Menumbuhkan Minat Baca Pada Anak

January 30, 2020


“Princess, kamu jangan takut akan Saya lawan naga itu dengan kekuatan pedang api, nanti Kita buang naganya ke kali."

Begitulah Ucapan Kei saat memerankan aksi sang pahlawan. Siapakah princes itu? Yup, tak lain tak bukan adalah 'mama'. Saya diminta menjadi Princess. hmmm princes gempal hihi..

Setiap kali habis bercerita, dibacakan buku atau habis menonton film, Kei sering meminta saya dan papanya bermain peran seperti tokoh dibuku cerita, film tersebut. Kami berakting sesuai arahan Kei, tentunya dia menjadi sang penolong. Namanya juga anak - anak, ya imajinasinya tingkat tinggi.


Kebiasaan membacakan buku, mendongeng bermanfaat merangsang imajinasi anak dan kemampuan berbicara.
Kemampuan berbicara Kei lebih lebih baik (kosakata jelas ,perbendaharaan kata lebih banyak) di antara anak seusianya, punya minat baca yang tinggi, lebih cepat belajar membaca, dan menjadi lebih komunikatif bahkan cenderung aktif berbicara.


Sejak umur  4 bulan kei sudah sering kami bacakan buku, mulai dari buku lembut yang  terbuat dari kain, lalu beranjak ke buku sungguhan. Tak hanya buku , cerita sambil bernyanyi dan musik juga sudah diperdengarkan. 




Tak melulu buku cerita fiksi, buku pengetahuan juga sudah boleh diperkenalkan pada si kecil (3 tahun), seperti buku ensiklopedi untuk anak.
Pada beberapa anak memang sudah ada bakat gemar membaca, kebetulan Kei juga diasah dari bayi sering mendengar mama papa bercerita jadilah sampai saat ini Kei suka mendengar orang bercerita , mendongeng, dan membacakan buku.



Biasanya sebelum tidur saya bercerita tentang kisah nabi nabi, dongeng legenda, bahkan terkadang dongen ala ala saya alias cerita ngarang sendiri hehe...(tapi tetap sopan dan mengandung pesan moral lhoo).

Membacakan buku, bercerita atau mendongeng ampuh memicu  rasa kantuk si kecil, walau tak jarang habis satu cerita mama yang terlelap ^^. Setiap Malam bergantian , antara papa atau mama yang membacakan buku maupun bercerita.

Seperti yang dilansir oleh Kompas.com, mendongeng memiliki banyak manfaat diantaranya :

1. Perkembangan kognitif
kognitif mengacu kepada kemampuan yang dimiliki seorang anak untuk memahami sesuatu. dengan dongeng otak  akan terstimulus , karena pendengaran menerima pesan  lalu di cocokan secara visual berupa gambar atau benda . Akan lebih baik saat mendongeng dibantu dengan boneka, buku bergambar atau mainan

2. Meningkatkan keterampilan berbahasa
Stimulasi akan lebih baik jika dilakukan dengan merangsang indra pendengaran dibandingkan visual. Itu sebabnya anak anak meniru kata kata yang ia dengar.

3. Mengembangkan daya imajinasi anak
Dengan daya imajinasi yang masih sangat bagus , kita sebagai orang tua harus bisa mengarahkan ke arah yang positif dan terkontrol.

4. Perkembangan emosional, dengan dongeng kita bisa memberi contoh moral , norma sosial, sopan santun melalui tokoh di dalam cerita.

 5. Mempererat ikatan antara anak dan orang tua

Baca juga : Dongeng untuk menstimulus imajinasi anak

Menumbuhkan minat baca pada anak tidak seperti  mengedipkan mata, tring...
ini tentang kebiasaan, jadi mulai sejak dini mungkin.
Bersyukur beberapa anak terlahir dengan minat baca yang tinggi. Untuk sisanya diperlukan kebiasaan yang dapat menumbuhkan minatnya.

Beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menumbuhkan minat baca anak :

✓ Ayah berpartisipasi , peran serta ayah punya andil besar dalam tumbuh kembang si kecil. Bagi Ayah luangkan waktu sepulang kerja dan saat weekend untuk bercengkrama dengan si kecil, sekedar membacakan cerita atau ngobrol ala ala Ayah dan baby.

✓ Lakukan Sejak dini, beberapa penelitian  mengatakan bahwa bayi di dalam kandungan sudah bisa mendengar, nah inilah waktu awal kita memperkenalkan Ak-sa-ra melalui media suara , baik itu berupa musik, membaca buku, membaca Kitab Suci, maupun suara Ayah Bunda yang seolah mengajak si Buah hati Ngobrol. Terus lanjutkan Kebiasaan ini hingga si bayi lahir ke dunia.

