10 Timmyness yang Perlu Kamu Ketahui Sebelum Bergabung dengan IDN Media

November 29, 2020

Siang itu mobil yang saya tumpangi melaju melintasi jalan Jend. Gatot Subroto. Lama tak melihat pemandangan gedung gedung indah disepanjang jalan ini sejak saya resign 5 tahun lalu. 

"Mamah, liat itu tulisan IDN", jerit anakku. Kei sedang keranjingan membaca, apalagi setiap tulisan besar di jalanan yang terlihat matanya. Maklum, baru baru ini kemampuan membacanya semakin meningkat diusia belum genap 6 tahun. Seketika saya melihat gedung berbentuk unik dengan tulisan IDN, "itu gedung kantor, Nak", jawabku.

Jadi teringat ketika saya masih aktif bekerja beberapa belas tahun lalu. Dunia kerja sangat  menyenangkan walau tak jarang ada  benturan benturan. Pertama kali menceburkan diri saya masuk perusahaan penerbangan nasional. Cara kerja yang masih kental dengan birokrasi serta sulitnya menyalurkan ide-ide. 

Beda perusahaan beda cara kerja, di perusahaan telekomunikasi ritme kerja yang dinamis mengharuskan tiap karyawan siap dengan informasi produk yang berubah setiap saat. tak jarang beberapa ketentuan berubah tiba tiba. 

Terakhir, saya dapat pengalaman dari perusahaan perbankan dimana integritas harus berada diatas segalanya dalam menjalani tugas serta ketulusan dalam melayani.

Dimanapun kita bekerja pasti ada panduan bekerja yang menuntun kita pada visi dan misi perusahaan. Nah sudah seharusnya sebagai karyawan mengikuti panduan, nilai-nilai serta menyesuaikan diri dengan budaya perusahaan tersebut.

Seperti perusahaan media yang tak asing saya dengar dan lihat namanya. IDN Media, ternyata salah satu komunitas mama yang saya ikuti termasuk dalam grupnya. Tak jarang flyer bertulisakan IDN tersebar dilaman grup. Lantas saya mencari tau lebih lanjut tentang budaya kerja yang ada di IDN Media.

Tentang IDN Media 

Adalah perusahaan media multi - platform pertama yang berbasis teknologi dengan sasaran audiens generasi milenial dan Gen Z. Winston Utomo sebagai Founder dan CEO IDN Media mendirikan perusahaan ini pada tahun 2014.

Dengan visi membawa dampak positif  bagi masyarakat dan mendemokratisasi akses ke informasi yang akurat, seimbang dan berguna. Pada akhirnya diharapkan dapat menjadi suara Milenial dan genenerasi Z di Indonesia.

Saat ini IDN Media mengoperasikan beberapa media digital seperti IDN Times platform berita , Popbela.com  yang membuat konten gaya hidup, fashion perempuan milenial. Lalu ada Popmama.com panduan parenting untuk mama milenial, IDN Creative, IDN Event juga IDN Picture. 

www.remahkata.com
Timmyness guidence para Timmy
  

Timmyness 

Bagi sebuah perusahaan, karyawan adalah nyawa tanpa mereka perusahaan tidak akan hidup dan tak dapat berjalan mencapai tujuannya . Sebab itu para Timmy sebutan bagi karyawan IDN Media harus memahami dan menerapkan Timmyness dalam lingkungan kerja.

Timmyness diciptakan oleh Winston Utomo (Founder dan CEO IDN Media) sebagai representasi dari nilai dan budaya perusahaaan. Ini pula yang menjadi pedoman bagi para timmy dalam bekerja.

Timmyness adalah sebuah guidelines terkait budaya kerja, visi dan misi di IDN Media berikut 10 timmyness yang perlu kamu ketahui.

Kreativitas, ketulusan dan semangat dalam bekerja (Bringing creativity, sincerity, and passion to the work)  

Tak hanya bidang desain yang butuh kreativitas namun dalam setiap pekerjaan. Tanpa kreativias maka tak akan ada karya.  Begitu pula bidang media membutuhkan orang-orang yang kreatif untuk menelurkan ide ide brilian dan inovatif. Semangat memperkaya diri dengan berbagai ilmu serta memperluas wawasan untuk meningkatkan kreativitas. Dan yang terpenting setiap pekerjaan itu dilakukan dengan ketulusan. Tanpa ketulusan kerja hanya akan membuat kita merasa lelah dan sia sia. Agar hasilnya kerja yang didapat lebih baik maka lakukanlah dengan tulus.  

