan itupun untuk seluruh indonesia.



Bayangkan jika banyak starup yang bergerak dibidang manajemen sampah, bukan tidak mungkin Indonesia jadi lebih hijau.

Sektor green jobs yang menurut saya bisa dijadikan ide bisnis startup ialah:

  • Bank sampah mulai dari limbah organik maupun anorganik, level rumahan, UMKM, UMB, perusahaan hingga pabrik.
  • Aplikasi sampah daur ulang,
  • Bisnis produk ramah lingkungan, kurangnya produksi barang barang raah lingkungan membuat harga masih jauh dari ekonomis sehingga yang menggunakan produk tersebut hanya kalangan tertentu. Padahal untuk bisa menarik konsumen menggunakan produk ramah lingkungan, salah satu cara ya dengan harga yang ekonomis. 
  • Bisnis minyak jelantah sebagai bahan baku biodiesel, menurut EBTKNE produk turunan minyak sawit ini bisa menghasikan FAME (Fatty Acid Eethyl Ester) alias biodiesel yang ramah lingkungan, dan ini bisnis yang menjanjikan. Bayangkan berapa banyak abang tukang gorengan yang tersebar di wilayah Jakarta dan sekitar.
  • Bisnis produk pakaian ramah lingkungan dan pakaian daur ulang. Tak hanya makanan , bisnis  pakaian merupakan sektor yang menjanjikan karena hampir setiap orang membeli pakaian dalam waktu dekat. Masalahnya limbah pakaian yang tidak lagi terpakai menjadi masalah baru. itu sebabnya perlu ada bisnis yang mengelola sektor ini


Bagaimana Prospek Green Job

Dikutip dari artikel coaction.id, green jobs menjadi lambang perekonomian dan masyarakat yang lebih berkelanjutan dam mampu melestarikan lingkungan. Tumbuhnya lapangan pekerjaan baru yang mendorong perekonomian hijau berpotensi mengembangkan nilai bisnis hingga 1.370 miliar.

Program Ekonomi Hijau bertujuan untuk menciptakan perekonomian Indonesia yang juga menitikberatkan pada proteksi lingkungan. Selain itu untuk melakukan transformasi sistem perekonomian Indonesia menuju  pertumbuhan ekonomi yang tinggi.

Di indonesia sudah dibangun panel terbesar se - Asia Tenggara di Cikarang milik CCA. Pastinya akan ada pembangunan panel panel lainnya.

Bagaimana,tercerahkan? pastikan kamu memanfaatkan peluang green jobs di tahun ini.

Comments

Miskah Khairani said…
Terimakasih infonya mba
LadyRain said…
Green job is doing a great job for a better future 😉👍
Chela Gurukecil said…
start up yang lebih mengarah ke ramah lingkungan sejauh ini belum nemu juga ya mbak. semoga indonesia segera ada untuk bisnis start up
Julia.K said…
Sudah ada sih beberapa tapi tidak banyak.
Dina Andriany said…
Semoga Indonesia semakin baik #dukunggreenjobs
Julia.K said…
yup, semoga semakin cepat terwujud ya
Alya said…
Saya sudah pernah baca nih di blog lain, semoga green jobs semakin diminati oleh anak-anak generasi muda yang ingin mencari pekerjaan serta bermanfaat untuk memulihkan lingkungan menjadi lebih baik
Anggapann said…
thanks for sharing mbak... anyway banyak bgt artikel yang nulis ttg green jobs dan semakin tertarik untuk berkecimpung di dalamnya, prospek jangka panjang yang sehat dan ramah lingkungan
ginanelwan said…
sedikit asing dengan istilah green jobs, namun setelah mmbca beberapa tulisan dr tmn2 dan mencari2 referensi akhirnya paham jg apa tujuannya
Okti Li said…
Peluang green jobs sebenarnya ada pada setiap profesi. Masalahnya ada pada pribadi masing-masing itu, ada gak niat untuk berbuat sesuatu yang ramah lingkungan sehingga kelestarian bumi bisa terjaga?
Raja Lubis said…
Keren sih kalau ide-ide di atas didukung dengan pembuatan start-Up. Tapi tentunya dukungan pemerintah jga sangat penting.
sudah saatnya berancang-ancang pindah ke green jobs ya?

