Skip to main content

Asiknya Main Skateboard di Jantung Kota Jakarta


Jakarta terus bersolek, terlihat dari sarana transportasi umum kian memadai, saling terintegrasi, fasilitas bagi pejalan kaki, jembatan penyebrangan orang, sampai ruang terbuka hijau untuk masyarakat.

Mass Rapid  Transport ( MRT ) yang sudah beroperasi sekitar enam bulan lalu contohnya, jalan jalan protokol sepanjang Sudirman, Bundaran Hotel Indonesia sampai Thamrin, suasana jalan raya ini jauh berbeda dengan sebelumnya terkesan lebih modern, artistik dan menawan mata.

Begitu pula dengan jembatan penyebrangan orang (JPO) sejak di revitaliasasi tak hanya sebagai sarana jalan umum kini JPO menjadi  spot foto yang instagramable. Sayangnya JPO yang direvitalisasi masih terbatas di kawasan Jalan Jendral Sudirman, Dukuh Atas, Polda Metro Jaya, Gelora Bung Karno dan Bundaran Senayan.

Source: https://jakarta.go.id/artikel

Tergiur berswafoto di spot instagramable tersebut, saya pun mengajak keluarga  ke kawasan car free day  pada akhir pekan. Euforia suasana jalan di bundaran HI, Stasiun MRT Dukuh Atas dan sepanjang jalan Sudirman, Thamrin bertebar di media sosial, menggambarkan  Jakarta rasa Singapura atau Jepang.

Saya mempercepat langkah menuju spot foto pertama, stasiun MRT dukuh atas, sampai lupa kalau membawa anak balita, Kei pun bertanya "dimana main bolanya Pah, kok jauh banget" , tak memyadari bahwa tujuan CFD Kali ini adalah berburu spot foto bukan olahraga. Tak lupa properti foto, bola dan skateboard Kami bawa.

Menuju stasiun MRT dukuh atas, Kami menuruni anak tangga dari ruas jalan MH Thamrin, sebelum UOB Plaza, sisi kiri jalan jika dari arah Sudirman. Ternyata Memang keren, Setelah 2 tahun tak menginjakan kaki disana,  Saya terpukau karena disulap menjadi pemandangan yang modern.

Kei pun bermain bola sambil menunggu mama yang berswafoto. Tak lama Kei beralih ke skateboard sang papah.  Tertangkap  petugas keamanan sedang bermain skateboard, Kami diimbau untuk bermain pada tempatnya, yaitu diseberang jalan dukuh atas.

Mural stasiun MRT Dukuh Atas : remahkata.id


Kami dan  beberapa remaja lainnya bergegas bubar, menuju ke area skatepark.
Ternyata skatepark yang  terletak di jalan Jendral Sudirman, belum lama dibangun namanya Dukuh Atas Skatepark.
Taman bermain papan luncur ini lebih eye catcing karena berada di tengah tengah lingkungan perkantoran tepatnya bersebelahan dengan gedung indocement. lokasinya berdekatan dengan halte transjakarta halimun ketika bus trans itu masih berwajah oranye. Tak hanya pecinta skateboard,  penyuka BMX pun bisa menggunakan arena ini.

Dukuh Atas skatepark , source: remahkata.id

Dukuh Atas skatepark , source: remahkata.id

Dukuh Atas skatepark , source: remahkata.id

Kei bermain Skate


Selain di dukuh Atas,  ada beberapa skate park dijakarta, baik yang berbayar maupun tidak, seperti ;

Skate park RTH Kalijodo, bersampingan persis dengan RPTRA kalijodo, skatepark ini satu satunya yang terluas dan tak berbayar di Jakarta. Arena bermain skate warisan Bapak Ahok ini tak lagi jadi primadona sejak  beberapa fasilitasnya mulai rusak, seperti semen lantai datar yang mulai lepas. sangat disayangkan padahal menurut beberapa anggota komunitas skate yg pernah bermain disana, park kalijodo memiliki desain dan ukuran yang sesuai dengan standar internasional .

Puink skate park, arena skateboard milik puink skate shop ini berada di jalan budi mulia , pademanagan barat jakarta utara.

Twillo skatepark berada di jakarta selatan tepatnya di kemang II no 37.

Skatepark FO Slipi, berada persis dibawah jalan layang slipi petamburan , taman bermain skateboard ini dibangun pada masa pemerintahan provinsi yang menjabat saat ini. Sama seperti skatepark Dukuh Atas.


Namun sayang arena skate ini tidak proporsional , menurut salah seorang  pecinta olahraga papan luncur ini yang notabene Ayah dari anak saya. Terlihat pada gambar track yang terlalu curam dan saling berdekatan .