Berkomunikasi dengan benar dan bertindak secara etis (Communicating Properly and acting ethically)

Kemampuan berkomunikasi dengan baik sangat dibutuhkan di dunia kerja. Terutama saat berkolaborasi dalam sebuah tim, ada banyak opini dan ide yang muncul memungkinkan terjadi konflik internal. Sebab itu komunikasi yang baik akan menentukan keberhasilan sebuah tim. Bagaimana kata kata dapat mewakilkan rasa respect (menghargai, menghormati) baik kepada sesama timmy maupun kepada atasan.

Berkembang ditengah ambiguitas dan perubahan  terus dapat mengikuti yang dinamis (Thriving in ambiguity and fast-paced environment with constant changes)  

Untuk dapat bertahan tentunya kita harus terus beradaptasi mengikuti perubahan yang ada, sebab itu perubahan tak terelakan. Perusahaan akan terus melakukan inovasi agar mampu mengikuti dan menyesuaikan diri dengan perkembangan zaman. Begitu pula Timmy harus bisa mengikuti perubahan yang membawa pada perkembangan.

Bersikap aktif  dan kolaboratif bukan kompetitif (Being active and collaborative rather than competitive)

Kompetisi dalam dunia kerja bukan hal yang baru. Namun Winston mengatakan sifat kompetitif rasanya sudah ketinggalan zaman bahkan dapat memicu persaingan tidak sehat dan ini bisa menjadi cikal bakal perpecahan.  Itu yang harus dihindari, Ia berharap setiap Timmy dapat saling membantu dan mendukung satu sama lain. Secara aktif berkolaborasi dalam satu tim akan membuat pekerjaan menjadi lebih mudah, efektif, efisien dan hasilnya akan lebih terjamin. 

Menghargai perbedaan (Embracing Diversity) 

Perbedaan tak dapat dihindari karena kita tinggal di Indonesia dimana perbedaan telah menjadi kultur. IDN Media terus berupaya menjadi tempat kerja yang ramah bagi siapa saja yang ada didalamnya. Tidak memandang perbedaan ras, suku, etnis dan agama, bahkan perbedaan latar belakang. "Diversity is beautiful, it always is"  

Mempertahankan sikap positif, bahkan ketika sesuatu berjalan tidak sesuai harapan (Maintaining a positive attitude even when things do not go one's way)  

Selalu Positive thinking dengan berpikiran positif maka hal hal positif akan datang pula. Dalam keseharian kita tentunya pernah mengalami kejadian diluar dugaan maupun diluar harapan kita. Namun dengan merubah pola pikir untuk bersikap positif dalam menghadapi keadaan apapun, pastinya akan memberikan positive vibe ke sekitarnya. Dengan demikian produktivitas kinerja tetap terjaga.

Baca jugaAncol dibuka kembali untuk warga luar Jakarta

Membantu rekan kerja demi kepentingan kelompok (Assisting others in the group with their work for the benefit of the group) 

Untuk mencapai sebuah goal (tujuan), sebuah tim akan bekerja bersam-sama. Nah inilah pentingnya saling mendukung dan menolong dalam sebuah tim agar tujuan tersebut dapat tercapai. layaknya sebuah tim sepak bola yang harus bekerjasama.

Memuji rekan kerja saat mereka sukses dan membantu  mereka saat mereka membutuhkannya (Praising coworkers when they are successfull and helping them when they need it   

Tidak ada salah dan rugi jika kita memuji salah satu rekan kerja yang mendapat kesuksesan. Rasa iri akan keberhasilan seseorang hanya akan membuat kita semakin marah, lemah dan akhirnya tidak mampu berkarya sebaik mungkin. Begitu pula sebaliknya jika rekan kerja ada yang membutuhkan bantuan, hendaklah dengan tulus membantu. Budaya perusahaan ini akan membentuk kebiasaan Timmy menjadi pribadi yang lebih apresiatif. 

