Skip to main content

Sikecil Suka sobek sobek kertas?? Mama tahan dulu marahnya.


Main Apa Kita hari ini ma......?
.
.
Namanya juga anak anak yah, sebagian besar dalam pikiran mereka hanya bermain, makan coklat ,permen , eskrim, dan memiliki bermacam macam mainan.
.
.
Ibu dirumah pun harus kreatif , agar bisa bermain dan belajar bet sang buah hati. Jangan sampai kehabisan ide yah hehe....
.
.pulang menginap dirumah sepupunya, Kei  minta dibelikan bet ping-pong 1 set. Lalu saya bertanya Kei bisa main ping pong, kamu mau main itu?
Ternyata Ia meniru sepupunya Yang berumur 3 tahun sudah bisa main lempar tangkis kok bukutangkis menggunakan bet ping-pong.
Dan sepupunya Yang 6 tahun sudah major bermain bukutangkis. Sedangkan Kei Belum bisa Dan tak mengerti, karena MamPap belum mengajarkan main bukutangkis maupun ping-pong, maafkan Kami naaak ☹️.
Akhirnya untuk mengobati kekecewaan Kei, saya ajak main ping-pong ala ala, bolanya pakai bola mirip Bola ping-pong  tapi lebih kecil dan betnya saya pakai spatula kayu dari koleksi dapur mama Lia , hehehe ... Boleh lah yaa idenya. Kami main di lantai sambil duduk lalu Bola di oper dengan spatula , pihak di seberang menangkis Bola , begitu seterusnya.
.
.
Hari berikut nya, mulai bosan dengan Bola Bola,
Main apa kita hari ini ma......?
Tik  tok tik tok Mama putar otak Cari ide....
apa yaaaa....

Sejak mengenal yang namanya gunting, Kei suka sekali eksplor dengan gunting, kertas di gunting, plastik, sampai meja kayu, dia bertanya ma, ini boleh di gunting?
selain dengan gunting sobek sobek kertas juga dia suka, kertas disobek memanjang kebawah. Kei bisa anteng 10-15 menit dengan sobek menyobek itu. saya biarkan selama medianya ada.



Lihat kertas kertas bertumpuk hasil exhibition kemaren cuss kita main sobek sobek kertas yuuuuk...
sengaja saya simpan kertas bekas, jika suatu saat Ia minta main sobek sobek lagi.
.
.
Nah dari sobekannya kertas tadi daripada dibuang tak berarti Kita buat sesuatu yuk. Hiasan Dari kertas daur ulang, Ini Persiapannya.

∆ kertas bekas Yang sudah di Sobek-sobek , atau gunting gunting yang penting sampai hancur berupa remah remah kertas kecil lalu beri air.

∆ pastikan semua kertas sudah terendam air.  Sudah basah semua dan menjadi lembek  lalu haluskan jadi bubur kertas . Bisa diblender, diulek , dimixer atau di remas remas tangan juga bisa.

∆ siapkan cetakan , mainan cetakan pasir Ok, cetakan ager-ager Ok, Yang penting berbentuk yaa ma , bisa bentuk hewan , alat transportasi dll.

∆ Bubur kertas Yang sudah halus sharing, tiriskan airnya. Lalu bagi jadi 3 bagian, atau lebih , beri pewarna makanan. Larutkan 1 sendok makan Tepung kanji atau tepung sagu dengan 1 air biasa. Campurkan ke adonan kertas berwarna.

∆ Berikutnya proses mencetak , peras lagi bubur kertasyang sudah berwarna, lalu masukan ke cetakan , tekan tekan sampai padat. Bola Masih keluarair tekan terus sampai air hampir tidak Ada. Lakukan untuk semua cetakan.

∆ Jemur dipanas matahari. Kurleb 1-2 Hari .
Jika mendung bisa letakkan dibelakang kulkas ya.

Jadilah hiasan bentuk hewan laut dari bubur kertas.
Bisa dijadikan hiasan, ditempel di kotak tempat alat alat tulis, celengan kotak Susu,  dll.
.
.
Yuk ajarkan anak anak membuat kerajinan tangan,
Sejak usia dini. Ini bermanfaat untuk mengasah daya imajinasi dan kemampuan kreatifitas anak.
Seperti yang dijabarkan seraphina educational corner, dalam artikel berikut :

https://www.seraphinaeducationalcorner.com/articles/133-manfaat_membuat_kerajinan_tangan_bersama_anak.html
.
.
Semoga bermanfaat , Jika ada kata dan saran Yang tidak berkenan Mohon dimaafkan.🙏
Salam J 

.
.