✓ Manfaatkan periode tummy time , usia bayi sekitar 3-4 bulan, dikenal dengan sesi bermain bayi dalam keadaan tengkurap. Ini bisa digunakan untuk mengenalkan buku pertamanya. Softbook atau buku bantal biasanya terbuat dari kain lembut, terkadang berisi berisi polyester, bergambar aneka macam , hewan maupun tumbuhan, juga tema lainnya dan penuh warna.  



✓ Tanpa paksaan , cari cara yang menyenangkan dan lihat mood anak. Bawakan dengan santai lalu gunakan  alat bantu yang menarik, boneka jari, boneka favorit si kecil dan lainnya.

✓ 1000 buku  dalam 3 tahun , Seperti yang disampaikan elvina Kusumo pengagas Indonesia Montessori indonesiamontessori.com, bahwa C1 putra petamanya telah menuntaskan metode ini. Bukan berarti kita harus punya 1000 buku lho mam , bunda , ibu . ini maksudnya setiap kali anak membaca atau minta dibacakan itu dihitung 1 kali, walau buku yang dibaca adalah buku yang sama.

✓ Perkenalkan toko buku, perpustakaan, E-book , dan sarana membaca lainnya. Bagi saya buku yang ada di toko buku memang mahal, tapi sebanding dengan manfaatnya. Di era milenial ini tak membeli bukan berarti tak bisa dan tak punya, banyak solusi diantaranya adalah perpustakaan dan buku elektronik.

Seperti Kei anak saya, ketika ia berusia 2,5 tahun buku favoritnya adalah cloppy si hiu cyclop dan kisah putri duyung , sebelum tidur minta di bacakan , terkadang habis mandi minta dibacakan cerita itu lagi, lagi dan lagi. Kian kemari bukunya jadi lebih bervariasi, tak hanya buku cerita tapi juga pengetahuan. Sampai  saat ini Kei 5 tahun terbiasa membaca buku Dan seeing mengulang minta dibacakan tanpa diperintahkan ( buku favoritenya 101 Dinosaurus dan dunia HIU).




Hati hati akan ucapan saat bercerita, mendongeng, gunakan kata kata yang baik,  hindari ucapan sarkastik, ancaman. Karena anak anak
lebih  cepat meniru secara verbal dan menyimpan di memori mereka.


Saya pernah dikagetkan dengan kata kata, Kei “lempar dia ke kali”, ternyata ini kata yang diproduksi atok (kakek ) saat kami berlibur dirumahnya. Lalu Kei meniru.
Begitu pula untuk screen time, film dan tontonan televisi harus diawasi ya Ayah bunda dan Mam pap.

Mengapa Harus Membaca?
Layaknya bayi belum bisa apa apa , tak berdaya  maka ia harus dibantu, dituntun , ditolong. Membaca untuk hidup yang lebih baik dengan bisa baca berarti kita bisa membuka mata ,bisa melihat dan belajar, belajar, dan terus belajar. Didalam buku, maupun artikel, atau apapun yang bisa dibaca terdapat banyak informasi dan pengetahuan tentang apa  saja yang ingin kita ketahui, itulah sebabnya dengan membaca kita dapat mengetahui  segala hal, walaupun kita tak berada di tempat yang dimaksud dalam buku tersebut.

#1000buku3tahun
#membaca
#minatbaca


Salam J 

  • Share:

You Might Also Like

29 comments

  1. Nah, kadang ada juga buku dongeng yang kata-katanya masih gimana ya, buat kita masih agak terlalu dini buat dikenalkan ke anak. Pernah tanya langsung sama penulisnya, katanya karena dia memang mengembalikan dongeng cerita rakyat ke asalnya, yaitu untuk mendidik dengan cara yang cenderung menakut-nakuti, bahkan walaupun buku itu ditujukan untuk anak-anak. Kalau sudah begitu, terus terang kadang pilih memodifikasi ketika membacakan.

    ReplyDelete
  2. Noted mba buat tips-tipsnya. Berhubung aku belum punya anak jadi aku simpan dulu. Aku dari kecil juga udah suka baca buku, semoga nular ke anakku kelak. Apalagi buku cerita anak-anak sekarang banyak variasinya ya. Hehe.

    ReplyDelete
  3. Bener banget Mbak, minat baca itu harus ditumbuhkan pada anak sejak kecil. Anak saya juga sudah seneng banget ama buku sejak 0 bulan, sekarang 2 tahun baca sendiri dengan bahasanya hihi alhamdulillah

    ReplyDelete
  4. Anakku baru 1,5 tahun, tapi minatnya sama buku sangat besar. Sering banget minta dibacain buku, atau sok-sok baca buku sendiri :) Semoga bisa seterusnya sampai dewasa ya Mbak..

