Skip to main content

Pentingnya Asupan Makanan Mengandung Vitamin C sebagai Upaya Menjaga Daya Tahan Tubuh Anak


Daya tahan tubuh anak (dok.pri)

Pagi itu matahari bersinar sangat terang, suhunya pun terasa menyengat dikulit. Satu minggu sekali kami jadwalkan untuk Kei berlatih skateboard namun sejak Pembatasan Sosial Jarak Jauh (PSBB) latihan harus terhenti. Meski dirumah saja usahakan tetap lakukan gerak tubuh untuk menyeimbangkan metabolisme tubuh.

Demi keselamatan diri dan mencegah penularan covid-19 yang semakin merebak kita harus betah dirumah ya momshay. Ada baiknya lho dirumah saja, khususnya untuk kesehatan yang saya perhatikan selama pandemi ini alhamdulilah anak anak jadi jarang sakit, betul gak sih? Namun begitu, bukan berarti kita lengah ya dan tidak memperhatikan asupan gizi untuk meningkatkan daya tahan tubuh anak.

Daya Tahan Tubuh

Seharusnya masyarakat sudah mengerti bahwa di masa Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) ini, kita hidup berdampingan dengan virus corona sehingga harus mematuhi protokol kesehatan dan menjalankan kebiasaan baru yang ada. Namun yang memprihatinkan justru masih banyak orang yang tidak peduli dan menganggap sepele akan hal tersebut.

Sebab itu kita harus memiliki senjata dan kesadaran untuk melindungi diri serta keluarga dari virus yang masih terus menyerang. Salah satu upayanya adalah menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh. Sudah sering dengar ya moms belakangan ini, bahwa imunitas atau daya tahan tubuh merupakan sebuah sistem kerja tubuh yang kompleks untuk melindungi dari infeksi mikroorganisme seperti virus, bakteri dan parasit. 

Mengapa disebut sistem kompleks, karena ada banyak organ yang berperan dalam pembentukan sistem imun, seperti kelenjar timus, sumsum tulang belakang, termasuk saluran pencernaan. Semuanya bekerja sama dan berperan penting untuk menghasilkan sel-sel sistem imun.

Pencernaan dan Imunitas

Beberapa minggu yang lalu saya mengikuti KulWap yang diadakan Milkuat temanya tentang vitamin C dan imunitas anak. Adalah dokter Diana F Suganda, Mkes. Sp. GK sebagai narasumber. Dokter spesialis gizi klinik ini berpraktek di RS Asih Jakarta dan RS Pondok Indah - Bintaro Jaya. Beliau menyebutkan sekitar 70-80 persen imunitas tubuh dipengaruhi oleh kesehatan saluran pencernaan.

Mengapa pencernaan? dan apa kaitannya dengan sistem imun? sistem pencernaan berawal dari mulut hingga anus. Nah, usus yang memiliki perananan besar sebagai organ sistem pencernaan. Di dalam usus terdapat dinding yang dipenuhi serabut- serabut halus dan mukus (lendir) yang menjadi bagian mekanisme sistem pertahanan tubuh. Sebab itulah sangat penting menjaga kesehatan saluran cerna anak.

Jika saluran pencernaan anak sehat, tentunya daya tahan tubuh akan baik pula. Sistem kekebalan tubuh terbentuk dengan pemenuhan nutrisi yang baik. Artinya nutrisi yang seimbang dalam setiap menu makanan, yaitu mencakup makronutrien seperti karbohidrat, protein, lemak dan mikronutrien seperti vitamin juga mineral. Jadi pastikan anak anak kita mengonsumsi makanan dengan gizi seimbang, agar anak sehat, kuat dan tidak gampang sakit. 

Vitamin C dan hubungannya dengan daya tahan tubuh anak.

Tidak asing ditelinga kita, vitamin C digadang gadang dapat menjaga daya tahan tubuh. Ternyata memang benar lho, asam askorbat nama lain dari vitamin C berkontribusi dalam sistem imun dengan cara menjadi perisai terhadap mikroorganisme yang masuk ke tubuh. Vitamin C juga diperlukan dalam proses pembentukan dan memperbaiki sel darah merah, tulang serta berbagai jaringan tubuh. Defisiensi atau kekurangan vitamin C, berpotensi mengakibatkan gangguan imunitas dan rentan terhadap infeksi. 