Comments

  1. Kreatif banget mama satu ini. Kereeen

    ReplyDelete
  2. Wah bagus yaaa Mom. Nakami juga memasuki fase lagi pengen tau banyak hal nih. Semua-semuanya dicobain. Boleh juga nih idenya untuk aktivitas bermain anak di rumah, tentunya sambil belajar juga yaaa

    ReplyDelete
  3. Waah, iya ya, bisa digunakan lagi kertas-kertas itu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya lumayan ma, mengulangi tumpukan kertas.

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

“World Of Imagination” Dunia Dongeng Dan Imajinasi Anak

“Papah jadi King Ghidorah, terus Kei jadi Godzilla yah”. Percakapan itu sampai ke telinga saya, sembari  meracik sop di dapur.

Itulah anak anak dunia mereka hanya bermain, bermain dan bermain. Dunia bermain yang penuh imajinasi, alami, spontan dan menabjubkan terkadang tak masuk akal orang dewasa. Bermain dan berimajinasi adalah sarana anak untuk  belajar. Disebutkan dalam sebuah artikel di theasiaparent, Imajinasi lahir dari proses mental yang manusiawi dan merupakan bagian dari aktivitas otak kanan yang bermanfaat untuk kecerdasannya. Beberapa manfaat imajinasi diantaranya; membuat anak berpikir kreatif, mudah bersosialisasi dan berkomunikasi , lebih percaya diri.


Kemampuan berpikir kreatif ini penting untuk tahap kehidupan selanjutnya dalam menghadapi dan memecahkan permasalahan. Untuk menumbuhkan Imajinasi diperlukan stimulus dan respon positif terhadap imajinasi mereka. Luangkan waktu bermain bersama anak dan hindari terlalu banyak melarang.

Salah satu  bentuk stimulus yang dapa…

Resep Opor Ayam Tombo Kangen dari Yummy App

Apa yang Mama rasakan jika anak lebih memuji masakan orang lain ketimbang masakan mama?
Kalau saya sudah pasti merasa cemburu. Lain hal jika saya tidak pandai memasak, tak masalah anakku memuji masakan orang lain.
Anak-anak selalu bicara jujur dengan apa yang mereka inginkan dan rasakan. Terutama soal makanan, sangat mengerti  mana yang enak dan mereka suka. Hal ini terjadi pada saya beberapa waktu lalu. Ketika itu anak saya berbicara sama mbah utinya (nenek) melalui telepon. Saya  mendengar sekilas perkataan Kei.”Mbah Uti,  nanti kalau si korona sudah pergi kita ketemu ya. Khalif udah rindu makan opor ayam buatan Uti”. Tahun ini kami tidak pulang kerumah Ibu Mertua. Jadi lebih sering menelpon ibu sebagai pengobat rindu.
Segera seusai percakapan di telepon itu, saya pun menawarkan pada Kei, “Kamu kepingin makan opor, Nak?. Mama masakin opor kayak dirumah uti, ya?”. Spontan Kei menjawab, “gak usahlah Mah, nanti aja dirumah uti". Opor buatan mama gak sama, kurang enak rasanya”. men…

Menikmati Hari Tua Dengan Perencanaan Dana Yang Tepat.

Di suatu sore yang oranye, roda sepeda motor kami berputar santai. Entah kenapa tiba tiba pikiran saya melambung ke masa 10 tahun yang akan datang. Akan jadi seperti apakah kami?. Apakah  kami masih bersam-sama?, apakah kita akan menghabiskan senja bersama?, atau Dia sendiri tanpaku.
“Bee, kalau nanti kamu sudah tidak bekerja di kantor, apa yang akan kamu lakukan?”, tanyaku padanya.
“Apa Kita jualan sembako seperti Ibu? atau jualan baju online?”.
Sejenak hening. “Lihat saja nanti, belum tentu umur kita sampai”, begitu jawabnya dengan santuy . Memang, kalau bicara umur hidup manusia  ya jelas diluar kendali saya. Dipastikan, hanya Sang Penciptalah yang  paham rahasia umur mahluknya.  Tapi kita sebagai  manusia yang telah diberi kesempatan hidup harus mempergunakan sebaik-baiknya, merencanakan tiap langkahnya, berusaha semaksimal mungkin, setelah itu tinggal lihat hasil akhirnya.
Curhit sedikit yah, maksud saya tuh gini lho, Mbok ya direncanakan jauh-jauh hari sekiranya nanti sudah pen…