karena suartu keniscayaan energi fosil bakal habis dan banyak sektor akan mengurangi tenaga kerjanya

jadi daripada di PHK, kan....... ^^
Dee_Arif said…
ah iya ya, sudah saatnya beralih ke Green Jobs
Agar Indonesia lebih bersih
Apalagi Green Jobs ini memang peluang pekerjaan di masa depan yang menjanjikan sekaligus ramah lingkungan
Tira Soekardi said…
mkaish sharingnya
Shafira Adlina said…
rasanya kalau baru lulus kuliah kemaren pengan langsung gabung sama greenjobs ini ya mbak. memang green job ini bisa jadi solusi untuk merekrut anak muda potensial makin bekontribusi dengan bumi ya
Erly Damayanti said…
Beberapa artikel terkait Green Job udah saya baca, dan makin kemari makin tertarik juga nih. Semoga kaum muda berbakat juga tertarik untuk berkarier di bidang ini karena ternyata sangat menjanjikan juga
Bella Zhee said…
Green job for the win! Jadi makin aware skrg nih dengan lingkungan. Dan jadi lebih memilih kerja di bidang ini juga
Yopi Saputra said…
semoga program green job ini lebih masif lagi ke masyarakat ya kak. Dan perlu dukungan dari pemerintahan juga sih ini.
Shyntako said…
Banyak banget sebenarnya peluang green jobs ini yaa, mulai dari teknologi panel surya, teknologi mobil listrik, kebayang deh kalo nanti makin futuristik dan lebih ramah lingkungan dunia kita thanks to green jobs
Ghina Rahmatika said…
semakin banyak tulisan yang menggaungkan green job ini moga makin bikin banyak pihak terutama pengusaha dan pemerintah untuk ikut melakukan hal2 yang bersifat green job ini yaa
@blogger_eksis said…
Sebagai bagian dari milenial, aku sangat tercerahkan dengan adanya peluang Green Jobs ini. Semoga pekerjaan ini bisa mewujudkan lingkungan sekitar yang lebih bersih dan sehat!
Renayku said…
Semoga Indonesia berhasil mewujudkan Green Jobs seperti negara2 maju lainnya. Bumi sudah menua dan renta jadi hrs bener2 dijaga.
ida tahmidah said…
Semoga makin banyak peduli dengan kelestarian alam kita ini..miris melihat alam Indonesia yang semakin rusak oleh tangan2 yg tidak bertanggung jawab ya...
harus terus digaungkan nih issue lingkungan biar jadi perhatian semua pihak yaa :)
Julia.K said…
betul , sebenarnya sudah lama isu ini ada yah tapi sempat tenggelam lagi. semoga makin banyak yg sadar lingkungan dan beralih grren job
Julia.K said…
memang untuk tenaga ahli di sektor green job harus punya modal sekolah tinggi. namun untuk ecopreneur nya semua yang berjiwa pebisnis harusnya bisa sih juga mencintai lingkungan
Julia.K said…
bener banget pemerintah juga harus gencar mulai dari woro woro sampai bikin peraturannya
Julia.K said…
yup kembali lagi ke indivudunya yah masih banyak yang belum sadar . Masalhnya juga pemerintah masih kurang nih greget woro woro ke masyarakat. perpu perpu belum ada jadi yah begitu deh
Kedepannya, sampah akan lebih berarti ketimbang sekarang.
Bisa diolah kembali menjadi sumber energi dan produk yang bisa dipakai kembali.

Sekarang udah mulai bermunculan start up sebagai bank sampah maupun menyediakan produk tanpa kemasan, yang artinya kemasan harus bawa sendiri.

Andai, berbagai produk bisa direfill pasti sampah bisa dikurangi.