 


Kebutuhan Vitamin C berdasarkan usia

Sama seperti orang dewasa, anak-anak juga memerlukan asupan vitamin C setiap hari. Dengan asupan yang cukup fungsi organ dan saraf anak tetap terjaga dengan baik. Kebutuhan vitamin C anak-anak dan orang dewasa berbeda, yang dibutuhkan anak-anak setiap harinya, berdasarkan usia adalah:

•             Usia 1-3 tahun: 15 mg

•             Usia 4-8 tahun: 25 mg

•             Usia di atas 9 tahun: 45 mg

Nah kebutuhan vitamin C ini bisa diperoleh dengan mengonsumsi beraneka buah dan sayur. Tapi sedih deh momshay, anak saya tuh pemilih banget dalam hal buah dan sayur, bisa dihitung yang dia sukai. Hayooo ngacung yang sependeritaan haha..     Berikut daftar makanan sumber vitamin C yang bisa  diberikan kepada Kecil:

1. Jambu biji mengandung jauh lebih banyak vitamin C dibandingkan buah jeruk. Jeruk mengandung sekitar 70 mg vitamin C, sedangkan satu buah jambu biji berukuran sedang mengandung setidaknya 125mg. Biasanya untuk jambu saya buatkan jus untuk Kei, karena jika dimakan langsung sudah pasti ditolak mentah-mentah.


2. Buah Kiwi buah berwarna hijau ini selain mengandung vitamin C juga mengandung vitamin E, magnesium, protein, kalsium, dan asam folat. Ternyata rutin mengonsumsi buah kiwi, bisa terhindar dari gangguan pernapasan (misalnya infeksi saluran pernapasan dan asma) dan gangguan pencernaan (misalnya irritable bowel syndrome dan konstipasi). Sayangnya ini buah yang juga tidak disukai Kei. 

3. Pepaya dipercaya bisa mengatasi masalah sembelit ternyata mengandung vitamin C terkandung sekitar 65 mg vitamin C dalam 100gr pepaya. Selain itu, pepaya juga mengandung vitamin A yang baik untuk kesehatan mata anak. Nah lagi lagi ini buah yang ditolak Kei, padahal bagus banget lho pepaya ini.

4. Nah kalau buah yang satu ini Kei suka Karena rasanya manis, pisang. Yak ternyata pisang juga mengandung vitamin C walau tidak sebanyak jeruk dan pepaya. 

5. Stroberi mengandung vitamin C, sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung, mengontrol kadar gula darah, serta menurunkan risiko terjadinya penyakit kanker. namun tidak semua anak dapat mengonsumsi stroberi, karena buah ini bisa menyebabkan reaksi alergi.

6. Brokoli

Brokoli (dok.pri)

Tak disangka ternyata dalam sayuran hijau ini terkandung sekitar 90 mg vitamin C untuk 100gr. Agar tidak melenyapkan kandungan vitaminnya olahlah dengan cara dikukus, direbus atau ditumis dalam waktu singkat. Beruntungnya anak saya masih mau makan sayur brokoli.

7. Bayam juga mengandung vitamin C walau tidak sebanyak brokoli. Rutin mengonsumsi sayur bayam dapat menjaga kesehatan mata, menurunkan risiko munculnya kanker.

Bila asupan vitamin C dari bahan makanan sumbernya sudah cukup, mombeb tidak perlu lagi memberikan suplemen vitamin C kepada Si Kecil. Untuk mengetahui apakah Si Kecil perlu diberikan tambahan vitamin C, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter anak terlebih dahulu, yaa..

Nah mom, ternyata benar adanya yah vitamin C mendukung daya tahan si kecil. Yuk  perhatikan lagi asupan makanan yang mengandung vitamin C dalam menu makanan sehari-hari di rumah. Variasikan juga menunya agar tidak bosan dan tetap dengan prinsip gizi seimbang.

Sepertinya kita akan masuk masa karantina lagi nih momshay, Perbanyak stok bahagia yah, karena kondisi emosi yang positif merupakan penjaga daya tahan tubuh kita. Usahakan tidak mengajak anak-anak keluar rumah, dan tetaplah mengikuti anjuran pemerintah beraktivitas di rumah saja.

Pastikan tetap menggunakan masker, pelindung wajah,  menjaga jarak dengan orang lain dan menghindari kerumunan saat di luar rumah. Cuci tangan dengan sabun dan air mengalir, jika tidak ada dapat menggunakan hand sanitizer untuk sementara, hingga menemukan air dan sabun.

Tetap lakukan aktivitas fisik seperti olahraga dan bermain di dalam rumah. Pastikan juga anak anak mendapat istirahat yang cukup untuk membentuk sistem imun atau daya tahan tubuh agar tetap sehat. 

 

Stay safe, stay healthy, Stay at home.

 


 

Comments

  1. Semua asupam makanannya aku suka semua kak, gampang pula mencarinya , sekarang agak mihil ya harganya apa karena pandemi ya.