Pembangunan taman skate yang katanya  mendapat anggaran besar ini, tidak membawa pihak komunitas sebagai partner konsultan, sehingga banyak jenis track dan ukuran yang tidak sesuai dengan seharusnya.
Saat Anak saya  mencoba langsung  bermain disana  banyak fasilitas yang rusak, seperti lantai datarnya semen semen terlepas dan berlubang, padahal usianya baru seumur jagung 😉.



Walau Begitu, setidaknya jiwa jiwa muda yang haus akan kreatifitas, bermain, berkomunitas, berkreasi mendapat wadah dari taman taman skate ini.

Sangat disayangkan kawasan car free day (CFD) kini tak seramah dulu ketika pemerintahan sebelumnya menjabat. Sebagian besar ruas jalan terpakai oleh pedagang yang menjajakan dagangannya. Belum lagi atis jalanan Yang berusaha menghibur para pengunjung. Bukan menjadi arena olahraga sehari alih alih menjadi pasar kaget dan pasar tumpah sehari.

Akhir cerita, seperti  pada umumnya  keinginan Ibu berada di posisi kedua demi keinginan anak. Kesempatan berswafoto di JPO yang instagramable itu pun tertunda  lagi karena waktu menemani sikecil bermain skateboard di skatepark Dukuh Atas, menjadi prioritas.

#skatepark
#skateboard
#lifestyle
#youth


Semoga bermanfaat
Salam J

Comments

  1. Waah, aku belum kesampaian nih foto-foto di JPO cantik itu, juga naik MRT. Kepengin ajak anak-anak tapi waktunya belum pas. Palingan ke taman-taman aja sementara, untuk menikmati Jakarta yang cantik dan ramah anak.

    ReplyDelete
  2. Sayang banget ya mbak kalau nggak terurus gitu, yg harusnya bisa rame dan berfungsi untuk bermain skate, jadi sepi gitu. buhuhuu
    JPO Jakarta bagus euyy hheee

    ReplyDelete
  3. Mbak kalau malam hari di kawasan MRT dukuh atas itu bagus banget deh ada lampu-lampunya keliatan syahduuuu.
    Tapi saya baru 2x aja ke kawasan MRT dukuh atas dan MRT senayan, wah jempol abis buat pejalan kaki. Rasa luar negeriiiii

    ReplyDelete
  4. Ini d depan kantor suami mom..enak tempatnya lega

    ReplyDelete
  5. Jakarta memang bersolek terus hahahha. Sedikit aja meninggalkan Jakarta sudah berubah lagi Jakartanya. Wkwkw. Alhamdulillah. Paling nggak kita merasa senang.. Ibukota semakin nyaman di tengah kemacetan merajalela.. Hihi. Tks for sharring

    ReplyDelete
  6. Kalo di RPTRA kalijodo aku tau nih hehe.. kalo tempat lain belum pernah liat ada area skateboard juga. Uuw anak muda Jakarta makin hits deh nih karena bisa bergaul sekalian mengasah skill main skateboard. Keren!

    ReplyDelete
  7. Aku belum pernah nih ke Sudirman Skatepark. Bagus ya Mbak tempatnya. Semoga Jakarta dan Tangsel (domisiliku, hehe) bisa punya lebih banyak ruang terbuka hijau. Sumpek ke mall terus.

    ReplyDelete
  8. Aku kalau lliat komunitas anak-anak yang main beginian takjub serius mba
    heheheh, keren gitu bisa meliauk-liuk, bisa atraksi dan latihannya memang berdarah-darah pastinya. Banyakan terjatuhnya ya.

    ReplyDelete
  9. Banyak yang baru di Jakarta tapi belum sempat main-main ke sana kecuali urusan kerjaan doang. Harus direncanakan bener-bener explore sih. Lihat temen-temen naik MRT aja aku mupeng banget 😂

    ReplyDelete
  10. Sayang ya kalau fasilitas umum yang dibangun dengan anggaran besar ternyata tidak dapat dimanfaatkan dengan maksimal dan tidak dipelihara dengan baik. Apalagi fasum yang berupa sarana olahraga. Tapi semua fasum lain seperti JPO akan tetap terpelihara dengan baik agar Jakarta makin cantik.

    ReplyDelete
  11. Mantab bener ruang terbukanya ya mbak. Bisa dibuat selfi, maen-maen. Ah, jpo nya juga ciamik. Instagram-able banget tuh 😉

    ReplyDelete
  12. Yaaaah sayang bangeet kalau udah ada yang rusaak. Memang lebih susah merawat yaa daripada membangun. Btw aku udah kesampean foto di JPO kekinian itu, hahahaha

    ReplyDelete
  13. Kawasan sudirman makin keren aja yah, coba aku tinggal di Jakarta pasti tiap minggu kesini. Pengen tahu gimana jakarta rasa singapura hehehe. Kalau dari bogor lumayan sih walau bisa naik kereta

    ReplyDelete
  14. Jakarta memang Makin kece apalagi mural di dekat stasiun MRT Dukuh Atas itu. Semoga terus berbenah ya Jakartaku

    ReplyDelete
  15. Mba, kalau lokasi untuk tempat anak-anak main inline skate disebelah mana ya? Kalau pakai lokasi di skate board boleh nggak si? Kebanyakan ku perhatikan si memang untuk area main skateboard ya. Jarang banget lohat yang untuk inline skate.