    ReplyDelete
  5. Wah keren nih bisa aku jadiin list dari sekarang sebelum aku menikah dan punya anak nanti.. bener-bener semenarik itu aku aja yang dewasa liatnya lucu. Mantul pokonya kak thank u for sharing!

    ReplyDelete
  6. Anak2 paling suka juga dibacain cerita. Kdng mereka buka buku dan pura2 bisa baca pdhl aslinya ngarang. Gak sabar mereka bisa baca beneran pasti akan banyak buku yang abis dilahap ya mbak hehe

    ReplyDelete
  7. Membaca memang punya banyak sekali manfaat untuk anak nih. Walaupun ada periode anak-anak saya memilih nonton tv atau main gadget, tapi karena sejak bayi suka dibacakan cerita, ya sampai sebesar sekarang tetap suka baca buku.

    ReplyDelete
  8. Menarik banget bukunya, kayaknya anak didikq klo ada buku bacaan ini bakalan rebutan.

    ReplyDelete
  9. Wow 1000 buku dalam 3 tahun? Aku kira dalam 5 tahun hehe sekamar ini ga nghitung tapi bolehlah mulai skrg dihitung hehe btw setuju BANGET membacakan buku dan membaca bareng anak banyak manfaatnya

    ReplyDelete
  10. Sekarang minat baca anak-anak dan orang dewasa juga mulai menurun mbak. Itupun terjadi sama aku, tapi aku berusaha biar gak sampai malas baca dong. Aku lagi mengusahakan baca minimal 3 buku dalam 1 bulan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waah semoga terwujud ya 3 buku Dalam 1 bulan

      Delete
  11. Jadi inget waktu aku kecil dulu seneng banget mendongeng, jadinya dirumah banyak banget buku dongeng. Tapi aku liat anak-anak jaman sekarang seperti sudah mulai menurun minat bacanya ya mbak, mungkin karena teralihkan oleh gadget padahal mendongeng banyak banget manfaatnya ya mbak.

    ReplyDelete
  12. Bagaimana minat baca anak itu memang dari bagaimana orangtua menumbuhkan minat bacanya sejak usia anak masih kecil ya.. jika mereka sudah terbiasa membaca buku, maka InsaAllah akan lebih terbawa hingga mereka dewasa ya.. bismillah semoga anak anak kita memiliki minat baca yang tinggi.. aamiin

    ReplyDelete
  13. Jadi inget dulu aku bandel banget pas belajar baca, susah bisanya, tapi sekarang baca malah jadi hobi hehe

    ReplyDelete
  14. seperti itu ya Mbak, walau dibacakan buku yg sama kita bisa menghitungnya juga ya, biar bisa genap ntar 1000 ya. Bismillah, Si Dedek mau saya terapkan gini deh. Makasih ya Mbak :)

    ReplyDelete
  15. Perlu aku contoh nih tips nya, soalnya aku jg blm konsisten bgt bacain buku ke anak. Huhu

    ReplyDelete
  16. Aku lg menerapkan 1000 buku dlm 3 tahun 😍 semoga tetap konsisten

    ReplyDelete
  17. Bener bgt mba minat baca ank harus dipupuk sejak dini bgt yah...aq mau contek ah tips2 mu mba maksih yah

    ReplyDelete
  18. Sepakat mam harus menumbuhkan minat baca dari kecil.. Aku suka banget loh mam bacakan cerita untuk si kecil..

    ReplyDelete
  19. 1000 buku per 3 tahun. sehari 1 buku pas weekdays. banyak juga ya ����

    ReplyDelete
  20. Anak aku sih belom bisa baca, tapi dia selalu minta buat baca buku dongeng, dan terkadang dia suka menerjemahkan sendiri

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah iya Gak pp momi, bagus itu. Walau Belum bisa baca tapi dia sudah bs memyerap Bahasa, kata kata.

      Delete
  21. Menumbuhkan minat baca pada anak itu emang susah susah gampang ya mamjul.. dan harus konsisten. Bolong sedikir aja ambyarrπŸ™ˆπŸ™ˆ

    ReplyDelete
  22. Wkt umur 1 thn qina suka baca buku, skrg lumayan ke distract kalau adikku pasang youtube. Ingin biasakan baca buku lg tp jd rada sulit 😭😭

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sih Kalo udh YouTube Gak bs nolak hahaha.

      Delete
  23. Dan aq bru tau mksd 1000 buku dlm 3thun itu donk.. jd klo baca buku yg sama dlm 3hri ttelah trhitung 3 buku.. gtu kah mom?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyes momi betul, walau buku itu Aja yg diulang2 dibaca setiap baca dihitung 1x

      Delete
  24. Cara supaya kita konsisten bacain buku buat anak gimana sih? Aku suka ga konsisten nih

    ReplyDelete