Sambut Ramadhan si tamu Agung


Selamat berjumpa Kembali wahai Ramadhan.



Identik dengan Tarawih,Timun suri ,THR, juga infal , kedatangannya selalu dirindu oleh semua orang, karena begitu banyak berkah di dalamnya. salah satunya berkah usaha tahunan, pengusaha serba serbi takjil, pengusaha aneka kue lebaran,baju lebaran, dan sebagainya .


Nah , bicara soal Ramadhan tentu beberapa dari kita sudah ada yang mulai cicil-menyicil, termasuk saya. Ada yang mulai cicil bayar hutang puasa, cicil memperbaharui warna cat rumah, cicil cari tiket Mudik , cicil beli sepatu , tas sampai Baju lebaran dan perlengkapan ibadah lainnya. Semua disiapkan agar ibadahnya lancar, pahalanya dapat  , lebarannya Indah dan damai.


Bukan cuma saya dan Mama yang sibuk mempersiapkan, Pusat grosir terbesar di Jakarta pun sudah ikut sibuk menyambut Ramadhan, bahkan dari  3 atau 4 bulan sebelumnya, dia sudah di serbu orang orang dari berbagai daerah untuk mempersiapkan Kulakan saat bulan suci itu datang.

Ini beberapa persiapan saya dalam menyambut kedatangan si tamu agung :
  •    Mengganti puasa
Saya pribadi untuk puasa yang hutang sudah saya cicil bayarnya di hari biasa.

Baik wanita maupun pria harus membayar hutang puasa terlebih dulu jika ada puasa yang tidak dijalakan di tahun sebelumnya. Rata rata kaum wanita setiap bulan mengalami menstruasi, wanita yang sedang dalam kondisi haid dan nifas tidak diperbolehkan puasa. Penyebab lainnya mungkin karena sakit , dan lain sebagainya.



  •  Melatih pencernaan dengan puasa sunnah

Selain membayar hutang puasa, saya juga mulai latihan puasa, caranya dengan berpuasa sunnah , diantaranya ada puasa sunnah hari senin dan Kamis, puasa 3 hari di awal bulan hijriah, dan lain lain

Menurut saya hal ini dapat melatih sistem pencernaan kita agar lebih mudah beradaptasi saat harus berpuasa setiap hari, di bulan Ramadhan nanti.



  •  Pola Hidup Sehat

Agar InshaAllah sehat,  saya  banyak mengkonsumsi air putih, makan sayur di menu hari hari, jalan kaki atau bersepeda sebagai pilihan olahraga. Hal ini juga di terapkan saat puasa nanti, minum air putih 2 saat buka, 4 malam hari 2 saat sahur, berbuka puasa dengan buah buahan, dan sertakan sayur saat sahur.


  •  Luruskan Niat
Hakikat kita berpuasa adalah menjalankan perintahNYA ,Karena tujuan kita diciptakan didunia ini tidak lain adalah untuk menyembahNYA, menjalankan apa yg diperintahkanNYA , salah satunya adalah Sholat dan puasa.

Sebelumnya saya banyak mencari dan membaca artikel  tentang Puasa ramadhan, termasuk amalan ibadah yang bisa menambah pahala bagi saya , bagaimana cara melakukannya dengan benar sesuai Alquran dan hadist . 


  •  Baju dan perlengkapan ibadah untuk Hari Raya

Satu bulan sebelum masuk bulan ramadhan saya sudah menjenguk pusat grosir terbesar itu, mencari perlengkapan sholat dan baju yang dibutuhkan. Hal ini saya lakukan untuk menghindari sesaknya saat berbelanja di bulan Ramadhan,menghindari tingginya harga yg ditawarkan penjual dan tetap bisa makan,minum dan ngemil selepas berbelanja

  

  •  Mudik

Keluarga saya termasuk golongan genk Mudik , jadi  jauh jauh hari saya dan suami sudah merencanakan Waktu cuti,transportasi dan akomodasi untuk mudik lebaran nanti Bagi temen temen yang mudik tiket pesawat maupun kereta dan kapal biasanya sudah bisa dipesan satu bulan sebelumnya. Bagi yang beruntung terkadang ada tiket promo namun sangat jarang .Tak lupa siapkan budget untuk THR , angpao, serta buah tangan untuk keluarga di kampung halaman.



  • Asisten Rumah tangga pengganti (INFAL)

Drama tahunan bagi yang memiliki ART , ada saja yang pulang kampung dan tak ingin kembali bekerja, jadilah si Ibu RT pening mencari pengganti. Ada Baiknya Ibu mengkonfirmasi ke ART ybs apakah berminat kembali bekerja setelah lebaran , jika tidak Ibu bisa bersiap mencari pengganti . Kebetulan saya pribadi tidak memakai jasa ART karena asli IRT.





Itu persiapanku, Kalau smurtmama bagaimana?



Selamat menjalankan Ibadah Puasa Ramadhan, semoga kita semua Istiqomah, tetap semangat beraktifitas, tetap sehat, tetap tersenyum dan Dzikir.














Comments