    ReplyDelete
  16. Mantap bgt ya abang kalf udah Jago aja mainnya😍😍😍

    ReplyDelete
  17. Dukuh Atas skatepark juga rame di malam hari pas hari biasa, lho. Bahkan mereka juga main skateboard di tepi Jl Sudirmannya. Lagi ngetrend ya, ada juga yang pulang kantor main skateboard dulu.

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

“World Of Imagination” Dunia Dongeng Dan Imajinasi Anak

“Papah jadi King Ghidorah, terus Kei jadi Godzilla yah”. Percakapan itu sampai ke telinga saya, sembari  meracik sop di dapur.

Itulah anak anak dunia mereka hanya bermain, bermain dan bermain. Dunia bermain yang penuh imajinasi, alami, spontan dan menabjubkan terkadang tak masuk akal orang dewasa. Bermain dan berimajinasi adalah sarana anak untuk  belajar. Disebutkan dalam sebuah artikel di theasiaparent, Imajinasi lahir dari proses mental yang manusiawi dan merupakan bagian dari aktivitas otak kanan yang bermanfaat untuk kecerdasannya. Beberapa manfaat imajinasi diantaranya; membuat anak berpikir kreatif, mudah bersosialisasi dan berkomunikasi , lebih percaya diri.


Kemampuan berpikir kreatif ini penting untuk tahap kehidupan selanjutnya dalam menghadapi dan memecahkan permasalahan. Untuk menumbuhkan Imajinasi diperlukan stimulus dan respon positif terhadap imajinasi mereka. Luangkan waktu bermain bersama anak dan hindari terlalu banyak melarang.

Salah satu  bentuk stimulus yang dapa…

Resep Opor Ayam Tombo Kangen dari Yummy App

Apa yang Mama rasakan jika anak lebih memuji masakan orang lain ketimbang masakan mama?
Kalau saya sudah pasti merasa cemburu. Lain hal jika saya tidak pandai memasak, tak masalah anakku memuji masakan orang lain.
Anak-anak selalu bicara jujur dengan apa yang mereka inginkan dan rasakan. Terutama soal makanan, sangat mengerti  mana yang enak dan mereka suka. Hal ini terjadi pada saya beberapa waktu lalu. Ketika itu anak saya berbicara sama mbah utinya (nenek) melalui telepon. Saya  mendengar sekilas perkataan Kei.”Mbah Uti,  nanti kalau si korona sudah pergi kita ketemu ya. Khalif udah rindu makan opor ayam buatan Uti”. Tahun ini kami tidak pulang kerumah Ibu Mertua. Jadi lebih sering menelpon ibu sebagai pengobat rindu.
Segera seusai percakapan di telepon itu, saya pun menawarkan pada Kei, “Kamu kepingin makan opor, Nak?. Mama masakin opor kayak dirumah uti, ya?”. Spontan Kei menjawab, “gak usahlah Mah, nanti aja dirumah uti". Opor buatan mama gak sama, kurang enak rasanya”. men…

Menikmati Hari Tua Dengan Perencanaan Dana Yang Tepat.

Di suatu sore yang oranye, roda sepeda motor kami berputar santai. Entah kenapa tiba tiba pikiran saya melambung ke masa 10 tahun yang akan datang. Akan jadi seperti apakah kami?. Apakah  kami masih bersam-sama?, apakah kita akan menghabiskan senja bersama?, atau Dia sendiri tanpaku.
“Bee, kalau nanti kamu sudah tidak bekerja di kantor, apa yang akan kamu lakukan?”, tanyaku padanya.
“Apa Kita jualan sembako seperti Ibu? atau jualan baju online?”.
Sejenak hening. “Lihat saja nanti, belum tentu umur kita sampai”, begitu jawabnya dengan santuy . Memang, kalau bicara umur hidup manusia  ya jelas diluar kendali saya. Dipastikan, hanya Sang Penciptalah yang  paham rahasia umur mahluknya.  Tapi kita sebagai  manusia yang telah diberi kesempatan hidup harus mempergunakan sebaik-baiknya, merencanakan tiap langkahnya, berusaha semaksimal mungkin, setelah itu tinggal lihat hasil akhirnya.
Curhit sedikit yah, maksud saya tuh gini lho, Mbok ya direncanakan jauh-jauh hari sekiranya nanti sudah pen…