Skip to main content

Sambut Ramadhan si tamu Agung


Selamat berjumpa Kembali wahai Ramadhan.



Identik dengan Tarawih,Timun suri ,THR, juga infal , kedatangannya selalu dirindu oleh semua orang, karena begitu banyak berkah di dalamnya. salah satunya berkah usaha tahunan, pengusaha serba serbi takjil, pengusaha aneka kue lebaran,baju lebaran, dan sebagainya .


Nah , bicara soal Ramadhan tentu beberapa dari kita sudah ada yang mulai cicil-menyicil, termasuk saya. Ada yang mulai cicil bayar hutang puasa, cicil memperbaharui warna cat rumah, cicil cari tiket Mudik , cicil beli sepatu , tas sampai Baju lebaran dan perlengkapan ibadah lainnya. Semua disiapkan agar ibadahnya lancar, pahalanya dapat  , lebarannya Indah dan damai.


Bukan cuma saya dan Mama yang sibuk mempersiapkan, Pusat grosir terbesar di Jakarta pun sudah ikut sibuk menyambut Ramadhan, bahkan dari  3 atau 4 bulan sebelumnya, dia sudah di serbu orang orang dari berbagai daerah untuk mempersiapkan Kulakan saat bulan suci itu datang.

Ini beberapa persiapan saya dalam menyambut kedatangan si tamu agung :
  •    Mengganti puasa
Saya pribadi untuk puasa yang hutang sudah saya cicil bayarnya di hari biasa.

Baik wanita maupun pria harus membayar hutang puasa terlebih dulu jika ada puasa yang tidak dijalakan di tahun sebelumnya. Rata rata kaum wanita setiap bulan mengalami menstruasi, wanita yang sedang dalam kondisi haid dan nifas tidak diperbolehkan puasa. Penyebab lainnya mungkin karena sakit , dan lain sebagainya.



  •  Melatih pencernaan dengan puasa sunnah

Selain membayar hutang puasa, saya juga mulai latihan puasa, caranya dengan berpuasa sunnah , diantaranya ada puasa sunnah hari senin dan Kamis, puasa 3 hari di awal bulan hijriah, dan lain lain

Menurut saya hal ini dapat melatih sistem pencernaan kita agar lebih mudah beradaptasi saat harus berpuasa setiap hari, di bulan Ramadhan nanti.



  •  Pola Hidup Sehat

Agar InshaAllah sehat,  saya  banyak mengkonsumsi air putih, makan sayur di menu hari hari, jalan kaki atau bersepeda sebagai pilihan olahraga. Hal ini juga di terapkan saat puasa nanti, minum air putih 2 saat buka, 4 malam hari 2 saat sahur, berbuka puasa dengan buah buahan, dan sertakan sayur saat sahur.


  •  Luruskan Niat
Hakikat kita berpuasa adalah menjalankan perintahNYA ,Karena tujuan kita diciptakan didunia ini tidak lain adalah untuk menyembahNYA, menjalankan apa yg diperintahkanNYA , salah satunya adalah Sholat dan puasa.

Sebelumnya saya banyak mencari dan membaca artikel  tentang Puasa ramadhan, termasuk amalan ibadah yang bisa menambah pahala bagi saya , bagaimana cara melakukannya dengan benar sesuai Alquran dan hadist . 


  •  Baju dan perlengkapan ibadah untuk Hari Raya

Satu bulan sebelum masuk bulan ramadhan saya sudah menjenguk pusat grosir terbesar itu, mencari perlengkapan sholat dan baju yang dibutuhkan. Hal ini saya lakukan untuk menghindari sesaknya saat berbelanja di bulan Ramadhan,menghindari tingginya harga yg ditawarkan penjual dan tetap bisa makan,minum dan ngemil selepas berbelanja

  

  •  Mudik

Keluarga saya termasuk golongan genk Mudik , jadi  jauh jauh hari saya dan suami sudah merencanakan Waktu cuti,transportasi dan akomodasi untuk mudik lebaran nanti Bagi temen temen yang mudik tiket pesawat maupun kereta dan kapal biasanya sudah bisa dipesan satu bulan sebelumnya. Bagi yang beruntung terkadang ada tiket promo namun sangat jarang .Tak lupa siapkan budget untuk THR , angpao, serta buah tangan untuk keluarga di kampung halaman.