Melakukan hal yang benar bahkan ketika tidak ada yang melihat (Doing the right thing even when no one is watching)  

Kejujuran adalah dasar dari integritas dan ini penting dalam kehidupan baik secara pribadi maupun dalam lingkungan kerja. Integritas selalu didengung-dengungkan saat saya bekerja di bank. Begitu pula di IDN karena tanpa  integritas yang tinggi kredibilitas seseorang bisa saja diragukan begitu pula reputasinya. "Ingat untuk selalu prioritaskan kejujuran," kata Winston.


 

Melihat kesuksessan perusahaan sebagai kesuksesan diri (Seeing the company's success as one's own success)  

Tanpa Timmy tentunya IDN Media tidak akan bisa bergerak mencapai mimpi-mimpinya. Bahwa setiap keberhasilan perusahaan pasti melibatkan para Timmy. Sense of belonging diharapkan hadir menguat seiring berjalannya waktu dan ini meyakinkan Timmy bahwa IDN Media adalah sebuah entitas besar yang memayungi mereka.

Ternyata Timmyness IDN Media ini sangat mulia yah teman, baru kali ini rasanya ada perusahaan yang begitu peduli dengan lingkungan kerja. Kamu sudah punya salah satu dari Timmyness diatas?  boleh banget nih diaplikasikan ke diri kita agar menjadi pribadi yang lebih baik.

Salam J


  • Share:

You Might Also Like

15 comments

  1. Keren banget reviewnya..😍

    ReplyDelete
  2. Wah kece badai banget emang sih udah paling mantul

    ReplyDelete
  3. Bener banget emang ya dimanapun kita kerja kudu harus ikuta semua aturan perusahaan..tapi tetep jik itu sesuai prosedur.. uuh kangen kerja SM tem jug nih..hheheheh

    ReplyDelete
  4. Owalah timmyness itu pekerja di IDN Media ternyata.. aku jg baru tau kalo PoPbela dan PopMama itu bagian dari IDN hehe.. keren bgt deh IDN tuh..

    ReplyDelete
  5. Beda banget sama perusahaan lain ya, di IDN kerjasama demi kemajuan perusahaan dan pekerja penting banget. Sukses selalu buat IDN!

    ReplyDelete
  6. Keren bgt IDN media, baru tahu klo PopBela dan Popmama bagian dari IDN, Sukses selalu buat IDN :)

    ReplyDelete
  7. Kalau liat 10 nilai perusahaan IDN Media atau timmyness ini kebayang positive vibesnya ya, Mbak. Dan harusnya seperti itulah yang namanya kerja tim. Bekerja sama untuk kemajuan tim dan perusahaan.

    ReplyDelete
  8. Aku akuin sih untuk media digital, IDN ini perkembangannya bagus banget. Karena aku dulu anak media juga dan beberapa temanku kerja di IDN kita selalu ketemu dan berbagi kisah kantor masing-masing.

    ReplyDelete
  9. jika semua perusahaan menerapkan poin-poin seperti ini, duuhh bahagia banget pasti ya bisa bekerja secara gotong royong, punya rasa saling memiliki, membangun perusahaan dengan baik bukan hanya sekedar mencari cuan saja, tapi ada rasa sendiri yang berbeda.
    ahh, seru pasti suasana kerjanya ya :)

    ReplyDelete
  10. IDN udah semakin kece dan terus berkembang. Kayaknya aku cocok deh kerja di IDN, kantornya seru kayaknya, lamar aja apa. Haha.

    ReplyDelete
  11. Aku malah belum pernah ngerasain kerja kantoran Mbak hihi lha Wong nikah sebelum lulus. Skripsi sambil ngurus bayi :D

    Btw prinsip 10 Timmyness ini patut banget diimplementasikan ya, ngga melulu soal uang tapi kenyamanan bekerja.

    ReplyDelete
  12. By the way, aku baru tahu tentang Timmyness ini padahal lumayan sering ngubek-ngubek tentang IDN Times

    ReplyDelete
  13. Keren dan unik juga ya sebutan untuk karyawan IDN media, dan untuk menerapkan timmyness ini sebetulnya dampak baiknya akan balik ke kita juga ya, jadi bisa menjadi karyawan yang terbaik meski ga harus di IDN Media.

    ReplyDelete