    ReplyDelete
  2. Buah jeruk enak tu.. Apalagi lagi ada pandemi gini, banyak anjuran harus mengkonsumsi banyak vit C. harus sering-sering makan jeruk ni, selain buahnya seger banyak manfaat juga

    ReplyDelete
  3. Pola hidup sehat dan bersih ini yang sedang dan mungkin kita semua pun selalu berjuang untuk ini ya. Semoga kita sehat selalu dan korona cepat berlalu. Aamiin

    ReplyDelete
  4. Pepaya bagus banget ya. Lengkap, bisa dukung kesehatan pencernan dan kandungan vitamin C nya juga tinggi. Ga salah deh, aku suka makan pepaya.

    ReplyDelete
  5. Jadi inget dengan pisang barangan yang juga bagus buat kesehatan..

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

“World Of Imagination” Dunia Dongeng Dan Imajinasi Anak

“Papah jadi King Ghidorah, terus Kei jadi Godzilla yah”. Percakapan itu sampai ke telinga saya, sembari  meracik sop di dapur.

Itulah anak anak dunia mereka hanya bermain, bermain dan bermain. Dunia bermain yang penuh imajinasi, alami, spontan dan menabjubkan terkadang tak masuk akal orang dewasa. Bermain dan berimajinasi adalah sarana anak untuk  belajar. Disebutkan dalam sebuah artikel di theasiaparent, Imajinasi lahir dari proses mental yang manusiawi dan merupakan bagian dari aktivitas otak kanan yang bermanfaat untuk kecerdasannya. Beberapa manfaat imajinasi diantaranya; membuat anak berpikir kreatif, mudah bersosialisasi dan berkomunikasi , lebih percaya diri.


Kemampuan berpikir kreatif ini penting untuk tahap kehidupan selanjutnya dalam menghadapi dan memecahkan permasalahan. Untuk menumbuhkan Imajinasi diperlukan stimulus dan respon positif terhadap imajinasi mereka. Luangkan waktu bermain bersama anak dan hindari terlalu banyak melarang.

Salah satu  bentuk stimulus yang dapa…

Resep Opor Ayam Tombo Kangen dari Yummy App

Apa yang Mama rasakan jika anak lebih memuji masakan orang lain ketimbang masakan mama?
Kalau saya sudah pasti merasa cemburu. Lain hal jika saya tidak pandai memasak, tak masalah anakku memuji masakan orang lain.
Anak-anak selalu bicara jujur dengan apa yang mereka inginkan dan rasakan. Terutama soal makanan, sangat mengerti  mana yang enak dan mereka suka. Hal ini terjadi pada saya beberapa waktu lalu. Ketika itu anak saya berbicara sama mbah utinya (nenek) melalui telepon. Saya  mendengar sekilas perkataan Kei.”Mbah Uti,  nanti kalau si korona sudah pergi kita ketemu ya. Khalif udah rindu makan opor ayam buatan Uti”. Tahun ini kami tidak pulang kerumah Ibu Mertua. Jadi lebih sering menelpon ibu sebagai pengobat rindu.
Segera seusai percakapan di telepon itu, saya pun menawarkan pada Kei, “Kamu kepingin makan opor, Nak?. Mama masakin opor kayak dirumah uti, ya?”. Spontan Kei menjawab, “gak usahlah Mah, nanti aja dirumah uti". Opor buatan mama gak sama, kurang enak rasanya”. men…

Menikmati Hari Tua Dengan Perencanaan Dana Yang Tepat.

Di suatu sore yang oranye, roda sepeda motor kami berputar santai. Entah kenapa tiba tiba pikiran saya melambung ke masa 10 tahun yang akan datang. Akan jadi seperti apakah kami?. Apakah  kami masih bersam-sama?, apakah kita akan menghabiskan senja bersama?, atau Dia sendiri tanpaku.
“Bee, kalau nanti kamu sudah tidak bekerja di kantor, apa yang akan kamu lakukan?”, tanyaku padanya.
“Apa Kita jualan sembako seperti Ibu? atau jualan baju online?”.
Sejenak hening. “Lihat saja nanti, belum tentu umur kita sampai”, begitu jawabnya dengan santuy . Memang, kalau bicara umur hidup manusia  ya jelas diluar kendali saya. Dipastikan, hanya Sang Penciptalah yang  paham rahasia umur mahluknya.  Tapi kita sebagai  manusia yang telah diberi kesempatan hidup harus mempergunakan sebaik-baiknya, merencanakan tiap langkahnya, berusaha semaksimal mungkin, setelah itu tinggal lihat hasil akhirnya.
Curhit sedikit yah, maksud saya tuh gini lho, Mbok ya direncanakan jauh-jauh hari sekiranya nanti sudah pen…