  • Asisten Rumah tangga pengganti (INFAL)

Drama tahunan bagi yang memiliki ART , ada saja yang pulang kampung dan tak ingin kembali bekerja, jadilah si Ibu RT pening mencari pengganti. Ada Baiknya Ibu mengkonfirmasi ke ART ybs apakah berminat kembali bekerja setelah lebaran , jika tidak Ibu bisa bersiap mencari pengganti . Kebetulan saya pribadi tidak memakai jasa ART karena asli IRT.





Itu persiapanku, Kalau smurtmama bagaimana?



Selamat menjalankan Ibadah Puasa Ramadhan, semoga kita semua Istiqomah, tetap semangat beraktifitas, tetap sehat, tetap tersenyum dan Dzikir.














Comments

Popular posts from this blog

“World Of Imagination” Dunia Dongeng Dan Imajinasi Anak

“Papah jadi King Ghidorah, terus Kei jadi Godzilla yah”. Percakapan itu sampai ke telinga saya, sembari  meracik sop di dapur.

Itulah anak anak dunia mereka hanya bermain, bermain dan bermain. Dunia bermain yang penuh imajinasi, alami, spontan dan menabjubkan terkadang tak masuk akal orang dewasa. Bermain dan berimajinasi adalah sarana anak untuk  belajar. Disebutkan dalam sebuah artikel di theasiaparent, Imajinasi lahir dari proses mental yang manusiawi dan merupakan bagian dari aktivitas otak kanan yang bermanfaat untuk kecerdasannya. Beberapa manfaat imajinasi diantaranya; membuat anak berpikir kreatif, mudah bersosialisasi dan berkomunikasi , lebih percaya diri.


Kemampuan berpikir kreatif ini penting untuk tahap kehidupan selanjutnya dalam menghadapi dan memecahkan permasalahan. Untuk menumbuhkan Imajinasi diperlukan stimulus dan respon positif terhadap imajinasi mereka. Luangkan waktu bermain bersama anak dan hindari terlalu banyak melarang.

Salah satu  bentuk stimulus yang dapa…

Resep Opor Ayam Tombo Kangen dari Yummy App

Apa yang Mama rasakan jika anak lebih memuji masakan orang lain ketimbang masakan mama?
Kalau saya sudah pasti merasa cemburu. Lain hal jika saya tidak pandai memasak, tak masalah anakku memuji masakan orang lain.
Anak-anak selalu bicara jujur dengan apa yang mereka inginkan dan rasakan. Terutama soal makanan, sangat mengerti  mana yang enak dan mereka suka. Hal ini terjadi pada saya beberapa waktu lalu. Ketika itu anak saya berbicara sama mbah utinya (nenek) melalui telepon. Saya  mendengar sekilas perkataan Kei.”Mbah Uti,  nanti kalau si korona sudah pergi kita ketemu ya. Khalif udah rindu makan opor ayam buatan Uti”. Tahun ini kami tidak pulang kerumah Ibu Mertua. Jadi lebih sering menelpon ibu sebagai pengobat rindu.
Segera seusai percakapan di telepon itu, saya pun menawarkan pada Kei, “Kamu kepingin makan opor, Nak?. Mama masakin opor kayak dirumah uti, ya?”. Spontan Kei menjawab, “gak usahlah Mah, nanti aja dirumah uti". Opor buatan mama gak sama, kurang enak rasanya”. men…

Menikmati Hari Tua Dengan Perencanaan Dana Yang Tepat.

Di suatu sore yang oranye, roda sepeda motor kami berputar santai. Entah kenapa tiba tiba pikiran saya melambung ke masa 10 tahun yang akan datang. Akan jadi seperti apakah kami?. Apakah  kami masih bersam-sama?, apakah kita akan menghabiskan senja bersama?, atau Dia sendiri tanpaku.
“Bee, kalau nanti kamu sudah tidak bekerja di kantor, apa yang akan kamu lakukan?”, tanyaku padanya.
“Apa Kita jualan sembako seperti Ibu? atau jualan baju online?”.
Sejenak hening. “Lihat saja nanti, belum tentu umur kita sampai”, begitu jawabnya dengan santuy . Memang, kalau bicara umur hidup manusia  ya jelas diluar kendali saya. Dipastikan, hanya Sang Penciptalah yang  paham rahasia umur mahluknya.  Tapi kita sebagai  manusia yang telah diberi kesempatan hidup harus mempergunakan sebaik-baiknya, merencanakan tiap langkahnya, berusaha semaksimal mungkin, setelah itu tinggal lihat hasil akhirnya.
Curhit sedikit yah, maksud saya tuh gini lho, Mbok ya direncanakan jauh-jauh hari sekiranya nanti sudah pen…