Skip to main content

Nugget Ayam ala mamacalf


Siapa tak Suka makanan kriuk, gurih , aneka bentuk yg satu ini. Mulai dari Anak-anak sampai saya pun suka sama makanan ini 😁😁✌️.
Karena praktis, endollll rasanya, Anak anak tak kunjung bosan , setuju Momshay...
Tapi momsay, panganan satu ini termasuk junkfood lhooo jadi jangan sering sering yaa.
Makanya nih Kita coba bikin sendiri yuk, biar agak sehat hehehe. Jangan sedih kalau sudah jadi pas dimakan Anak kita, mereka bilang "kok begini Ma, rasanya" ??
Itu respon Alami ketika makanan kurang penyedap mendarat di lidah .
.
.
Bahan Yang di perlukan




Baik sebelum mulai mengadon , siapkan :
•Daging Ayam giling , 250gr
•Tepung terigu 1 sendok makan gembung
Tidak Ada terigu ganti dengan roti tawar kupas kulit. 2 lembar untuk Daging Ayam 250gr.
( Roti tawar harus dilumatkan, dihaluskan begitu maksudnya dengan air sedikit aja, jangan terlalu banjir)
•Telur 1 butir
•Gula,garam,lada sesuai selera , boleh di skip kalau tidak Suka pedas, atau Suka yang hambar hehee....
•Keju cheddar parut
•Wortel 1 buah ukuran kecil,  rebus dulu baru parut. Kemarin saya skip.


Bagaimana Memasaknya 

✓ Campur semua bahan kedalam satu wadah, Daging Ayam masuk, Telur, terigu/ roti tawar halus, gulgarlada, keju Dan wortel. Aduk sampai rata, aduk terus sampai menyatu.
Oh ya, saya sebenarnya lebih suka adonan yang pakai roti tawar, karena hasilnya lebih mirip seperti chicken nuggets, tekstur daging dalamnya ya, maksudnya. Lebih berongga dan gembos, hehe apa ya gembos itu bahasanya puff lah. Jika saya pakai Tepung terigu tekstur ya jadi lebih padat dan agak berat.


✓ Wokeh, setelah adonan rapi, siapkan kukusan atau dandang atau apa saja Yang bisa mengukus, rice cooker ok as long bisa steam ^^.  Pindahkan adonan ke wadah Yang tahan panas kukus, lalu kukus hingga 30 menit, sampai 40 menit boleh. Kelamaan lah boros gas euy.
Untuk pengecekan , bisa tusuk pakai garpu jika tidak Ada yg lengket berarti sudah matang. Matikan kompor buka tutupnya. Oh ya selama di kukus harus Dalam keadaan tertutup ya wadah si chicken ini. Agar air tetesan uap tidak jatuh ke adonan.


✓ setelah matang tunggu sampai dingin lalu cetak. Kali mau gampang potong kotak-kotat atau segitiga saja ok. Kalau Ada waktu cetak dengan cetakan mainan pasir buat Anak. Atau cetakan play dough. Cuci dulu peralatan untuk mencetak ya, pastikan steril Momshay..


✓ nah jika si chicken BELUM mau dimakan simpan Dalam kulkas, dibagian atas ya Yang freezer. Jika may langsung leeeb , ambil Tepung roti untuk menggoreng, Telur , minyak goreng siapkan.
✓ balur si chicken ke Dalam Telur lalu giling gulingkan ke Tepung roti crispy. Goreng ke minyak panas api sedang.
.
.
.
Sulamak mencoba Momshay
Salam J

Comments

Popular posts from this blog

“World Of Imagination” Dunia Dongeng Dan Imajinasi Anak

“Papah jadi King Ghidorah, terus Kei jadi Godzilla yah”. Percakapan itu sampai ke telinga saya, sembari  meracik sop di dapur.

Itulah anak anak dunia mereka hanya bermain, bermain dan bermain. Dunia bermain yang penuh imajinasi, alami, spontan dan menabjubkan terkadang tak masuk akal orang dewasa. Bermain dan berimajinasi adalah sarana anak untuk  belajar. Disebutkan dalam sebuah artikel di theasiaparent, Imajinasi lahir dari proses mental yang manusiawi dan merupakan bagian dari aktivitas otak kanan yang bermanfaat untuk kecerdasannya. Beberapa manfaat imajinasi diantaranya; membuat anak berpikir kreatif, mudah bersosialisasi dan berkomunikasi , lebih percaya diri.


Kemampuan berpikir kreatif ini penting untuk tahap kehidupan selanjutnya dalam menghadapi dan memecahkan permasalahan. Untuk menumbuhkan Imajinasi diperlukan stimulus dan respon positif terhadap imajinasi mereka. Luangkan waktu bermain bersama anak dan hindari terlalu banyak melarang.

Salah satu  bentuk stimulus yang dapa…

Resep Opor Ayam Tombo Kangen dari Yummy App

Apa yang Mama rasakan jika anak lebih memuji masakan orang lain ketimbang masakan mama?
Kalau saya sudah pasti merasa cemburu. Lain hal jika saya tidak pandai memasak, tak masalah anakku memuji masakan orang lain.
Anak-anak selalu bicara jujur dengan apa yang mereka inginkan dan rasakan. Terutama soal makanan, sangat mengerti  mana yang enak dan mereka suka. Hal ini terjadi pada saya beberapa waktu lalu. Ketika itu anak saya berbicara sama mbah utinya (nenek) melalui telepon. Saya  mendengar sekilas perkataan Kei.”Mbah Uti,  nanti kalau si korona sudah pergi kita ketemu ya. Khalif udah rindu makan opor ayam buatan Uti”. Tahun ini kami tidak pulang kerumah Ibu Mertua. Jadi lebih sering menelpon ibu sebagai pengobat rindu.
Segera seusai percakapan di telepon itu, saya pun menawarkan pada Kei, “Kamu kepingin makan opor, Nak?. Mama masakin opor kayak dirumah uti, ya?”. Spontan Kei menjawab, “gak usahlah Mah, nanti aja dirumah uti". Opor buatan mama gak sama, kurang enak rasanya”. men…

Menikmati Hari Tua Dengan Perencanaan Dana Yang Tepat.

Di suatu sore yang oranye, roda sepeda motor kami berputar santai. Entah kenapa tiba tiba pikiran saya melambung ke masa 10 tahun yang akan datang. Akan jadi seperti apakah kami?. Apakah  kami masih bersam-sama?, apakah kita akan menghabiskan senja bersama?, atau Dia sendiri tanpaku.
“Bee, kalau nanti kamu sudah tidak bekerja di kantor, apa yang akan kamu lakukan?”, tanyaku padanya.
“Apa Kita jualan sembako seperti Ibu? atau jualan baju online?”.
Sejenak hening. “Lihat saja nanti, belum tentu umur kita sampai”, begitu jawabnya dengan santuy . Memang, kalau bicara umur hidup manusia  ya jelas diluar kendali saya. Dipastikan, hanya Sang Penciptalah yang  paham rahasia umur mahluknya.  Tapi kita sebagai  manusia yang telah diberi kesempatan hidup harus mempergunakan sebaik-baiknya, merencanakan tiap langkahnya, berusaha semaksimal mungkin, setelah itu tinggal lihat hasil akhirnya.
Curhit sedikit yah, maksud saya tuh gini lho, Mbok ya direncanakan jauh-jauh hari sekiranya nanti sudah pen…